Berkenalan dengan Daniel Zhang, Sosok yang Akan Menggantikan Jack Ma di Alibaba

Ikhtisar

  • Daniel Zhang merupakan sosok yang akan menggantikan Jack Ma dalam memimpin Alibaba.
  • Zhang telah bergabung dengan Alibaba sejak tahun 2007 dan menjadi CEO perusahaan tersebut sejak tahun 2015.
  • Sebelum bergabung dengan Alibaba, Zhang merupakan Chief Financial Officer (CFO) dari perusahaan game Shanda Interactive.
  • Ia merupakan sosok di balik pengembangan Tmall, kampanye belanja Singles’ Day, serta jaringan supermarket Hema yang Alibaba jalankan.

Pada tanggal 10 September 2018, Jack Ma telah menunjuk orang yang akan meneruskan kepemimpinannya di Alibaba. Founder dan Chairman e-commerce raksasa Cina tersebut menyatakan akan mundur dari tampuk kepemimpinan Alibaba pada bulan September 2019, tepat setahun dari sekarang.

Daniel Zhang merupakan sosok yang akan menggantikan Ma dalam memimpin perusahaan bernilai US$418 miliar (sekitar Rp6,2 kuadriliun) tersebut. Ia telah bergabung dengan Alibaba sejak tahun 2007 dan menjadi CEO perusahaan tersebut sejak tahun 2015.

Ma akan tetap berada di dewan direksi hingga tahun 2020. Ma kini bisa melakukan lebih banyak aktivitas sosial di bidang pendidikan, setelah mengumumkan mundur dari perusahaan yang telah ia dirikan sembilan belas tahun lalu.

Siapa sebenarnya Daniel Zhang?

Tak mudah terpengaruh

Semua karyawan di Alibaba mempunyai nama panggilan yang terinspirasi dari karakter fiksi. Nama panggilan Zhang adalah “Xiaoyao zi”, seorang lelaki tampan dengan janggut panjang dan rambut putih pendiri kelompok Xiaoyao, yang ada dalam sebuah kisah laga klasik Cina.

Serupa dengan tokoh kuat dan tak mudah terpengaruh yang ia representasikan, CEO berusia 46 tahun tersebut pun mendapat pujian dari Jack Ma atas cara berpikirnya yang cermat dan teliti.

“Daya analisis Zhang tak tertandingi. Ia pun memegang teguh misi dan visi perusahaan, serta memikul tanggung jawab dengan penuh semangat. Selain itu, ia juga mempunyai keberanian berinovasi dan menguji coba berbagai model bisnis baru.”

Mantan CFO dari sebuah perusahaan game

Sebelum bergabung dengan Alibaba, Zhang merupakan Chief Financial Officer (CFO) dari Shanda Interactive, sebuah perusahaan yang sempat menguasai industri game di Cina. Sayangnya perusahaan tersebut kini sulit bersaing dengan perusahaan besar lain seperti Tencent dan NetEase di bisnis tersebut.

Zhang merupakan lulusan dari universitas unggulan Cina yang berlokasi di Shanghai, dan merupakan mantan manajer senior di perusahaan konsultan PricewaterhouseCoopers (PwC).

Otak di balik kampanye Singles Day

Zhang dikenal sebagai orang yang mengembangkan bisnis Tmall, marketplace yang fokus pada penjualan barang-barang bermerek. Model bisnis tersebut berbeda dengan Taobao, yang juga dimiliki oleh Alibaba. Ia memutuskan membangun Tmall demi mengikis persepsi negatif masyarakat setelah kemunculan banyak barang palsu di Taobao.

Zhang juga merupakan sosok di balik kampanye belanja tahunan di hari Singles’ Day (11 November). Peringatan yang biasanya ditandai dengan diskon besar-besaran tersebut kini menjadi ajang belanja global.

Digitalisasi toko offline

Pada awal tahun 2010, Zhang memimpin transisi Tmall dari platform PC ke platform mobile. Dan pada tahun 2015, ia merupakan tokoh kunci dalam pengembangan Hema, jaringan supermarket milik Alibaba yang memadukan pengalaman belanja online dan offline. Strategi tersebut kemudian menjadi “medan perang” bagi para perusahaan teknologi Cina selama beberapa tahun terakhir.

(Diedit oleh Fairuz Rana Ulfah)

This post Berkenalan dengan Daniel Zhang, Sosok yang Akan Menggantikan Jack Ma di Alibaba appeared first on Tech in Asia.

The post Berkenalan dengan Daniel Zhang, Sosok yang Akan Menggantikan Jack Ma di Alibaba appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi