BIGO Luncurkan Platform Live Streaming Baru dengan Aplikasi Cube TV


Ikhtisar
  • Berbeda dari BIGO LIVE yang menampilkan berbagai macam konten buatan pengguna, Cube TV merupakan platform live streaming khusus konten video game.
  • Pengguna tak hanya dapat menonton siaran langsung beragam permainan video game, tapi juga melakukan jual beli item dalam game, hingga memperoleh informasi seputar perkembangan e-sport.
  • Pihak BIGO melakukan monetisasi dengan menjual gift yang dapat dibeli dan diberikan para penonton konten kepada para kreator.

Sejak Februari 2018, BIGO Technology Pte. Ltd selaku induk dari perusahaan yang merilis aplikasi BIGO LIVE telah meluncurkan aplikasi baru bernama Cube TV. Berbeda dengan BIGO LIVE, platform baru ini lebih fokus menyajikan konten yang berkaitan dengan game, meski sama-sama mengusung konsep live streaming.

Selama ini, pengguna BIGO LIVE juga bisa melakukan live streaming ketika sedang bermain game. Namun karena melihat banyaknya peminat live streaming terkait konten game, BIGO akhirnya memutuskan menghadirkan layanan baru agar para penggemar game memiliki platform sendiri.

Menurut Aswin Atonie selaku Head Marketing and Communication BIGO Live & Cube TV, hingga kini memang masih ada pengguna yang melakukan live streaming konten game di BIGO LIVE. Karena itu, pihaknya memberikan edukasi agar pengguna yang tergolong gamer beralih.

Head Marketing and Communication BIGO Live & Cube TV, Aswin Atonie | Photo

Jadi BIGO LIVE itu nanti lebih fokus ke entertainment. Lebih ditujukan untuk yang suka vlog. Cube TV ini didedikasikan untuk industri game.

Aswin Atonie,
Head Marketing and Communication BIGO Live & Cube TV

Sebagai aplikasi live streaming khusus game, BIGO membekali Cube TV dengan empat fitur utama yakni:

  • Live Streaming: memungkinkan pengguna menampilkan secara langsung game yang sedang dimainkannya, baik dari platform mobile, PC, ataupun console.
  • Video: pengguna bisa merekam game yang sedang dimainkan untuk dibagikan ke pengguna lainnya.
  • Shopping Mall: layaknya platform marketplace, fitur ini memungkinkan pengguna melakukan transaksi jual beli item game dengan pengguna lain.
  • E-Sports Center: berisi informasi seputar perkembangan industri dan iklim kompetisi game.

“Saat ini Cube TV fokus meluncurkan layanannya di Asia Tenggara. Cube TV juga bisa menjadi alat promosi bagi para pengembang game,” ucap Aswin.

Suasana kantor BIGO LIVE | Photo

Sistem monetisasi seperti BIGO LIVE

BIGO tidak melakukan monetisasi di platform Cube TV dengan cara pemasangan iklan, mengambil komisi dari transaksi di Shopping Mall, atau pendapatan para penyiar. Monetisasi yang mereka lakukan sama persis seperti di platform BIGO LIVE, yakni melalui pembelian gift yang dilakukan para pengguna.

“Mata uangnya berupa energi. Ketika beli energi untuk mengapresiasi penyiar, di situ kami melakukan monetisasi.”

Aswin menuturkan bahwa platform live streaming sebenarnya hanya membutuhkan 2 hingga 5 persen pengguna aktif yang rajin melakukan pembelian gift agar bisa balik modal. Cube TV sendiri per Mei 2018 sudah memiliki 5 juta pengguna, dengan pengguna aktif sebanyak 2 juta per bulan.

Cube TV bukan satu-satunya platform live streaming yang menyajikan konten khusus game. Saat ini, ada juga platform yang menawarkan layanan serupa seperti Nimo TV, Twitch, Mobcrush, hingga bahkan YouTube.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post BIGO Luncurkan Platform Live Streaming Baru dengan Aplikasi Cube TV appeared first on Tech in Asia.

The post BIGO Luncurkan Platform Live Streaming Baru dengan Aplikasi Cube TV appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi