Memahami Strategi Marketing untuk Startup di Era Digital

Era digital membuat para praktisi pemasaran perlu terus belajar dan memperbarui strategi marketing masing-masing. Hal ini juga berlaku bila kamu adalah penggiat startup. Riset yang dilakukan oleh CB Insight menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang buruk termasuk dalam sepuluh alasan terbesar mengapa banyak startup gagal.

Bila kamu tengah tergabung di suatu startup, kamu tak harus selalu mengeluarkan dana jorjoran untuk menciptakan pemasaran efektif. Ada beberapa strategi pemasaran yang minim biaya dan telah berhasil diterapkan oleh sejumlah startup, salah satunya adalah content marketing.

Content marketing mengacu pada segala konten berbentuk artikel, siaran pers, unggahan di media sosial, email, video, dan gambar untuk meningkatkan hubungan dengan target pengguna. Hubspot misalnya, selama bertahun-tahun telah menerapkan strategi content marketing dengan taktik berikut:

  • Menerbitkan beberapa konten dalam sehari.
  • Menyediakan tool gratis yang dapat dimanfaatkan siapa pun.
  • Membuat berbagai konten dengan keamanan yang terjaga, dalam bentuk e-book, white paper, laporan, template, hingga worksheet.

Taktik tersebut telah membuahkan hasil. Blog Hubspot mendapatkan lebih dari 2 juta kunjungan per bulan dan mereka telah memiliki lebih dari 500.000 pelanggan. Perusahaan teknologi selain Hubspot juga memiliki strategi pemasaran yang berbeda-beda.

Marketing Hack | Ilustration

Strategi marketing (Sumber: Pexels)

Lantas, apa saja strategi pemasaran yang dapat kamu terapkan di startup pada era digital ini?

Cari tahu lebih banyak soal strategi marketing terkini

Di track Marketing Hacks, Tech in Asia Jakarta 2018 (#TIAJKT2018) akan menyajikan topik marketing bersama para tokoh industri teknologi dan startup. Di track ini, beberapa tokoh dari industri startup dan teknologi akan membagikan insight dan kiat pemasaran di era digital.

Inilah beberapa topik yang akan kamu dapatkan di track Marketing Hacks:

    • Mobility Data for Understanding Consumer Behaviour
    • Advanced Technologies to Know Your Customer Better
    • The New Method of Advertising: KOL vs Conventional Media

Selengkapnya, kamu bisa menyimak jadwal, topik, dan pembicara #TIAJKT2018 lainnya di laman ini.

Siapa saja tokoh yang akan mengisi track Marketing Hacks? Simak profil mereka di bawah ini!

Mobility Insight Product Lead Telkomsel, Bernardus Ari Kuncoro

Ari memulai kariernya sebagai Intelligent Networks Engineer di salah satu jaringan Nokia Siemens, dan ditugaskan ke luar negeri dari 2011 hingga 2014. Setelah kembali ke Indonesia, ia melanjutkan studi pascasarjana dan kembali memulai kariernya di Ruma, Stream Intelligence, hingga Bhinneka, sebelum berpindah ke Telkomsel.

CMO & Co-founder Kata.ai, Reynir Fauzan

Reynir telah bekerja di industri perbankan dan jasa keuangan sebelum ikut mendirikan Kata.ai yang menyediakan solusi Artificial Intelligence di Indonesia. Ia bertanggung jawab untuk memimpin divisi pemasaran, mendorong pertumbuhan penjualan, dan mengembangkan bisnis. Bersama timnya yang luar biasa, ia membantu bisnis untuk memahami pelanggan dengan lebih baik serta memanusiakan interaksi digital.

CEO FemaleDaily, Hanifa Ambadar

Setelah menulis blog sejak 1999, Hanifa Ambadar melihat peluang besar dari aktivitas ini. Ia lantas memulai Female Daily pada tahun 2005, media kecantikan terkemuka di Indonesia dengan ratusan anggota baru setiap harinya. Para wanita dapat menemukan segala hal tentang kecantikan, mulai dari ulasan, update, hingga berita kecantikan lewat Female Daily.

Marketing Hack | Speakers

Beberapa pembicara di track Marketing Hacks #TIAJKT2018.

Siap temui ratusan tokoh industri dan dapatkan banyak insight baru?

#TIAJKT2018 akan menyajikan 4 Content Stage dengan 20 track terkait industri teknologi dan startup. Selain di track Marketing Hacks, kamu juga bisa mendapatkan banyak insight di track Investment Landscape, Growth Goals, Fintech Next, Profit & Revenue, dan beragam track menarik lainnya, yang selengkapnya dapat kamu cari tahu di laman ini.

Tidak mau ketinggalan mengikuti konferensi ini, kan? Tenang, masih ada kesempatan untuk bergabung bersama ribuan peserta lainnya. Kabar gembiranya, kami memperpanjang masa promo diskon sepuluh persen sampai Minggu, 14 Oktober 2018 pukul 23.59 WIB. Jadi, lekas pesan tiketmu sekarang juga untuk mendapatkan potongan sepuluh persen!

ARTICLE_BUTTON_Marketing hack

Selain mendapatkan banyak insight di Content Stage, kamu juga bisa ikut pitching di hadapan puluhan investor yang menghadiri segmen Speed Dating. Untuk berpartisipasi di segmen favorit ini, kamu hanya memerlukan sebuah tiket konferensi. Jadi, bila kamu telah memiliki tiket #TIAJKT2018, segera daftarkan dirimu di sini, dan dapatkan kesempatan pendanaan dari investor untuk mengembangkan startup kamu!

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Memahami Strategi Marketing untuk Startup di Era Digital appeared first on Tech in Asia.

The post Memahami Strategi Marketing untuk Startup di Era Digital appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi