LINE Indonesia Akuisisi Startup Berbagi Tumpangan TemanJalan


Ikhtisar
  • Layanan berbagi tumpangan milik TemanJalan mengalami peningkatan signifikan sejak menghadirkan chatbot dalam aplikasi LINE.
  • LINE belakangan gencar mengembangkan teknologi chatbot dalam platform miliknya, termasuk menggelar kompetisi LINE BOT Awards pada tahun 2017.

Pada 23 November 2017, LINE Indonesia mengumumkan telah mengakuisisi sebuah startup tanah air yang bernama TemanJalan. Menurut mereka, proses akuisisi tersebut telah selesai sejak 17 November 2017 lalu.

TemanJalan merupakan layanan yang memungkinkan kamu berbagi tumpangan dengan pengguna lain, serupa dengan Nebengers dan GrabHitch. Berbeda dari para pesaingnya, mereka lebih fokus pada pengguna yang merupakan mahasiswa di berbagai kampus. Mereka mengaku telah beroperasi di lebih dari lima puluh kampus.

Pada Agustus 2016 silam, startup yang berasal dari Depok tersebut telah berhasil mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dari Golden Gate Ventures dan seorang angel investor lokal.

TemanJalan tumbuh pesat di LINE

Pada awalnya, TemanJalan coba menghadirkan layanan mereka lewat berbagai platform, termasuk membuat aplikasi mobile. Namun semuanya tidak menghasilkan pertumbuhan yang cukup memuaskan.

Peruntungan mereka berubah sejak mereka memanfaatkan aplikasi chat LINE. Di aplikasi chat tersebut, mereka membuat semacam chatbot yang bisa memudahkan pengguna dalam melakukan pemesanan. Dari sinilah kedekatan mereka dengan LINE berawal.

Menarik perhatian LINE

LINE pun sadar akan perkembangan tersebut. Di tahun 2017, mereka memberikan penghargaan LINE BOT Awards kepada TemanJalan untuk kategori lokalisasi.

LINE terus berkomitmen untuk mengembangkan platform chatbot di Indonesia, dan akuisisi ini merupakan salah satu bentuk pengembangan kapasitas kami di sana. Bersama TemanJalan, kami mendapatkan tim engineering baru yang dapat meningkatkan kemampuan kami dalam mengembangkan platform chatbot, serta mendapatkan wawasan yang mendalam tentang pasar di Indonesia

Dale Kim,
Managing Director LINE Indonesia

Sebelumnya, LINE pun telah menunjukkan komitmen mereka dalam pengembangan teknologi chatbot dengan menghadirkan berbagai kompetisi. Menarik untuk ditunggu kelanjutan dari layanan TemanJalan selepas akuisisi dari LINE Indonesia ini.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post LINE Indonesia Akuisisi Startup Berbagi Tumpangan TemanJalan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi