Jaringan Co-working Space, JustCo, Bersiap Mendirikan Cabang di Indonesia


Ikhtisar
  • Kerja sama ini ditargetkan bisa menghasilkan sedikitnya empat lokasi jaringan co-working space baru di tahun 2018.
  • Selain Indonesia, JustCo sendiri juga berencana untuk menembus pasar Bangkok, Manila, Kuala Lumpur, dan Ho Chi Minh City.

Pada tanggal 22 Desember 2017, perusahaan penyedia layanan co-working space asal Singapura, JustCo bekerja sama dengan grup Gunung Sewu untuk mengembangkan bisnis co-working space di Indonesia. Gunung Sewu sendiri merupakan grup perusahaan dengan diversifikasi usaha meliputi pengembangan real estat, pertambangan, SDA, dan asuransi.

Dikutip dari berita DealstreetAsia, upaya kerja sama dengan pihak Gunung Sewu ini terjadi selang dua bulan setelah JustCo berhasil menggalang putaran pendanaan seri B dari perusahaan properti asal Thailand, Sansiri. Berkat pendanaan tersebut, valuasi JustCO diperkirakan telah menyentuh angka US$200 juta atau sekitar Rp2,7 triliun.

Kolaborasi antara JustCo dengan grup Gunung Sewu ini ditargetkan bisa menghasilkan sedikitnya empat lokasi jaringan co-working space baru di tahun 2018.

Justco | Photo

Kong Wan Sing selaku CEO dan Founder JustCo bahkan telah menyebutkan Sequis Tower sebagai lokasi pertama bagi cabang co-working space JustCo di Indonesia. Sequis Tower sendiri adalah bangunan yang didirikan oleh Farpoint Reality, salah satu anak perusahaan Gunung Sewu.

Chairman Gunung Sewu, Husodo Angkosubroto menyambut kerja sama ini dengan positif. Menurut Husodo, hal ini sejalan dengan fokus perusahaan mereka terhadap model-model bisnis yang bersinggungan dengan ekosistem startup.

Indonesia adalah pasar yang berpotensi besar bagi kultur bekerja co-working space. Tren ini terjadi berkat semakin banyaknya jumlah pengusaha dan digital market yang terus meningkat belakangan ini

Husodo Angkosubroto,
Chairman Gunung Sewu

Dengan strategi bisnis jaringan JustCo serta pengalaman dan pemahaman bisnis lokal yang dimiliki Gunung Sewu, kedua pihak optimistis usaha patungan tersebut dapat berdampak positif terhadap pertumbuhan ekosistem kewiraswastaan ​​di Indonesia.

Di luar upayanya untuk berekspansi di Indonesia, jaringan co-working space JustCo sendiri juga memiliki rencana untuk menembus pasar Bangkok, Manila, Kuala Lumpur, dan Ho Chi Minh City.


Masuknya pengaruh beberapa jaringan co-working space asing ke Indonesia, bukanlah yang pertama kali terjadi di tahun 2017. Di bulan September, UrWork asal Cina memberikan suntikkan pendanaan kepada Rework untuk pengembangan bisnisnya di Bali dan Surabaya.

Satu bulan sebelumnya, Startup co-working space asal Amerika Serikat WeWork mengumumkan kalau mereka telah mengakuisisi Spacemob yang telah membuka lokasi co-working space di Gama Tower.

Sumber: Dealstreetasia

(Diedit oleh Septa Mellina)

This post Jaringan Co-working Space, JustCo, Bersiap Mendirikan Cabang di Indonesia appeared first on Tech in Asia.

The post Jaringan Co-working Space, JustCo, Bersiap Mendirikan Cabang di Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi