Automo – Platform yang Bisa Memudahkan Kamu Sewa Mobil Biasa Hingga Mobil Mewah

Founder: Charles Lin dan Terence Teh
Industri: sewa mobil online
Status pendanaan: telah mendapat pendanaan dari Prestige Motorcars dan dana hibah dari Enterprise Singapore.

  • Automo adalah startup yang menyediakan platform untuk penyewaan berbagai jenis mobil secara online di Singapura dan Indonesia.
  • Mereka telah menjalin kerja sama dengan enam puluh vendor di Indonesia yang tersebar di berbagai kota seperti Jakarta, Bali, Yogyakarta, dan Bandung.
  • Pada tahun 2019, mereka juga berencana membuka akses kepada masyarakat umum yang ingin menyewakan mobil di platform Automo.

button ulasan startup


Charles Lin selalu memanfaatkan teknologi untuk memastikan segala hal berjalan lancar, termasuk ketika ingin bepergian ke negara lain dengan nyaman. Sebelum berangkat, ia biasanya memesan secara online, tiket pesawat, hotel, dan transportasi selama di negara tujuan. Hal ini Lin lakukan demi menghindari masalah saat berada di negara lain, yang justru bisa membuat ia membayar lebih mahal dari harga normal.

Namun ia mengalami kesulitan menyewa mobil ketika berlibur di Bali. Saat itu, teman Lin yang juga orang Indonesia menyarankan untuk menghubungi teman mereka yang lain, mencari supir, atau memesan taksi.

Bahkan bagi penduduk lokal, tidak ada cara mudah untuk menyewa kendaraan secara online. Berbagai situs penyewaan mobil di dunia maya mungkin masih menggunakan tampilan yang mereka pasang sepuluh tahun lalu, tanpa sistem pemesanan secara langsung.  Sehingga kita harus menghubungi via telepon terlebih dahulu untuk mengetahui ketersediaan mobil.

Hal inilah yang kemudian mendorong Lin untuk mengembangkan platform penyewaan mobil bernama Automo. Dalam mendirikan startup tersebut, ia pun mengajak rekannya bernama Terence Teh. Sebelumnya, mereka pernah bekerja bersama di sebuah perusahaan pengembangan website di Singapura.

Telah gandeng enam puluh perusahaan penyewaan mobil

Automo | Screenshot

Lin memulai pengembangan Automo sejak akhir tahun 2017 di Singapura. Saat itu, mereka menjalin kerja sama dengan sekitar tiga puluh perusahaan penyewaan mobil, untuk mengetahui efektivitas dari solusi yang Automo tawarkan.

Baru pada bulan April 2018, Automo hadir dan membangun tim di Indonesia dengan bantuan investasi dari penjual mobil mewah, Prestige Motorcars.

Dengan platform yang mereka sediakan, kamu bisa memesan mobil dan pengemudi selama beberapa hari dengan mudah. Mereka menggandeng perusahaan-perusahaan penyewaan mobil untuk menghadirkan berbagai pilihan penyewaan mobil seperti Avanza, Innova, dan Alphard, hingga mobil mewah seperti Rolls-Royce dan Limousine.

Saat ini kami mempunyai enam puluh vendor di Indonesia. Mayoritas masih berada di Jakarta, namun kami juga mulai menjalin kerja sama dengan vendor di Bali, Yogyakarta, dan Bandung.

Pada tahun 2019, mereka juga berencana membuka akses kepada masyarakat umum yang ingin menyewakan mobil di platform Automo.

Telah mendapat pendanaan Rp1,3 miliar

Automo | Tim

Tim Automo bersama sang founder Charles Lin (berdiri, kedua dari kanan)

Saat ini, Automo telah mendapatkan pendanaan sebesar Rp1 miliar dari Prestige Motorcars, serta dana hibah sebesar SG$30 ribu (sekitar Rp318 juta) dari Enterprise Singapore.

Dana segar ini rencananya akan mereka gunakan untuk memasarkan produk di Indonesia, dan mengembangkan aplikasi mobile. Kini Automo mempunyai delapan orang staf pemasaran dan penjualan, serta berencana menambah satu atau dua orang developer lagi di tanah air.

Untuk mendapatkan keuntungan, Automo mengaku mengambil komisi sebesar lima hingga sepuluh persen dari setiap transaksi yang berlangsung di platform mereka. Selain menggandeng perusahaan penyewaan mobil, Automo juga menjalin kerja sama dengan agen perjalanan dan hotel dengan menerapkan sistem komisi.

Harus siap menghadapi startup besar seperti Traveloka dan Tiket.com

Traveloka Car Rental Sewa Mobil

Di Indonesia sendiri, sebenarnya telah ada beberapa layanan penyewaan mobil secara online, seperti DOcar dan HipCar. Startup travel besar seperti Traveloka dan Tiket.com pun kini telah menghadirkan layanan penyewaan mobil.

Terkait persaingan tersebut, Lin akan berusaha membuat layanan mereka digunakan untuk berbagai aktivitas selain liburan. Ia mencontohkan penggunaan layanan sehari-hari seperti untuk acara pernikahan atau aktivitas lainnya.

Sejauh ini ia mengaku mendapatkan respons yang cukup baik dari para perusahaan penyewaan mobil.  Lebih lanjut ia menjelaskan pada dasarnya perusahaan-perusahaan tersebut sebenarnya ingin memberikan layanan online, namun mereka tidak punya sumber daya yang cukup untuk mengembangkan sistem.

(Diedit oleh Fairuz Rana Ulfah)

This post Automo – Platform yang Bisa Memudahkan Kamu Sewa Mobil Biasa Hingga Mobil Mewah appeared first on Tech in Asia.

The post Automo – Platform yang Bisa Memudahkan Kamu Sewa Mobil Biasa Hingga Mobil Mewah appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi