Jembatani Merchant ke Konsumen, Moka Luncurkan Fitur Loyalty Program


Ikhtisar
  • Fitur ini ditujukan kepada pemilik usaha (merchant) yang ingin memberikan apresiasi kepada pelanggan setia mereka lewat beragam pilihan program loyalitas.
  • Merchant bisa menentukan sendiri sistem akumulasi poin dan reward yang ingin diberikan kepada pelanggan mereka.

Pada bulan November 2017 ini, startup penyedia layanan point-of–sale mobile  (mPOS), Moka secara resmi telah meluncurkan fitur Moka Loyalty Program bagi para pelanggan mereka.

Sesuai namanya, fitur ini ditujukan kepada pemilik usaha yang ingin memberikan apresiasi kepada pelanggan setia mereka lewat beragam pilihan program loyalitas, yang bisa diatur sedemikian lupa mulai dari tipe, sistem akumulasi poin, hingga reward yang ingin diberikan kepada pelanggan mereka.

Sesuai dengan misi Moka, yaitu Empowering Merchant to sell and grow, kita mengembangkan fitur ini untuk membantu merchant meningkatkan penjualan masing-masing.

Athalia Damaria,
Moka Pos

Athalia selaku perwakilan Moka menjelaskan salah satu contoh reward diskon persentase yang bisa ditemukan di fitur baru ini. Lewat fitur tersebut, merchant dapat menentukan nilai maksimal diskon yang bisa diterima pelanggan. Misalnya, merchant bisa memberikan diskon 25 persen atau maksimal senilai Rp50.000.

Untuk reward diskon rupiah, merchant dapat menentukan nilai minimum pembelian, sebagai contoh diskon Rp200 ribu untuk minimum pembelian senilai Rp500 ribu.


Makin menjembatani merchant ke konsumen

Menurut Athalia, tujuan dibentuknya Loyalty Program ini adalah untuk membantu Moka dalam menjembatani merchant supaya bisa membuat pelanggan mereka kembali berbelanja demi mendapatkan reward yang mereka inginkan. Pihak Moka sendiri mengklaim dengan adanya fitur ini para pelanggan dapat meningkatkan omzet penjualan mereka hingga mencapai tiga puluh persen.

Di samping itu, Moka juga mengintegrasikan fungsi pencatatan  membership ke dalam sistem mereka demi mempermudah keikutsertaan pelanggan. Dengan ini, Merchant Moka tidak perlu repot mencetak kartu keanggotaan, karena fitur tersebut telah terintegrasi dengan sistem. Jadi, setiap customer hanya perlu mendaftarkan diri mereka lewat nomor handphone saja.

Mokapos | Photo

“Di peluncurannya, kami memberikan fitur pembuatan loyalty program ini secara gratis ke semua mitra merchant Moka hingga akhir masa berlangganan mereka. Kami harap pengguna jasa kami bisa mencoba fitur ini dan mendapatkan hasil yang positif bagi usaha mereka,” ungkap Athalia mewakili pihak Mokapos.

Untuk memperluas pengadopsian fitur ini, Moka juga menyediakan layanan pelatihan atau training langsung ke pelanggan yang tertarik mencoba serta mengaplikasikan fitur ini ke dalam layanan bisnis mereka. Ke depannya, Moka akan terus mengembangkan fitur mereka agar bisa lebih banyak membantu merchant, supaya dapat memperoleh lebih banyak pelanggan yang loyal.


Kehadiran fitur loyalty program sendiri sejalan dengan tujuan Moka usai memperoleh pendanaan pada bulan Februari lalu, yakni untuk meningkatkan pengembangan produk serta mencari talenta terbaik di bidangnya.

Di ranah layanan point-of–sale Indonesia, Moka memiliki beberapa pesaing yang bergerak dalam bisnis serupa, antara lain OlseraDealposPawoon, dan Omega POS Cloud. Pawoon sendiri pada Oktober 2017 lalu juga telah meluncurkan fitur sejenis dengan menggandeng pihak penyedia program loyalitas pelanggan asal Jepang, Ponta, sebagai gateway bagi merchant mereka.

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post Jembatani Merchant ke Konsumen, Moka Luncurkan Fitur Loyalty Program appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi