Blibli Resmi Mengakuisisi Indonesia Flight, Sister Company Tiket.com


Ikhtisar

  • Indonesia Flight merupakan salah satu startup pertama di tanah air yang menghadirkan layanan pembelian tiket pesawat melalui aplikasi mobile.
  • Pendapatan tahunan startup yang mulai beroperasi sejak tahun 2012 ini diklaim telah mencapai Rp500 miliar.
  • Sebagai sister company dari Tiket.com, CEO Indonesia Flight mengatakan bahwa pada saat proses akuisisi Tiket di bulan Juni 2017, tidak ada pembicaraan akuisisi mereka.

E-commerce milik Djarum, Blibli, kembali melakukan akuisisi terhadap startup lain di tanah air. Kali ini mereka mengakuisisi startup travel online Indonesia Flight. CEO Indonesia Flight Marcella Einsteins sudah menyampaikan konfirmasinya kepada Tech in Asia Indonesia pada tanggal 28 November 2017.

Sebelumnya pada tanggal 12 Juni 2017, Blibli pun telah melakukan akuisisi terhadap startup travel online Tiket.com. Persaingan yang sengit dengan layanan pemesanan tiket dan hotel lain seperti Traveloka, menjadi alasan di balik akuisisi ini. Tiket.com pun dianggap bisa membantu pengembangan layanan Blibli Travel.

Menariknya, sebelum proses akuisisi oleh Blibli, Tiket.com dan Indonesia Flight sebenarnya merupakan sister company, karena mereka mempunyai angel investor yang sama. Saat Tiket diakuisisi oleh Blibli, sang angel investor pun turut melepas saham yang ia miliki di Indonesia Flight kepada dua founder Marcella Einsteins dan Yoppy Nelwanto.

Indonesia Flight 1 | Screenshot

“Dalam diskusi terkait akuisisi Blibli terhadap Tiket, tidak ada pembicaraan bahwa Blibli juga akan mengakuisisi kami. Para founder pun memutuskan untuk mengambil alih kembali kepemilikan saham mereka, dan menjadi startup yang independen,” tutur Marcella kepada Tech in Asia Indonesia pada saat itu.

Indonesia Flight, yang selama ini banyak memanfaatkan inventori dari Tiket.com, bahkan telah coba mengurangi ketergantungan mereka secara bertahap dengan cara berhubungan langsung dengan para maskapai penerbangan atau pemilik hotel. Mereka pun sempat mencari investor baru.

Namun setelah Blibli mengakuisisi mereka, Marcella dan tim praktis tidak perlu lagi melakukan hal itu. Saat ini mereka bahkan tengah dalam proses penggabungan tim dengan Tiket.com.

Kami akan berjalan seperti biasa. Namun saat ini kami sedang membantu Tiket. Lebih ke merger tim sih, untuk efisiensi sumber daya. Hal ini berbeda dengan yang kemarin (ketika mereka hanya menjadi mitra B2B yang memanfaatkan inventori Tiket)

Marcella Einsteins,
CEO Indonesia Flight

Indonesia Flight sendiri merupakan salah satu startup pertama di tanah air yang menghadirkan layanan pembelian tiket pesawat lewat aplikasi mobile. Berdiri sejak tahun 2012, saat ini mereka mengklaim telah mempunyai pendapatan tahunan (GMV) sebesar Rp500 miliar.

Menarik untuk ditunggu bagaimana perkembangan Blibli Travel yang kini telah bersatu dengan Tiket dan Indonesia Flight, dalam menghadapi persaingan dengan startup unicorn di bisnis travel online tanah air, seperti Traveloka.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Blibli Resmi Mengakuisisi Indonesia Flight, Sister Company Tiket.com appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi