Marketplace Khusus Produk Fesyen Branded Preloved Tinkerlust Raih Pendanaan Pra Seri A


Ikhtisar

  • Tinkerlust adalah situs yang memungkinkan kamu untuk menjual dan membeli produk branded bekas (preloved) berupa pakaian, tas, sepatu, aksesoris, hingga perlengkapan make up.
  • Perbedaan Tinkerlust dengan marketplace besar seperti Tokopedia dan Bukalapak adalah adanya layanan penjemputan barang, foto produk yang baik, sampai bantuan penentuan harga.

Pada tanggal 20 November 2017, marketplace fesyen tanah air Tinkerlust mengumumkan bahwa mereka telah mendapat pendanaan Pra Seri A dengan nominal yang tidak disebutkan. Investasi tersebut dipimpin oleh Merah Putih Inc. yang merupakan anak perusahaan dari GDP Venture, serta angel investor Danny Oei.

Dana segar ini rencananya akan mereka gunakan untuk mempercepat pertumbuhan pengguna.

Kami akan banyak berinvestasi di bagian engineering, produk, serta supply chain, demi memastikan pembeli, penjual, dan penyewa barang di Tinkerlust mendapatkan pengalaman yang menyenangkan

Samira Shihab,
CEO Tinkerlust

Tinkerlust sendiri merupakan situs yang memungkinkan kamu untuk menjual dan membeli produk branded bekas (preloved) berupa pakaian, tas, sepatu, aksesoris, hingga perlengkapan make up. Saat ini mereka pun telah menyediakan layanan penyewaan gaun yang bisa kamu gunakan di saat-saat tertentu, seperti pesta pernikahan atau acara resmi lainnya.

Dengan begitu, masyarakat pun bisa menggunakan barang-barang branded yang biasanya mempunyai harga mahal tersebut dengan harga yang lebih terjangkau.

Tinkerlust | Screenshot

Startup tersebut didirikan pada tahun 2016 oleh dua orang founder Samira Shihab dan Aliya Amitra. Sebelum mendirikan Tinkerlust, Samira sempat mendirikan sebuah startup bernama LokalSocial. Sedangkan Aliya mempunyai pengalaman lebih dari sepuluh tahun di bisnis finansial. Hingga saat ini, Tinkerlust mengaku telah berhasil menggaet ribuan penjual.

Di Indonesia sendiri, kamu sebenarnya telah bisa menjual barang branded preloved lewat situs iklan baris dan marketplace besar seperti OLX, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Namun menurut Tinkerlust, jika menggunakan platform lain, para penjual biasanya masih akan menghadapi masalah dalam menentukan harga yang sesuai, dan membuat foto yang bagus.

Untuk itu, Tinkerlust pun menghadirkan beberapa hal yang berbeda, yaitu:

  • Mereka akan menjemput barang yang ingin dijual oleh pengguna, membuatkan foto produk yang baik, serta mengunggahnya ke platform mereka.
  • Tinkerlust juga akan memberikan saran harga yang sesuai untuk setiap barang yang dijual, dengan mempertimbangkan harga produk serupa yang telah terjual sebelumnya, serta minat para pengguna terhadap produk tersebut saat ini.
  • Apabila ada pembeli yang tertarik, Tinkerlust pun akan langsung mengirimkannya kepada sang pembeli.

“Kami melihat ke depannya masyarakat akan punya banyak pertimbangan dalam mengeluarkan uang, namun tetap ingin mengikuti tren. Karena itu, platform seperti Tinkerlust akan mempunyai posisi yang kuat, khususnya di kategori fesyen,” ujar Antonny Liem, CEO dari Merah Putih Inc.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Marketplace Khusus Produk Fesyen Branded Preloved Tinkerlust Raih Pendanaan Pra Seri A appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi