4 Startup Sosial Terbaik Asal Indonesia di Sankalp Awards 2017

Pada 22 September 2017 lalu, Sankalp Forum kembali mengadakan  Sankalp Awards yang merupakan kompetisi khusus untuk para startup di bidang sosial. Sankalp Forum sendiri merupakan inisiatif yang digagas oleh Aavishkaar-Intellecap Group untuk mendorong ekosistem startup sosial di Asia Tenggara.

Dalam kesempatan tersebut, mereka memilih startup fintech tanah air Amartha untuk menjadi pemenang. Amartha pun berhak untuk mendapatkan hadiah uang tunai US$20.000 (sekitar Rp266,6 juta), serta dukungan mentorship, bantuan pengembangan bisnis, hingga jaringan dari Aavishkaar-Intellecap Group. Startup asal Thailand Ener Gaia berhasil menjadi juara kedua, dan startup fintech asal Malaysia MyCash terpilih sebagai juara ketiga.

Berikut ini adalah empat startup Indonesia yang berhasil menjadi finalis dari Sankalp Awards 2017 tersebut.


Amartha (Juara Pertama)

Amartha | Screenshot

Amartha merupakan layanan P2P lending yang menerapkan sistem yang mereka namai Tanggung Renteng. Sistemnya mereka hanya akan memberikan pinjaman kepada anggota kelompok warga berjumlah sekitar lima belas hingga dua puluh orang, yang telah mereka bina di berbagai desa. Apabila ada seorang anggota kelompok tersebut yang tidak mengembalikan pinjaman, maka anggota lain harus bertanggung jawab untuk melunasinya.

Ketika berdiri pada tahun 2010 silam, Amartha sebenarnya mengawali bisnis dengan konsep balance sheet lending. Uang yang diberikan kepada peminjam berasal dari kantong mereka sendiri, atau dari perusahaan yang bekerja sama dengan mereka. Baru pada tahun 2016 yang lalu mereka mengubah model bisnis mereka menjadi P2P lending dan memungkinkan setiap individu untuk menjadi investor di platform mereka.


iGrow

iGrow Platform Tanaman | Screenshot

iGrow adalah sebuah platform yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi di bidang pertanian dan memantaunya secara online. Mereka menghubungkan tiga pihak penting dalam industri pertanian: investor, petani, serta pembeli produk pertanian.

Sekitar Juni 2016 lalu, iGrow telah mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dengan jumlah yang tidak disebutkan dari East Ventures dan 500 Startups. Mereka juga merupakan peserta program akselerator Google Launchpad gelombang ketiga, serta menjadi pemenang Startup World Cup 2018 Regional Finale Indonesia.


Wecare

Wecare | Screenshot

Wecare adalah platform yang memungkinkan kamu untuk memberikan sumbangan kepada para orang sakit di daerah terpencil yang membutuhkan bantuan dana. Untuk bisa terhubung dengan para pasien tersebut, mereka bekerja sama dengan para dokter di berbagai daerah. Bantuan tersebut dikumpulkan secara patungan (crowdfunding), dan akan diberikan kepada sang pasien ketika target penggalangan dana telah terpenuhi.


Evoware

Evoware

Evoware adalah perusahaan yang membuat gelas yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti rumput laut, sehingga aman untuk dimakan. Bila tidak habis dimakan, gelas Evoware pun bisa terurai secara alami dalam waktu satu hingga dua bulan, dan menjadi pupuk bagi tanaman. Hal ini membuat pemakaian gelas Evoware bisa mengurangi penggunaan bahan yang tidak ramah lingkungan untuk gelas.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post 4 Startup Sosial Terbaik Asal Indonesia di Sankalp Awards 2017 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi