Permudah Pelancong, WORKnPLAY Hadirkan Aplikasi Pencarian Penginapan Berbasis Peta


Founder: Irwan Hartanto, Harry Darmawijaya, Jevon Christian
Industri: Platform penyewaan penginapan
Pendanaan: Telah menerima seed funding (nominal tak disebutkan)

  • Selain mencari penginapan, para pengguna aplikasi WORKnPLAY juga bisa menemukan properti lain untuk disewa atau dibeli.
  • Mereka juga bekerja sama dengan berbagai penyedia layanan, seperti online travel agent ataupun transportasi online, untuk menyediakan servis lebih lengkap bagi para penggunanya.

Irwan Hartanto, Harry Darmawijaya, dan Jevon Christian telah mempunyai niat untuk memudahkan para pengusaha (entrepreneur) yang ingin mencari kantor dan tempat tinggal sejak lebih dari setahun lalu. Hal itu kemudian mendorong mereka untuk membuat layanan pencarian properti yang bernama WORKnSTAY.

Namun solusi ini mereka anggap belum cukup. Itulah mengapa pada Januari 2017 lalu, mereka kemudian mengubah layanan mereka menjadi sebuah marketplace properti, dan berganti nama menjadi WORKnPLAY. Dengan layanan baru ini, mereka tidak hanya memudahkan pengguna yang ingin menyewa dan membeli properti, namun juga memungkinkan pemilik properti untuk menyewakan atau menjual tempat kepada pengguna lain.

Tak cukup sampai di situ, mereka pun turut menghadirkan berbagai layanan lain, seperti pemesanan tiket pesawat dan transportasi online. Untuk itu, mereka pun menggandeng perusahaan lain, seperti Tiket.com dan Uber.

WORKnPLAY 3

Berbeda dengan layanan online travel agent (OTA) dan platform penyewaan properti biasa, WORKnPLAY merancang aplikasi mereka dalam bentuk peta. Hal ini membuatnya tidak hanya cocok bagi para pengusaha, namun juga bisa digunakan oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke kota atau negara lain.

Dengan sistem berbasis peta kami, pengguna hanya perlu memilih pin hotel untuk memesan kamar. Hal ini akan memudahkan pengguna dalam memesan hotel favorit mereka

Irwan Hartanto,
Chief Strategy Officer WORKnPLAY

Punya tim inti yang sama dengan YesDok

Apabila kamu menyimak ulasan kami tentang sebuah aplikasi konsultasi dokter bernama YesDok pada awal November 2017 lalu, maka kamu mungkin menyadari bahwa tim inti dari startup tersebut serupa dengan WORKnPLAY. Di YesDok, Irwan menempati posisi sebagai CEO, dan Herry sebagai CFO. Sedangkan untuk WORKnPLAY, Irwan berperan sebagai Chief Strategy Officer dan Harry sebagai CEO.

Perbedaan tim inti dari kedua startup tersebut hanya terletak di posisi CTO. Bila di YesDok, Irwan dan Harry lebih memilih untuk menggandeng Fariz Tadjoedin. Sedangkan untuk WorknPlay mereka justru memilih Jevon Christian.

Hendak langsung masuk ke pasar internasional

WorknPlay | Screenshot

Saat ini layanan WORKnPLAY sudah bisa dinikmati oleh para pengguna di Indonesia dan Singapura. Sayangnya, mereka belum mau memberikan angka pengguna mereka hingga saat ini.

Di tahun 2018, WORKnPLAY menyatakan bahwa mereka berencana untuk langsung memperluas layanan ke Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filipina. Mereka juga berniat untuk menyediakan tambahan belasan bahasa baru di platform mereka.

“Pasar tanah air tetap jadi prioritas kami. Namun karena WORKnPLAY lahir, tumbuh, dan berkembang di era globalisasi, kami merasa perlu menambah bahasa asing agar bisa jadi tuan rumah di negara sendiri dengan memberikan layanan internasional,” ujar Irwan.

WORKnPLAY mengaku telah melakukan monetisasi dengan menarik komisi dari transaksi yang mereka fasilitasi. Namun fokus utama mereka tetap pada penambahan jumlah pengguna. Karena itu, mereka berusaha untuk terus menjaga kepuasan pelanggan mereka.

Mereka pun menyatakan telah mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dengan nominal yang tidak disebutkan.


Dengan layanan yang mereka sediakan, secara tidak langsung WORKnPLAY akan bersaing dengan banyak pemain besar dari bidang online travel agent seperti Traveloka, hingga platform pencarian properti seperti Rumah.com. Menarik untuk ditunggu bagaimana mereka akan berusaha menggaet pengguna di dalam dan luar negeri.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Permudah Pelancong, WORKnPLAY Hadirkan Aplikasi Pencarian Penginapan Berbasis Peta appeared first on Tech in Asia.

The post Permudah Pelancong, WORKnPLAY Hadirkan Aplikasi Pencarian Penginapan Berbasis Peta appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi