Bekraf Kembali Gelar BEKUP, Program Pembinaan untuk Startup Baru

  • life


Ikhtisar
  • Program BEKUP terbuka untuk semua founder startup dengan kemampuan apa pun, baik hendak memulai maupun sudah menjalankan bisnisnya.
  • BEKUP akan diselenggarakan selama 4 bulan di 15 kota, yaitu Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar.
  • Pendaftaran dapat dilakukan di situs resminya. Program dimulai 29 Juli 2017.

Pada Juni 2016 yang lalu, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) telah meluncurkan program pembinaan untuk para founder startup bernama Bekraf for Pre-Startup (BEKUP). Setahun berselang, Bekraf kembali membuka pendaftaran program serupa dengan target mencetak 450 calon pendiri dan 150 produk startup baru.

Bekraf mempersiapkan 105 mentor di 15 kota untuk menjalankan program BEKUP, dengan masing-masing kota memiliki 6 mentor dan 1 koordinator wilayah. Dalam program yang akan berlangsung selama empat bulan mulai dari 29 Juli hingga November 2017 tersebut, para peserta program juga akan mendapat dukungan dari sepuluh inkubator, akselerator, dan investor.

Para Koordinator Program dan Koordinator Mentor BEKUP 2017

Adapun lima belas kota yang menjadi tempat penyelenggaran yakni Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, dan Makassar. “Program BEKUP bukanlah sebuah workshop ataupun training, melainkan penggemblengan,” kata Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia Indonesia.

BEKUP terdiri dari tiga tingkat

Bekraf membagi program berdasarkan tingkat kemampuan peserta, mulai dari pemula hingga yang sudah memiliki produk. Terdapat tiga tingkat akan digelar, yaitu:

  • BEKUP Basic – Bagi peserta perseorangan yang butuh pendampingan untuk membangun startup. Mempunyai kurikulum pemrograman dan desain UI/UX.
  • BEKUP Start – Untuk peserta yang sudah membentuk tim, memiliki ide, serta memiliki rencana untuk membangun startup dalam waktu dekat. Kurikulum yang diberikan pun lebih lengkap, mulai dari hal teknis menyangkut pemrograman Android dan backend PHP, creative design UI/IX, hingga cara menjalankan bisnis.
  • BEKUP Journey – Untuk startup yang telah beroperasi. Mereka akan mengikuti program pendampingan lanjutan dan link-and-match dengan mitra strategis.

Suasana Pembekalan Mentor Terpusat Program Teknis BEKUP 2017 yang sedang membahas Agile Development oleh Rizky Sayiful, CEO AgileCampus.org


Adapun selain Bekraf, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Kibar juga pernah mengadakan program untuk mendorong lahirnya lebih banyak startup digital yang diberi nama Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

Dari pihak swasta, beberapa pihak memberikan pelatihan terkait kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja dalam bidang teknologi. Seperti Google yang mempunyai program kursus Android gratis bernama Indonesia Android Kejar. Ada juga Hacktiv8, perusahaan pelatihan developer, yang membuka kursus untuk bahasa pemrograman JavaScript.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Bekraf Kembali Gelar BEKUP, Program Pembinaan untuk Startup Baru appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Entrepreneur Life