Mengintip Aktivitas Sehari-Hari Chief Business Officer PropertyGuru Group

  • life

Nama saya Lewis Ng, Chief Business Officer di PropertyGuru Group. Sehari-hari saya bekerja mengelola penjualan dan pertumbuhan bisnis perusahaan. Saya bekerja dengan tim yang terdiri lebih dari dua ratus “Guru” di Singapura, Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

Ketika memimpin sebuah organisasi yang besar dengan beragam karyawan, kesuksesan sering bergantung pada anggota tim: bagaimana kamu merekrut talenta berkualitas, menjaga motivasi mereka agar tetap tinggi, menentukan arah perusahaan, serta mendorong mereka melakukan pekerjaan jauh lebih baik daripada kamu.

Jadi, aktivitas sehari-hari saya didominasi oleh interaksi dengan manusia.

Pagi: Membentuk kondisi pikiran yang tepat

Di pagi hari, saya biasa mendengarkan stasiun radio favorit ketika berkendara ke kantor. Dengan begitu, saya bisa mendengar berita, lagu, dan hal-hal menarik di hari bersangkutan.

Sebelum tiba di kantor, saya biasanya berjalan ke kedai kopi untuk mendapat dorongan semangat di pagi hari. Saya juga akan memeriksa kalender dan mulai membayangkan apa yang ingin saya capai di hari tersebut.

Aktivitas ini membuat saya mempunyai sebuah tujuan kecil dan keyakinan bisa menyelesaikan rencana di hari yang menyenangkan ini.

9.30-12.00: Menyelaraskan tujuan dengan tim

Di rentang waktu ini, saya biasa bertemu dengan anggota tim dan berbagai divisi berbeda di perusahaan saya. Hal ini saya lakukan agar bisa mengikuti perkembangan, tetap terhubung dengan orang-orang, mengambil keputusan yang diperlukan, serta memberikan masukan dan arahan. Dengan kata lain, ini adalah waktu saya untuk menyelaraskan tujuan dengan seluruh anggota tim, baik dengan bawahan langsung dari berbagai daerah atau dengan jajaran eksekutif.

Seminggu sekali, saya juga akan melakukan “sarapan sambil merumpi” dengan tim agar kami bisa berbicara dengan santai tentang segala hal. Berkat pertemuan seperti itu, saya bisa mengetahui berbagai informasi seperti lokasi restoran yang bagus, jenis asuransi terbaik, rekomendasi hadiah untuk perayaan tahunan, dan lainnya.

Meski sama-sama sibuk, saya rasa penting untuk sesekali berkumpul dengan tim, tertawa bersama, dan mengetahui apa yang rekan saya lakukan pada akhir pekan.

12.00-13.00: Memeriksa email

Bagi kebanyakan orang, ini adalah waktu makan siang. Namun untuk saya, ini adalah waktu memeriksa email!

Menurut saya, waktu makan siang adalah saat terbaik untuk memeriksa email, karena saya bisa melakukannya sambil menyeruput kopi dan terkadang sembari menikmati salad yang muncul di meja saya secara ajaib (saya mempunyai asisten yang luar biasa).

Ini juga waktu untuk berpikir tentang orang lain yang ada di tim saya maupun di tim lain. Saya memikirkan orang-orang yang telah memberikan dampak positif kepada saya dan perusahaan, sehingga saya bisa memberikan apresiasi kepada mereka.

Di PropertyGuru, kami mempunyai aplikasi mobile yang memungkinkan kami mengirimkan “GuruStars” (poin dalam skema insentif) kepada rekan kerja untuk menunjukkan apresiasi. Sesibuk apa pun kamu, sempatkan diri untuk memberikan apresiasi kepada orang lain.

Lewis Ng dan Tim

13.00 – 16.00: Rapat

Di siang hari, saya akan melakukan rapat dengan klien atau para pemangku kepentingan untuk mendiskusikan beragam topik.

Dalam rapat tersebut, terkadang saya berbagi wawasan tentang apa yang sedang terjadi di dunia digital dan properti. Namun di waktu lain justru calon mitra kami yang mengajari saya tentang bagaimana sebuah teknologi baru bisa membantu menyelesaikan kesulitan pelanggan kami.

16:00 – 18.30: Waktu bebas

Jika tidak ada hal yang mendesak untuk saya kerjakan, saya akan menggunakan waktu ini untuk melakukan hal penting lain atau sekadar merenung.

Kamu juga akan sering melihat saya di luar kantor, berkendara ke kafe lokal di mana saya bisa menjernihkan pikiran dari aktivitas harian. Saya melakukan ini untuk memikirkan sisi-sisi lain dalam bisnis, serta menyusun strategi jangka panjang untuk perusahaan.

Sepanjang minggu, saya juga memiliki aktivitas lain seperti kegiatan mentoring dengan rekan internal untuk membantu mereka berkembang di PropertyGuru dan industri terkait. Kegiatan ini juga saya lakukan dengan teman di luar perusahaan. Sesekali saya mengajar di sekolah manajemen atau kampus, serta menjadi pembicara di berbagai acara.

Selepas jam kerja

Di luar jam kerja, saya biasa menjemput istri saya dari kantornya. Ini adalah waktu yang baik bagi kami untuk berbagi hal positif dan negatif yang terjadi di hari tersebut, serta beristirahat untuk menutup hari.

Jika tidak sedang bekerja, saya senang melatih sisi kreatif (melukis atau memasak) serta menghabiskan waktu dengan teman-teman dan keluarga.

Lewis Ng Melukis

Baru-baru ini, saya tekun mempelajari sulap. Bukan karena saya ingin menjadi pesulap, tapi lebih karena sulap bisa membantu saya membangun hubungan dengan orang lain lewat cara yang menyenangkan!


Mengingat keberagaman peran dan jenis karyawan di perusahaan saya, maka setiap hari pun terasa berbeda. Hal ini ditandai dengan berbagai tantangan dan peluang baru yang muncul. Saya pun menikmati bekerja dengan tempo, dinamika, dan jenis orang yang berbeda setiap harinya!

Meski banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, saya selalu berusaha membuat kantor menjadi tempat yang menyenangkan. Sebagai bentuk perayaan, saya akan memanfaatkan berbagai acara seperti kegiatan bulanan “Happy Friday”, pesta bir, serta festival tahunan.

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan dalam Bahasa Inggris. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi oleh Aditya Hadi Pratama sesuai dengan standar editorial Tech in Asia Indonesia. Diedit oleh Fairuz Rana Ulfah)

This post Mengintip Aktivitas Sehari-Hari Chief Business Officer PropertyGuru Group appeared first on Tech in Asia.

The post Mengintip Aktivitas Sehari-Hari Chief Business Officer PropertyGuru Group appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Entrepreneur Life