[Flash] Spotify Tengah Mempersiapkan Langkah IPO di Tahun 2018

Inti berita

  • Pada tanggal 4 Januari 2017, layanan streaming musik, Spotify  dikabarkan tengah mempersiapkan langkah initial public offering (IPO) di lantai bursa saham Amerika Serikat.
  • Dikutip dari Reuters, Spotify telah menyerahkan sejumlah dokumen untuk keperluan direct listing ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat yang rencananya akan berlangsung pada tengah tahun pertama di 2018.
  • Kabar mengenai rencana IPO Spotify telah beredar sejak bulan Agustus 2017, di mana perusahaan asal Swedia tersebut dikabarkan sedang mempertimbangkan langkah untuk menawarkan saham mereka ke publik tanpa melalui jalur konvensional (seperti Road Show dan sebagainya).

Fakta penting lainnya

  • Direct listing bukanlah mekanisme penjualan saham publik yang lazim dilakukan perusahaan besar di lantai bursa saham Amerika Serikat. Fortune menuliskan bahwa penawaran saham model ini sebelumnya telah terjadi di Nasdaq.
  • The WallStreet Journal sebelumnya memperkirakan bahwa langkah Spotify untuk terjun ke pasar bursa saham ini akan diselesaikan paling lambat sebelum akhir tahun 2017.
  • Pada pertengahan tahun kemarin, Spotify mengklaim pihaknya telah berhasil memiliki sedikitnya enam puluh juta pelanggan berbayar di seluruh dunia. Atas pencapaian tersebut, Spotify diperkirakan memiliki nilai valuasi mencapai US$19 miliar atau sekitar Rp271 triliun.
  • Sebelum kabar IPO ini tersiar, Spotify juga tengah tersandung masalah hukum dengan Wixen Music Publishing Inc yang memperkarakan mereka atas pemakaian musik tanpa lisensi. Akibatnya, Spotify dituntut mengganti biaya ganti rugi sebesar US$1 miliar atau setara Rp14 triliun.

Sumber: Reuters (Sumber gambar: WallstreetJournal)

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

This post [Flash] Spotify Tengah Mempersiapkan Langkah IPO di Tahun 2018 appeared first on Tech in Asia.

The post [Flash] Spotify Tengah Mempersiapkan Langkah IPO di Tahun 2018 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi