[Flash] Dikabarkan Kurangi Pengaruh Mantan CEO Mereka, Uber Siap Terima Pendanaan dari SoftBank

Inti berita

  • Board of Director (Dewan Direksi) dari layanan transportasi online Uber telah memutuskan perubahan terhadap struktur kepemimpinan mereka. Salah satu perubahan yang dilakukan, menurut kabar, adalah dikuranginya pengaruh dari mantan CEO Travis Kalanick.
  • Beberapa perubahan yang diajukan Dara Khosrowshahi (CEO saat ini) yang bisa mencegah kembalinya Kalanick sebagai CEO, disebutkan telah digugurkan sebelum rapat.
  • Perubahan ini juga bisa memuluskan jalan untuk investasi SoftBank, yang dikabarkan berniat memberikan investasi sebesar US$1 miliar (sekitar Rp13 triliun) kepada Uber. SoftBank sendiri telah berinvestasi pada beberapa layanan transportasi online lain, seperti Didi Chuxing, Grab, dan Ola.
  • Direksi Uber pun telah menyetujui rencana untuk masuk bursa saham pada tahun 2019. Valuasi mereka saat ini telah mencapai angka US$69 miliar (sekitar Rp932 triliun).

Fakta penting lainnya

Perubahan ini disebut bisa meredam konflik antara Kalanick dengan salah satu investor mereka, yaitu Benchmark.

Selama ini, Kalanick mempunyai hak voting ekstra. Hal ini membuat ia bisa menunjuk dua anggota direksi baru tanpa mengabarkan CEO Uber Dara Khosrowshahi dan anggota direksi lainnya.

Langkah Uber masuk bursa saham akan menjadi salah satu proses IPO perusahaan teknologi yang terbesar hingga saat ini. Hal ini pun bisa menjadi semacam pembuktian apakah startup teknologi besar bisa tetap sukses setelah mereka masuk bursa saham atau tidak.

Sumber: New York Times

(Diedit oleh) Septa Mellina

The post [Flash] Dikabarkan Kurangi Pengaruh Mantan CEO Mereka, Uber Siap Terima Pendanaan dari SoftBank appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi