Kunjungan Studi Banding Badan Penjaminan Mutu (BPMU) UAI ke Kantor Audit Internal IPB

Pada hari Jum’at (26 Januari 2018), Badan Penjaminan Mutu Universitas (BPMU) UAI melakukan kunjungan studi banding ke Kantor Audit Internal, Institut Pertanian Bogor (KAI IPB). Selain bersilaturahmi, kunjungan tersebut diagendakan untuk memperluas wawasan, saling bertukar pengalaman dan mencari informasi mengenai SPMI dan Audit Internal yang ada di IPB, yang dianggap baik dalam proses pelaksanaan penjaminan mutunya.

Rombongan BPMU UAI dipimpin oleh Ibu Ir. Endang Ripmiatin, M.T. (Ketua BPMU UAI) diterima dengan hangat oleh tim dari IPB, yaitu Dr. Wonny Ahmad Ridwan, SE., MM. (Kepala KAI IPB), Dr.Ir. Diniah, M.Si (Kepala Bidang Audit Akademik) dan Dr. drh. Dewi Ratih (Auditor Akademik Internal). Pada kesempatan tersebut, Dr. Wonny Ahmad Ridwan, SE., MM.  terlebih dahulu membuka presentasi dengan menyampaikan garis besar sistem penjaminan mutu dan audit internal yang diterapkan di IPB. Beliau mengungkapkan bahwa pada intinya Badan Penjaminan Mutu bertugas untuk membantu Rektor selaku Penjamin Mutu Universitas  untuk mengetahui kondisi di Universitas, yang nantinya menjadi dasar dalam pengambilan keputusan. Karena itu, penjaminan mutu tidak hanya berarti mempersiapkan borang akreditasi, tetapi lebih ke arah evaluasi terhadap segala sesuatu yang telah dilaksanakan, yang kemudian hasilnya dapat digunakan untuk mengambil keputusan selanjutnya.

Selain sebagai aturan Dikti dan BAN-PT yang wajib dilaksanakan di setiap perguruan tinggi, Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPMPT) menjadi tuntutan dalam menghadapi persaingan antar perguruan tinggi yang semakin ketat dalam memberikan pelayanan yang optimal. Karena itu, dalam menjalankan sistem penjaminan mutu diperlukan komitmen serta kesadaran yang tinggi dari pimpinan untuk melakukan perubahan ke arah peningkatan mutu dan menjadikan mutu sebagai budaya bagi seluruh sivitas akademika.

Dari kunjungan tersebut BPMU UAI mendapatkan banyak pengetahuan yang sangat berguna bagi pengembangan sistem penjaminan mutu di Universitas Al Azhar Indonesia nantinya. BPMU UAI bertekad untuk memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan, yang dijalankan  secara internal untuk mewujudkan visi dan misinya, serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholders yaitu lulusan yang berkualitas.

Terima kasih sebesar-besarnya kami ucapkan kepada KAI IPB yang telah menerima kunjungan rombongan BPMU UAI, serta berkenan membagi ilmu yang bermanfaat bagi UAI.


 

Source: Berita Kampus