Mantan Co-founder INDOMOG Perkenalkan Layanan Pembayaran Open-platform di Indonesia


Founder: Vincent Iswara
Industri: fintech (dompet digital)
Status pendanaan: telah mendapatkan investasi dari EMTEK

  • DANA (atau Dompet Digital Indonesia) merupakan layanan pembayaran digital berbasis open-platform.
  • DANA dapat digunakan untuk pembayaran e-commerce Bukalapak, pembelian tiket Tix.id, serta transfer pulsa dan saldo digital DANA lewat BBM.
  • Untuk pengisian saldonya sendiri, pengguna dapat melakukan top-up melalui bank yang bermitra dengan DANA dan outlet Alfamart.
  • Dalam beberapa waktu ke depan, DANA menargetkan untuk menggaet empat puluh mitra yang mengintegrasikan DANA sebagai bagian layanan payment mereka.

button ulasan startup


Sebuah startup bernama DANA (atau Dompet Digital Indonesia) pada tanggal 21 Maret 2018 secara resmi telah diperkenalkan sebagai salah satu layanan pembayaran digital di Indonesia. Dengan berbasis open-platform (sama seperti halnya Alipay dari Cina), DANA diharapkan bisa menjadi solusi bagi kegiatan transaksi digital non-tunai, baik secara online maupun offline.

DANA dinahkodai oleh Vincent Henry Iswaratioso, Country Head Alipay Indonesia yang sebelumnya juga menjabat sebagai co-founder dari layanan payment digital INDOMOG. Sebelum resmi diperkenalkan dengan nama DANA, tersiar kabar bahwa startup ini merupakan perusahaan patungan antara Ant Financial (Alipay) dengan EMTEK. Meskipun mengadopsi teknologi dari Ant Financial, namun investor utama DANA merupakan perusahaan Indonesia, yakni grup EMTEK.

Bertujuan untuk mempopulerkan transaksi non-tunai

Vincent menjelaskan bahwa DANA didirikan untuk menjawab perkembangan kebutuhan gaya hidup digital yang serba efisien, terutama dalam urusan transaksi kegiatan jual beli berbasis digital.

Transaksi konvensional dengan uang tunai sering kali menghalangi peningkatan produktivitas dan daya saing. (Oleh karena itu) DANA kami dirikan untuk mengoptimalkan transaksi non-tunai di masyarakat.

Vincent Henry,
CEO DANA

Dengan mengusung layanan pembayaran berbasis open-platform, DANA diklaim memiliki kelebihan terutama dari segi adopsi penggunaannya. Berbeda dengan layanan payment gateway populer (seperti GO-JEK, GrabPay, OVO, dan lainnya), DANA tidak terpaku dengan keberadaan satu platform tertentu seperti GO-PAY yang saat ini terbatas hanya untuk membayar semua transaksi dalam aplikasi GO-JEK saja.

Vincent mencontohkan DANA ke depannya bisa digunakan di beberapa layanan seperti:

  • pembayaran e-commerce Bukalapak
  • pembelian tiket Tix.id
  • transfer pulsa dan saldo digital DANA lewat BBM.

Untuk pengisian saldonya sendiri, pengguna dapat melakukan top-up melalui bank yang bermitra dengan DANA dan outlet Alfamart.

Bakal dikembangkan lebih luas

Meski sebagian besar integrasi DANA ke dalam layanan lainnya karena afiliasi dengan EMTEK, namun Vincent tidak menutup kemungkinan bahwa ke depan adopsinya bakal lebih luas lagi (seperti halnya konsep Alipay). Ia menargetkan paling tidak dalam beberapa waktu ke depan akan ada empat puluh mitra yang sudah mengintegrasikan DANA sebagai bagian layanan payment mereka.

Agar menjadi solusi yang efektif, (perkembangan) DANA ke depannya akan selalu berpijak kebutuhan masyarakat. Kami harap pengalaman transaksi yang akan kami suguhkan bisa berkontribusi untuk membangun kepercayaan terhadap transaksi non-tunai, khususnya dalam memberdayakan dompet digital

Vincent,
CEO DANA

Dana Featured | alternatif


Mulai diperkenalkannya DANA dalam ranah pembayaran digital menambah semarak layanan sejenis yang belakangan semakin mulai berkembang luas di masyarakat seperti GO-PAY, dan OVO yang terintegrasi dengan layanan GRABPAY.

Yang menarik, CEO sekaligus pendiri GO-JEK, Nadiem Makariem sebelumnya bahkan mengumumkan bahwa GO-PAY nantinya akan bertransformasi menjadi medium pembayaran holistik sehingga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di luar aplikasi GO-JEK.

Saat tulisan ini dipublikasikan, DANA masih menjalani proses beta roll-out di beberapa layanan mitra yang telah berafiliasi dengan mereka. Vincent sendiri juga mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini sedang mengupayakan fitur transfer saldo berbasis kode QR dengan memanfaatkan kamera dari layanan chatting BBM.

(Diedit oleh Septa Mellina)

This post Mantan Co-founder INDOMOG Perkenalkan Layanan Pembayaran Open-platform di Indonesia appeared first on Tech in Asia.

The post Mantan Co-founder INDOMOG Perkenalkan Layanan Pembayaran Open-platform di Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi