Berinvestasi di Tokopedia, Berapa Penghasilan Alibaba Selama Tiga Bulan Terakhir?


Ikhtisar
  • Alibaba memperoleh penghasilan sekitar US$7,4 miliar (sekitar Rp98,6 triliun) dari seluruh bisnis mereka pada periode April hingga Juni 2017.
  • Penghasilan itu termasuk pendapatan sebesar US$389 juta (sekitar Rp5,2 triliun) dari bisnis e-commerce di luar Cina yang meningkat 136 persen dibanding periode sama tahun lalu.

Tokopedia pada 17 Agustus 2017 lalu telah mengumumkan memperoleh pendanaan sebesar US$1,1 miliar (Rp14 triliun) yang dipimpin oleh Alibaba. Raksasa e-commerce asal Cina itu kini memiliki saham minoritas di marketplace yang dibangun William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison sejak delapan tahun yang lalu.

Sebelum berinvestasi di Tokopedia, Alibaba memang telah memutuskan untuk mengembangkan bisnis mereka di Asia Tenggara. Hal ini terlihat dari akuisisi yang mereka lakukan terhadap Lazada, sebuah e-commerce yang kini telah beroperasi di Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Langkah tersebut terbukti cukup menguntungkan bagi Alibaba. Pendapatan mereka dari luar Cina dari April hingga Juni 2017 lalu berhasil mencapai angka US$389 juta (sekitar Rp5,2 triliun), naik 136 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya, dengan Lazada sebagai penggerak utama.

“Kenaikan tersebut didominasi oleh pertumbuhan pendapatan dari Lazada dan AliExpress, yang disebabkan penambahan signifikan dari Gross Merchandise Value (GMV) mereka. Yang berarti, ada lebih banyak orang yang berbelanja di dua marketplace tersebut,” jelas e-commerce yang didirikan oleh Jack Ma tersebut dalam pernyataan resmi mereka.

Tokopedia William | Photo

William Tanuwijaya, CEO Tokopedia, saat mengumumkan pendanaan Rp14 triliun yang dipimpin oleh Alibaba

Meski begitu, Cina tetaplah menjadi pasar utama bagi Alibaba, dengan jumlah pendapatan US$5,9 miliar (sekitar Rp78 triliun) sejak April hingga Juni 2017. Mayoritas dari pemasukan tersebut mereka dapat dari marketplace Taobao dam Tmall. Di kedua marketplace tersebut, Alibaba mengaku telah mempunyai 466 juta konsumen aktif tahunan, dengan jumlah pengunjung bulanan yang mencapai 529 juta orang.

Secara total, Alibaba berhasil mendapatkan pemasukan sebesar US$7,4 miliar (sekitar Rp98,6 triliun) dalam periode tiga bulan tersebut, dengan nilai keuntungan yang mencapai angka US$2,1 miliar (sekitar Rp28 triliun).

Investasi yang mereka lakukan untuk Tokopedia jelas akan memperkuat posisi mereka di tanah air. Hal ini bisa berguna bagi mereka dalam persaingan dengan Tencent, yang berada di balik e-commerce JD dan Shopee, serta Amazon yang kemungkinan juga akan memasuki pasar Indonesia. Menarik untuk ditunggu bagaimana persaingan para raksasa tersebut di tanah air nantinya.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Berinvestasi di Tokopedia, Berapa Penghasilan Alibaba Selama Tiga Bulan Terakhir? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi