Berita Startup Teknologi di Indonesia Minggu Ini – 1 Oktober 2017

Minggu ini kami telah memilih beberapa startup menarik yang bergerak di berbagai bidang. Ada ulasan mengenai OY!, startup yang membantu memudahkan konsumen dalam mencari, menemukan, dan berinteraksi dengan sejumlah pelaku bisnis di sekitarnya lewat aplikasi mobile. Ada juga ulasan tentang Growpal, startup yang menghubungkan antara investor atau pemilik dana dengan petani ikan yang membutuhkan modal.

Selain itu, kami juga memiliki informasi mengenai Grab yang memperbarui Grab Driver Center untuk mitra GrabCar, hingga HappyFresh yang menggandeng Mastercard demi memperluas alternatif pembayaran.

Ingin startup kamu diulas di Tech in Asia Indonesia? Silakan baca panduan dan isi formulir ini.


PrivatQ

PrivatQ | Screenshot

Founder: Ikhwan Catur Rahmawan dan Asep Suryana
Industri: Ed-tech (pemesanan jasa guru privat)
Status pendanaan: Angel investment

PrivatQ merupakan startup yang bisa menghubungkan para siswa dengan tenaga pengajar privat berkualitas melalui  situs dan aplikasi mobile yang mereka sediakan. Para siswa juga bisa menentukan materi pelajaran yang mereka inginkan, mulai dari Matematika hingga bahasa Inggris.

Saat ini, ada sekitar enam ratus guru privat yang ada di platform mereka. Empat ratus di antaranya berada di Yogyakarta, sedangkan sisanya berada di Solo.

Dengan adanya beberapa platform yang menawarkan layanan serupa, bagaimana strategi PrivatQ berkompetisi? Dan bagaimana cara PrivatQ melakukan monetisasi? Simak ulasan selengkapnya di sini.


OY!

OY! App | Screenshot

Founder: Jesayas Ferdinandus, Jan Kristanto
Industri: Aplikasi chat sekaligus concierge app untuk bisnis
Status Pendanaan: Pre-series A dari Syailendra Asia

Berbekal pengalaman sebagai VP GO-FOOD selama lebih dari dua tahun, Jesayas Ferdinandus kemudian mendirikan startup yang membantu memudahkan konsumen dalam mencari, menemukan, dan berinteraksi dengan sejumlah pelaku bisnis di sekitarnya lewat aplikasi mobile bernama OY!.

Lewat layanan chatting OY!, pengguna dapat mengontak sejumlah akun bisnis makanan, tempat fitnes, salon kecantikan, serta lima belas kategori bisnis lokal lain yang terdapat di dalamnya.

Jesayas optimistis pengembangan OY! ke depannya akan menciptakan nilai lebih yang membuatnya unik dan berbeda dibandingkan platform lain. Apa saja rencana pengembangannya? Kamu bisa cari tahu melalui tautan ini.


RegoPantes

RegoPantes | Screenshot

RegoPantes (dalam Bahasa Indonesia berarti harga pantas) merupakan platform yang memungkinkan petani untuk menjual hasil pertanian langsung kepada konsumen. Dengan begitu, petani bisa mendapatkan harga jual yang lebih layak, dibanding jika mereka menjual kepada para distributor.

Aplikasi RegoPantes dibuat oleh startup pertanian tanah air, 8Villages, dan resmi diluncurkan pada tanggal 23 September 2017 bertepatan dengan Hari Tani Nasional. Lalu, bagaimana 8Villages menjaga harga yang ada di aplikasi dan situs mereka benar-benar layak? Kamu bisa klik tautan ini untuk menemukan jawabannya.


Growpal

Growpal | Screenshot

Founder: Paundra Noorbaskoro dan Ahmad Rizqy Akbar
Industri: fintech
Status pendanaan: bootstrapping

Sebagai startup yang menghubungkan antara investor dengan petani ikan yang membutuhkan modal, Growpal berani menjanjikan Return of Investment (ROI) di atas 35 persen. Hal itu dikarenakan Growpal melihat adanya potensi menjanjikan dari bisnis perikanan laut. Meski begitu, Growpal masih menghadapi dua tantangan utama dalam mengembangkan startup ini. Apa saja tantangan itu dan bagaimana Growpal mengatasinya? Simak ulasannya di tautan ini.


KlikAdv

Tampilan situs KlikAdv | Screenshot

Founder: Ruddy Lasut
Industri: periklanan
Status pendanaan: tidak disebutkan

KlikAdv merupakan platform yang menghubungkan para pemilik papan reklame dengan pemasang iklan. Melalui platform ini, pemasang iklan hanya perlu duduk di depan komputer atau laptop untuk mencari lokasi papan reklame yang sesuai kebutuhannya. Pemilik papan reklame pun akan terbantu karena dagangannya berpotensi dilihat oleh calon klien potensial.

Berperan sebagai platform yang menjembatani kebutuhan kedua belah pihak, KlikAdv tentunya sudah melakukan monetisasi dari layanan yang mereka tawarkan. Seperti apa cara monetisasi yang dilakukan KlikAdv? Klik tautan ini untuk mengetahui jawabannya.


Berita startup dan teknologi pilihan

Acara startup dan teknologi minggu depan

Smarten Your Startup With Artificial Intelligence (AI)

Smarten Your Startup With Artificial Intelligence (AI)

Hari & tanggal: Senin, 2 Oktober 2017
Waktu: 19.00 – 21.00 WIB
Lokasi: EV Hive Coworking Space, Kebayoran Baru, Jakarta

Startup Founder: Money or Impact

Hari & tanggal: Jumat, 6 Oktober 2017
Waktu: 19.00 – 21.00 WIB
Lokasi: Spacemob Gama, Karet Kuningan, Jakarta Selatan

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post Berita Startup Teknologi di Indonesia Minggu Ini – 1 Oktober 2017 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi