5 Startup Ini Siap Mengguncang Dunia Fintech Indonesia

Indonesia sedang berada di posisi yang menjanjikan bagi industri vertikal fintech. Dengan populasi sekitar 260 juta orang, menjadikannya sasaran empuk sebagai target pasar bagi para pelaku industri fintech. Terbukti, transformasi besar-besaran dalam industri ini sedang terjadi di Indonesia setahun belakangan seperti di India.

Banyaknya investasi yang datang, ekspansi bisnis, serta produk baru yang bermunculan, menjadikan Indonesia sebagai lokasi strategis. Para pelaku startup tersebut menjawab banyak kebutuhan masyarakat sambil berkontribusi untuk mengubah industri keuangan tanah air dan mewujudkan inklusi finansial.

Lima startup dengan masa depan yang menjanjikan akan menampilkan produknya di Tech in Asia Jakarta 2017 pada 1 dan 2 November mendatang. Siapa saja startup tersebut? Simak daftarnya di bawah ini.


Ayopop

Ayopop-750x321

Banyak startup yang mulai mengembangkan bisnisnya di bidang mobile payment, seiring dengan bertumbuhnya skema pembayaran online di tanah air. Salah satunya adalah Ayopop, sebuah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengisi ulang (top up) pulsa serta membayar berbagai tagihan tanpa dipotong biaya administrasi. Tagihan yang dapat dibayarkan meliputi tagihan telepon, asuransi, bank, dan lainnya.

Mereka juga menyediakan fitur in-app chat untuk melayani keperluan pengguna selama 24/7. Promo cash back pun mereka tawarkan agar pengguna mendapat Ayopop Credits setelah membeli barang tertentu.


EZi Wallet

EZi-Wallet-750x384

Salah satu startup asal Singapura dengan nama EZi Wallet, juga turut meramaikan industri ini. Mereka memasukkan unsur lokal ke dalam aplikasi pembayaran buatannya sehingga dapat digunakan baik ketika pergi makan baik di restoran maupun kaki lima. Aplikasi tersebut berfungsi sebagai platform Stored Value Facility (SPV), ditambah beberapa layanan tambahan lainnya untuk memesan, membayar, dan program membership.

Tim EZi Wallet juga tak melupakan generasi terdahulu sebagai target pasar. Oleh sebab itu, mereka membuat desain yang mudah digunakan bagi semua kalangan. Startup ini memberikan solusi pembayaran yang telah dipatenkan dan mendapat dukungan dari SPRING Singapore, sebuah badan pemerintah Singapura. Tak hanya itu, mereka juga telah menyabet penghargaan dari Housing and Development Board (HDB).


DuitTurbo

DuitTurbo-750x384

Pernahkah kamu berada di kondisi terdesak yang membuat kamu kelimpungan mencari pinjaman? Kini, kamu tak perlu khawatir! Sekarang bukan lagi zamannya meminjam uang dipersulit dengan proses birokrasi yang rumit.

Kini, kamu dapat melakukannya secara online dengan DuitTurbo. Mereka menyediakan layanan peminjaman yang mudah diakses, cepat, dan terpercaya.

Startup ini mengerti betapa pentingnya kebutuhan finansial di saat genting. Oleh sebab itu, mereka menawarkan pinjaman dana cepat hanya melalui smartphone. DuitTurbo memanfaatkan data di smartphone para penggunanya untuk memperkirakan kelayakan atau kemampuan kredit pengguna tersebut untuk mendapatkan pinjaman.


Bitcoin.co.id

Bitcoin.co_.id_-750x381

Bagi kamu yang berdomisili di Indonesia dan tertarik dengan cryptocurrency, mungkin sudah tak asing dengan Bitcoin.co.id. Melalui platform mereka, kamu dapat membeli serta menjual Bitcoin, Ethereum, dan mata uang digital lainnya. Bitcoin.co.id merupakan salah satu startup Bitcoin Indonesia yang populer. Bahkan, kini mereka sudah memiliki ratusan ribu pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Pengguna Bitcoin.co.id mengaku puas menggunakan platform ini karena kecepatan transaksi pembelian berhasil hanya dalam kurun waktu satu jam, transaksi yang sederhana, dan aktif selama 24/7 untuk berdagang dan berspekulasi. Untuk soal keamanan, Bitcoin.co.id menggunakan fitur Multifactor Authentication and verifikasi melalui SMS.


OnlinePajak

Online-Pajak-750x382

Pelaporan pajak di tanah air mencakup 43 pembayaran berbeda untuk tiap wajib pajak. Tak heran, prosesnya memakan waktu rata-rata hingga 221 jam per tahunnya. Sebuah startup dengan nama OnlinePajak membuat aplikasi berbasis web yang akan membantu kamu mempersiapkan, membayar, dan melaporkan pajak secara online.

Dengan aplikasi ini, para pelaku bisnis juga dapat mengakses data bonus, sistem penggajian karyawan, dan persyaratan pajak. OnlinePajak juga memberikan solusi sumber daya manusia, khususnya bagi bisnis baru dan berskala kecil. Tak hanya membantu wajib pajak lokal, startup ini juga membantu wajib pajak yang tidak mengerti Bahasa Indonesia dan aturan pajak di tanah air.

OnlinePajak telah berhasil menggaet beberapa klien bergengsi seperti Telkomsel, Huawei, GO-JEK, Astra, Tokopedia, dan Kawan Lama Group.


Gabung dengan startup lainnya di #tiajkt2017

Di bidang apapun startup milikmu bergerak, selama memiliki prototipe, memperoleh pendanaan kurang dari US$1,5 juta (sekitar Rp20,3 miliar), dan sedang mencari eksposur, kamu dapat bergabung ke Tech in Asia Jakarta 2017 sebagai peserta pameran. Gunakan kesempatan ini untuk memamerkan produkmu kepada 6.000 pengunjung!

Peserta pameran dari startup lokal dibanderol dengan harga US$187 (sekitar Rp2,5 juta), sedangkan untuk startup internasional seharga US$447 (sekitar Rp6 juta). Setiap paket tersebut sudah termasuk booth untuk satu hari dan dua tiket exhibitor.

TIA JKT 2017 | Button

Jika kamu ingin bertemu dengan para pelaku startup di atas pada November mendatang, gunakan kode promo ‘tiajkt10’ untuk mendapatkan potongan harga sebesar sepuluh persen ketika kamu membeli tiket pengunjung.

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post 5 Startup Ini Siap Mengguncang Dunia Fintech Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi