Platform Live Streaming 17 Live Buat Konten Positif Berupa Kuis 17Q


Ikhtisar
  • Format kuis 17Q mirip dengan Who Wants to Be a Millionaire, di mana peserta diberikan sepuluh pertanyaan dengan empat pilihan jawaban yang harus dijawab secara benar untuk bisa mendapatkan hadiah.
  • Pihak 17 Live mengaku jenis konten berupa kuis seperti ini populer di luar negeri, efektif dalam menjaring pengguna baru serta meningkatkan interaksi pengguna dalam aplikasi.

Sejak 6 Januari 2018 lalu, aplikasi live streaming 17 LIVE (17 Media) telah meluncurkan jenis konten baru berupa kuis trivia yang disebut 17Q (i-chi-Q). Para pengguna bisa masuk ke sebuah room khusus yang mereka sediakan di waktu tertentu setiap hari, menjawab pertanyaan yang diberikan, dan memenangkan hadiah berupa uang.

Sekilas konsep ini mirip dengan kuis Who Wants to Be a Millionaire. Kamu akan mendapat 12 pertanyaan yang masing-masing harus dijawab dalam waktu kurang dari 10 detik. Kamu baru bisa mendapatkan hadiah apabila berhasil menjawab seluruh pertanyaan dengan benar.

17Q | Screenshot

Digemari pengguna luar negeri

Menurut 17 LIVE, kuis seperti ini tengah banyak digandrungi di luar negeri. Diharapkan keseruan bermain tebak-tebakan seperti ini bisa membuat mereka mendapat lebih banyak pengguna, yang menghabiskan waktu lebih lama di platform tersebut.

Ini merupakan bagian dari komitmen 17 LIVE untuk mengembangkan konten positif pada aplikasi live streaming di Indonesia.

Andryan Gouw,
Direktur 17 LIVE

Menurut Gouw, fitur ini juga bisa mengakomodasi dan mengobati rasa kangen para penggemar kuis berhadiah terhadap kuis seperti ini yang sempat hadir di televisi nasional pada era tahun 90-an.

Ingin lepas dari stigma negatif

Aplikasi live streaming yang ada di tanah air seperti 17 LIVE, Bigo LIVE, Nonolive, hingga Live.me, memang masih identik dengan konten negatif seperti pornografi. Mereka telah mencoba banyak hal untuk melepaskan diri dari stigma tersebut, tetapi belum terlalu efektif.

“Karena itu, dibanding terus mengatakan kalau di platform kami tidak ada konten negatif, kami lebih ingin membuktikan secara nyata bahwa platform live streaming bisa menghadirkan konten yang positif,” kata Agnes Agastia selaku Senior Manager Marketing & Communications 17 Live. “Contohnya dengan menghadirkan kuis 17Q ini, dan beberapa konten hasil kerja sama kami dengan sebuah media online.”

Saat ini, 17 Live mengaku telah mempunyai lebih dari 40 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Menarik untuk ditunggu bagaimana pengaruh dari kehadiran konten baru ini terhadap jumlah pengguna dan peta persaingan mereka dengan aplikasi live streaming lainnya.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Platform Live Streaming 17 Live Buat Konten Positif Berupa Kuis 17Q appeared first on Tech in Asia.

The post Platform Live Streaming 17 Live Buat Konten Positif Berupa Kuis 17Q appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi