Bagaimana Cara Membuat Ruangan Kantor Nyaman dan Produktif?

  • life


Ikhtisar
  • Untuk membuat kantor lebih nyaman dan produktif, pastikan pencahayaan alami dapat masuk ke dalam ruang kerja.
  • Kamu juga bisa menyediakan camilan sehat, air minum, dan ruang khusus untuk beristirahat.

Menjadi tempat di mana para pekerja menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bekerja, sudah sepantasnya sebuah kantor berfungsi layaknya rumah kedua bagi mereka. Tetapi sebuah pertanyaan sering kali muncul di kalangan perusahaan, baik perusahaan besar maupun startup, “Bagaimana cara membuat ruangan kantor yang nyaman dan produktif?”

Walaupun berbagai metode seperti Pomodoro dan GTD (Getting Things Done) dapat kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas, ada beberapa aspek fisik yang dapat kamu terapkan di kantor agar karyawan merasa nyaman — yang secara langsung akan berdampak kepada tingkat produktivitas mereka.

Memang tidak ada jawaban yang pasti dapat mengakomodasi setiap kebutuhan karyawan di kantor, tetapi saya akan mencoba untuk membahas beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat ruangan kantor menjadi lebih nyaman dan produktif bagi karyawan.


Pasang pencahayaan yang cukup

Cara Membuat Ruangan Kantor yang Nyaman | Pencahayaan yang Cukup

Sumber: Pexels

Ketika mata menangkap cahaya yang cukup, otak akan melepaskan hormon “kebahagiaan” bernama serotonin, yang akan mengoptimalkan waktu tidur serta meningkatkan mood. Karenanya, cahaya yang cukup pada waktu yang tepat akan memaksimalkan produktivitas seseorang.

Jika memungkinkan, atur desain kantor agar ruangan mendapatkan cahaya alami dari luar — tanpa membiarkan karyawanmu terbakar sinar matahari langsung. Hal ini akan meningkatkan fokus karyawan dibandingkan dengan ruangan kantor yang menggunakan pencahayaan dari lampu.

Menurut Russell Foster, seorang neuroscientist dari Oxford University, apabila manusia terpapar oleh cahaya sebesar 1000 lux (satuan keterangan cahaya), mereka memiliki cukup cahaya untuk membuat mereka terjaga.

Pendapat ini juga diperkuat oleh eksperimen yang dilakukan Lockheed Martin, di mana ia berhasil meningkatkan produktivitas sebesar 15 persen ketika mengadopsi desain kantor yang memanfaatkan cahaya alami. Jadi, jangan abaikan aspek ini apabila kamu ingin memaksimalkan produktivitas karyawanmu.

Siapkan camilan sehat

Cara Membuat Ruangan Kantor yang Nyaman | Snack Sehat

Sumber: Pexels

Sumber produktivitas mungkin tersembunyi di dalam perut karyawanmu. Sebuah studi dari British Journal of Health Psychology pada tahun 2015 menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur memiliki peningkatan kadar kreativitas, keingintahuan, serta kesehatan.

Menyediakan camilan atau makanan sehat di kantor dapat menjadi salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas karyawan.

Sediakan udara bersih bagi karyawan

Cara Membuat Ruangan Kantor yang Nyaman | Udara Bersih

Sumber: Pexels

Setiap perusahaan pasti memperhatikan kualitas udara yang ada di dalam kantor agar karyawan lebih sehat — yang mana akan mengurangi kemungkinan mereka mengambil cuti sakit.

Tetapi sebuah studi menunjukkan, bahwa udara yang bersih tidak hanya berdampak pada kesehatan karyawan. Studi dari A National Research Council of Canada ini menemukan adanya kaitan antara tingginya angka karbon dioksida serta polutan lain di udara dengan rendahnya kepuasan pekerja terhadap perusahaan.

Faktanya, buruknya kualitas udara dapat mengurangi produktivitas karyawan hingga sembilan persen — sebuah angka yang cukup besar, terutama jika melihat sangat mudahnya untuk memperbaiki permasalahan ini.

Kualitas udara dapat dengan mudah diperbaiki sesimpel membuka jendela untuk membiarkan udara segar masuk ruangan. Apabila kantormu berada di ruangan tertutup tanpa adanya jendela yang dapat dibuka, kamu dapat berinvestasi pada sebuah air purifier.

Sediakan air minum yang cukup di setiap ruangan

Cara Membuat Ruangan Kantor yang Nyaman | Air Minum

Sumber: Pexels

Semua orang tahu pentingnya menjaga hidrasi tubuh dengan meminum air, tetapi hal ini terkadang tidak menjadi prioritas utama bagi pekerja yang sibuk dengan rutinitas mereka. Para karyawan yang kurang mengonsumsi air di keseharian mereka cenderung rentan untuk sakit, kurang optimal untuk memroses informasi — karena kinerja otak yang kurang maksimal, serta menurunnya performa pekerjaan.

Karenanya, sediakan air minum yang cukup di setiap ruangan kerja agar para karyawan dapat menjaga hidrasi tubuh mereka dan bekerja secara maksimal. Alternatif lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyediakan buah-buahan segar di kulkas.

Sediakan meja berdiri

Cara Membuat Ruangan Kantor yang Nyaman | Meja Berdiri

Sumber: Wikimedia

Tren ini sudah diperkenalkan oleh Google, Facebook, dan Twitter terlebih dahulu untuk mempromosikan program kesehatan karyawan tentang buruknya dampak duduk terlalu lama di meja kerja. Kini, sebuah inkubator startup dari Latvia, juga menyatakan bahwa meja berdiri dapat meningkatkan produktivitas karyawan.

“Dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan meja berdiri, produktivitas karyawan yang menggunakannya sepuluh persen lebih tinggi,” ujar Julia Gifford dari Draugiem Group.

Sementara itu, para peneliti dari Texas A&M juga memberikan sekelompok pelajar meja berdiri untuk mereka gunakan selama satu tahun. Sebagai hasilnya, para pelajar tersebut memiliki semangat belajar 12 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan meja berdiri.

Sediakan ruangan khusus untuk rehat

Cara Membuat Ruangan Kantor yang Nyaman | Ruang Rehat

Sumber: Pexels

Beristirahat sejenak di tengah-tengah kesibukan ternyata terbukti dapat meningkatkan produktivitas kerja. Sebuah studi membuktikan bahwa seseorang yang mengambil rehat sejenak di antara pekerjaan mereka dapat berkinerja lebih baik dibandingkan dengan mereka yang bekerja tanpa henti.

Agar sesi rehat dapat optimal, kamu dapat menyediakan sebuah ruangan khusus untuk istirahat. Tidak perlu terlalu mewah, hanya dengan beberapa beanbag dan buku-buku menarik agar karyawan dapat istirahat dengan baik sebelum mereka kembali bekerja.

Hadirkan tanaman hijau di dalam kantor

Cara Membuat Ruangan Kantor yang Nyaman | Tanaman dalam Kantor

Sumber: Pexels

Pada tahun 2013, University of Exeter bekerja sama dengan Indoor Garden Design dalam eksperimennya mengungkap bahwa tanaman hijau yang ada di dalam kantor terbukti membantu untuk meningkatkan kebugaran karyawan hingga 47 persen, mendongkrak kreativitas hingga 45 persen, dan menaikkan tingkat produktivitas hingga 38 persen.

Sebuah studi dari Texas University juga mengungkap bahwa adanya hubungan antara bunga dan tanaman di tempat kerja dengan tingginya tingkat produktivitas, yang menyatakan bahwa ide yang dihasilkan 15 persen lebih tinggi ketika adanya tanaman di kantor.

Keberadaan tanaman di dalam kantor dapat juga bermanfaat di dalam kantor yang tidak berjendela, karena menurut sebuah studi lain menyebutkan bahwa hadirnya tanaman dapat mengurangi lelah, meningkatkan fokus, menurunkan tekanan darah, dan yang paling penting, meningkatkan angka produktivitas pada karyawan.


Beberapa cara di atas dapat kamu lakukan untuk menghadirkan kantor yang lebih nyaman sekaligus meningkatkan produktivitas karyawan di kantor. Apakah kamu memiliki cara lain untuk melakukannya? Bagikan kepada kami di kolom komentar!

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post Bagaimana Cara Membuat Ruangan Kantor Nyaman dan Produktif? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Entrepreneur Life