HealthXCapital Siapkan Dana Investasi Rp382 Miliar untuk Startup Kesehatan


Ikhtisar
  • HealthXCapital adalah perusahaan modal ventura yang menyasar startup kesehatan (pembuatan peralatan medis, solusi digital, atau kecerdasan buatan) di kawasan Asia Tenggara dan Selatan.
  • Total dana yang telah disiapkan mencapai US$25 juta (sekitar Rp382 miliar), dengan target pendanaan Pra Seri A dan Seri A yang bernilai US0,5-3 juta (Rp7,6-45,8 miliar)

Pada 11 Oktober 2018, perusahaan modal ventura (VC) asal Singapura bernama HealthXCapital mengumumkan telah meluncurkan dana investasi khusus untuk startup kesehatan di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Nominal investasi yang disiapkan tersebut mencapai US$25 juta (sekitar Rp382 miliar).

Dana HealthXCapital berasal dari beberapa investor, seperti jaringan rumah sakit asal India Apollo Hospitals, Eight Roads Ventures, serta Jungle Ventures. Menurut Seemant Jauhari, Partner dari HealthXCapital, pihaknya berniat memberikan pendanaan Pra Seri A dan Seri A dengan nilai investasi tiap pendanaan antara US$0,5-3 juta (antara Rp7,6-45,8 miliar).

Mereka mengincar startup yang mengembangkan peralatan medis, solusi digital, atau kecerdasan buatan di bidang kesehatan, yang bisa mengurangi biaya pengobatan dan meningkatkan tingkat kesembuhan pasien.

Ruang Operasi Rumah Sakit | Photo

Ilustrasi ruang operasi di rumah sakit

Hendak lampaui batasan bisnis kesehatan konvensional

Saat ini, mereka telah memberikan investasi kepada tiga startup, yaitu layanan diagnosis pasien Jana Care (Amerika Serikat), layanan pemesanan perawat Homage (Singapura), dan solusi berbasis analisis untuk Neonatal Intensive Care Unit yang bernama iNicu (India).

Karena model bisnis konvensional seperti rumah sakit dan klinik punya batasan untuk berkembang, kami percaya bahwa teknologi mempunyai peran yang penting di sini.

Seemant Jauhari,
Partner HealthXCapital

Jauhari merupakan CEO dari Apollo Research and Innovations, sebuah divisi di bawah Apollo Hospitals. Dia juga merupakan ketua yayasan pendidikan dan riset jaringan rumah sakit tersebut.

Selain itu, ia pun menempari posisi direktur dari tiga perusahaan patungan Apollo Hospital dengan pihak lain dalam hal penyimpanan sampel biologis (bio banking).

“Setelah memberi investasi, kami akan bisa memanfaatkan jaringan para mitra kami, untuk membantu rencana komersialisasi dari perangkat atau solusi yang dibuat para startup,” pungkas Jauhari.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post HealthXCapital Siapkan Dana Investasi Rp382 Miliar untuk Startup Kesehatan appeared first on Tech in Asia.

The post HealthXCapital Siapkan Dana Investasi Rp382 Miliar untuk Startup Kesehatan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi