Gaet 8Villages, Gubernur Jawa Tengah Luncurkan Aplikasi Pertanian RegoPantes


Ikhtisar
  • RegoPantes (dalam Bahasa Indonesia berarti harga pantas) sendiri merupakan platform yang memungkinkan petani untuk menjual hasil pertanian langsung kepada konsumen.
  • Platform ini diharapkan bisa membantu petani mendapatkan harga jual yang lebih layak, dibanding jika mereka menjual kepada para distributor.

Pada tanggal 23 September 2017 kemarin, bertepatan dengan Hari Tani Nasional, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo resmi meluncurkan aplikasi mobile dan situs bernama RegoPantes. Pembuatan dari aplikasi tersebut sendiri dilakukan oleh startup pertanian tanah air, 8Villages.

RegoPantes (dalam Bahasa Indonesia berarti harga pantas) sendiri merupakan platform yang memungkinkan petani untuk menjual hasil pertanian langsung kepada konsumen. Dengan begitu, petani bisa mendapatkan harga jual yang lebih layak, dibanding jika mereka menjual kepada para distributor.

Di Indonesia sendiri telah ada beberapa startup yang melakukan hal serupa, mulai dari SayurBox, PanenID, hingga TaniHub yang kini bisa menghubungkan petani dengan para pelaku bisnis (B2B).

“Kesejahteraan petani harus ditingkatkan melalui sisi supply chain, yang diperpendek menggunakan teknologi informasi,” ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kepada Detik.

RegoPantes | Screenshot

Dalam praktiknya, 8Villages akan memastikan kalau aplikasi mereka benar-benar hanya digunakan oleh petani, bukan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Apabila ditemukan ada kejanggalan, mereka pun akan melakukan pengecekan ulang.

8Villages pun akan menjaga harga yang ada di aplikasi dan situs mereka benar-benar layak. “Setiap dua hari sekali kami melakukan survei harga. Untuk saat ini yang menjadi percontohan adalah petani asal Magelang, dengan konsumen baru dari Jakarta,” ujar COO 8Villages, Wim Prihanto.

Menarik untuk ditunggu bagaimana pengaruh kehadiran aplikasi-aplikasi pertanian seperti 8Villages, TaniHub, SayurBox, hingga PanenID ini terhadap kesejahteraan petani di tanah air.

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post Gaet 8Villages, Gubernur Jawa Tengah Luncurkan Aplikasi Pertanian RegoPantes appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi