Djaring Bantu Pelaku UKM Kembangkan Bisnis lewat Layanan Web Builder


Founder: Laksamana Mustika
Industri: Web builder
Status pendanaan: memperoleh pendanaan dari angel investor

  • Djaring juga menyertakan berbagai tool dan solusi yang bisa dipakai para pengguna untuk mempermudah pengelolaan situs web.
  • Selain layanan web builder, mereka juga tengah mengembangkan platform P2P yang hendak difungsikan sebagai tempat pencarian kerja, hingga membuka kesempatan berinvestasi di UKM.

button ulasan startup


Demi membantu para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) membangun brand masing-masing, Laksamana Mustika mendirikan sebuah startup bernama Djaring. Para pelaku UKM dapat memiliki situs web sendiri dengan layanan web builder yang ia berikan, lengkap dengan beragam solusi untuk menjawab berbagai kebutuhan.

Para pelanggan bisa membuat sendiri situs masing-masing secara langsung di platform Djaring. Di dalamnya juga sudah terintegrasi beberapa tool yang memudahkan pengguna berjualan secara online. Misalnya dalam kategori e-commerce, Djaring menyediakan beberapa pilihan tool seperti:

  • Mengunggah konten otomatis ke media sosial.
  • Live chat.
  • Kalkulasi tarif pengiriman barang.
  • Laporan order.
  • Integrasi feed Instagram.
  • Kode unik pembayaran.
  • Layanan transfer bank dan kartu kredit.

Banner Djaring

Selain kategori e-commerce, Djaring juga menyediakan paket untuk kategori situs web. Biaya yang dikenakan kepada pelanggan bervariasi sesuai paket dan jenis layanan, dengan penawaran mulai dari Rp200.000 per bulan.

Bantu UKM eksis di dunia maya dan nyata

Menurut Laksamana, peluncuran Djaring pada 6 Februari 2018 juga untuk menjawab kebutuhan dari pelaku UKM. Ia hendak membantu para pengusaha yang ingin “naik kelas” dan mulai memikirkan bagaimana membangun brand masing-masing sebagai bagian dari strategi pemasaran.

“Untuk naik kelas, butuh sentuhan dari sisi branding. Bagaimana foto produk yang bagus, pembayaran, dan lain-lain harus memudahkan mereka karena berhubungan dengan kredibilitas brand,” jelas Laksamana selaku co-founder & CEO Djaring.

Kami juga akan memberikan edukasi lewat roadshow, seminar, workshop yang berkolaborasi dengan partner-partner.

Laksamana Mustika,
CEO Djaring

Sebagai bentuk dukungan kepada pelaku UKM yang menjadi pengguna, Djaring membuat platform blog yang berfungsi sebagai tempat berbagi antarpelaku UKM. “Mereka bisa berbagi kisah suksesnya. Ini bisa menjadi inspirasi bagi merchant-merchant lain,” ujar Laksamana.

Menerima pendanaan dari angel investor

Dalam mengembangkan bisnisnya, Djaring saat ini mendapat pendanaan seed funding dari angel investor yang tak disebutkan namanya. Menurut Laksamana, mereka baru akan mengungkapkan siapa angel investor mereka di lain kesempatan.

Apa yang ditawarkan Djaring hampir serupa dengan yang ditawarkan Google Sites ataupun Exabytes yang juga menyediakan layanan pembuatan situs. Namun Laksamana menyatakan Djaring merupakan platform berbeda karena pihaknnya juga menyediakan layanan selain pembuatan situs.

Kembangkan platform P2P

Tampilan platform Djaring

Selain menyediakan layanan web builder, Djaring juga tengah mengembangkan platform peer to peer (P2P) untuk menghubungkan pencari kerja dengan UKM yang membutuhkan tambahan karyawan.

Laksamana menjelaskan pihaknya belum bisa memastikan kapan platform ini akan resmi diluncurkan. Ia terpikir membuat platform tersebut mengingat kesulitan para pelaku UKM membayar tenaga kerja tambahan karena tingginya upah yang biasa diminta.

“Dengan adanya P2P, kami bisa menghubungkan misalnya UKM yang membutuhkan tenaga kerja sebagai admin, dengan mahasiswa yang mencari pekerjaan sampingan. Mahasiswa bisa mendapat penghasilan tambahan, dan UKM terbantu karena tak harus mengeluarkan biaya terlalu mahal untuk tenaga kerja,” ujar Laksamana.

Platform P2P ini rencananya juga tak hanya diterapkan untuk pencarian tenaga kerja, namun juga untuk investasi. “Kami kan punya database UKM, laporan keuangan mereka bagaimana kan terekam dalam sistem kami. Dari situ, kami bisa membuka peluang investasi ke UKM-UKM yang potensial,” tuturnya.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Djaring Bantu Pelaku UKM Kembangkan Bisnis lewat Layanan Web Builder appeared first on Tech in Asia.

The post Djaring Bantu Pelaku UKM Kembangkan Bisnis lewat Layanan Web Builder appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi