Bangun Produk dengan Mendengarkan User, tapi User yang Mana?

  • life


Ikhtisar
  • HXC atau high-expectaction customer adalah konsumen paling cerdas yang ada dalam target demografi produkmu
  • Mereka adalah konsumen terpercaya untuk mengetahui pasar dan menjadi pedoman jitu dalam membuat keputusan yang baik.

Memahami user wajib hukumnya untuk setiap lini bisnis. Ini bisa membantumu mengetahui kondisi pasar, membuat keputusan bisnis, serta menjadi basis solusi setiap permasalahan produkmu.

Memahami user tidak hanya sekadar mengetahui bagaimana user berinteraksi dengan produkmu. Namun juga kebutuhan serta motivasi dari perilaku dan tindakan yang mereka lakukan.

Banyak kisah sukses dari startup unicorn yang dilandasi dari pemahaman user yang kuat, Youtube misalnya. Berbeda dengan situs berbagi video lain, Youtube memfokuskan diri pada produk mereka dan menjadikannya ‘panggung’ bagi setiap orang. Youtube memprioritaskan para user dan berupaya menggugah perasaan user dengan rutin menampilkan video populer, karena Youtube fokus menjual ‘emosi’.

Kesuksesan Youtube berawal dari keberhasilannya memahami user. Bukan sembarang user, melainkan user dengan ekspektasi tinggi atau high-expectation customer (HXC).

Apa itu HXC dan mengapa mereka penting?

HXC atau high-expectaction customer adalah konsumen paling cerdas yang ada dalam target demografi produkmu. Mereka adalah konsumen yang benar-benar menggunakan produkmu beserta seluruh kegunaannya.

Julie Supan, Positioning & GTM Strategy, Airbnb menyebutkan bahwa HXC melihat semuanya dari segala sisi. Mereka memiliki berbagai ide produk atau layanan baru yang bisa membantu mereka menghemat uang, menjadi lebih sehat, dan lebih produktif.

Jika produkmu bisa melebihi ekspektasi mereka, produkmu pasti bisa memenuhi ekspektasi konsumen lainnya. Posisi HXC ini menjadi penting karena mereka adalah konsumen terpercaya untuk mengetahui pasar dan menjadi pedoman jitu dalam membuat keputusan yang baik.

Dengarkan kata mereka

Sebagai user ideal, kamu perlu mendengarkan apa tanggapan mereka mengenai produkmu, masalah yang mereka hadapi, serta kebutuhan dan keinginan mereka. Memahami HXC membantumu menajamkan fokus bisnis.

Layaknya sebuah hubungan personal, kamu dan seluruh tim juga harus menyukai dan bersedia membangun hubungan yang lebih erat dengan HXC. Brian Chesky, CEO Airbnb mengatakan, seluruh tim harus sepakat bahwa HXC tersebut layak untuk mereka layani dan dijadikan aspirasi.

Bagaimana menemukan HXC yang tepat? Apa saja langkah-langkah praktis melakukan HXC research? Dapatkan panduan lengkapnya melalui tautan di bawah ini.

button-panduan-lengkap-hxc-research

Catatan: Tim Tech in Asia Indonesia telah menerapkan panduan ini. HXC membantu kami untuk mengerahkan tenaga membangun produk bagi user yang benar-benar penting bagi bisnis kami.

(Diedit oleh Septa Mellina)

This post Bangun Produk dengan Mendengarkan User, tapi User yang Mana? appeared first on Tech in Asia.

The post Bangun Produk dengan Mendengarkan User, tapi User yang Mana? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Entrepreneur Life