skip to Main Content

PricePrice Resmi Bentuk Tim di Indonesia Usai 5 Tahun Jajaki Pasar


Ikhtisar

  • PricePrice merupakan layanan pembanding harga yang sudah memasuki pasar Indonesia sejak Maret 2013.
  • Pada bulan Juli 2017, PricePrice mengklaim telah memiliki tujuh juta pengunjung bulanan.

Pada tanggal 24 Januari 2018, portal penyedia layanan komparasi harga e-commerce, PricePrice telah mengumumkan adanya tim lokal yang akan menangani seluruh kegiatan operasional dan pengembangan produk di Indonesia.

Portal yang merupakan ekspansi dari website pembanding harga terbesar e-commerce di Jepang, Kakaku.com telah menunjuk Founder Beautynesia, Takuji Yoshida, sebagai CEO PricePrice dengan bantuan supervisi dari Corporate Development Kakaku.com Jepang, Takayoshi Kuki.

PricePrice sendiri sebetulnya sudah hadir di Indonesia sejak bulan Maret 2013 lalu. Namun sebelumnya hanya digawangi oleh tim operasional khusus yang berbasis di Tokyo, Jepang.

Takayoshi Kuki selaku perwakilan Kakaku menjelaskan bahwa keberadaan platform ini di Indonesia awalnya memang bertujuan untuk menguji potensi pasar lokal terlebih dahulu sebelum memutuskan langkah ekspansi dengan biaya dan tenaga operasional yang lebih besar.

Dalam kurun waktu lima tahun, pihak Kakaku.com melihat adanya perkembangan yang cukup signifikan terhadap kebiasaan berbelanja online di Indonesia. Hal tersebut juga diikuti dengan pertumbuhan traksi PricePrice yang terus mengalami peningkatan hingga menembus angka tujuh juta pengunjung pada bulan Juli 2017. Ini merupakan lompatan besar dari jumlah pengunjung PricePrice Indonesia di tahun 2013 yang rata-rata hanya 70.000 unique user per bulan.

PricePrice | Photo

PricePrice sendiri melihat peluang dengan memosisikan Indonesia sebagai target negara potensial di atas negara tujuan pasar PricePrice lainnya seperti Filipina, India, dan Thailand. Selain itu, PricePrice juga mengklaim bahwa layanan mereka mampu bersaing dengan kompetitor lainnya seperti Priceza, PriceArea, iPrice, dan Pricebook dalam persaingan di kawasan yang sama.

Melihat perkembangan yang positif tersebut, Kuki menjelaskan bahwa pihaknya berharap situs PricePrice dapat membantu mendatangkan manfaat yang lebih tinggi kepada seluruh pelaku e-commerce Indonesia seperti:

  • Traffic kepada rekanan penjual.
  • Distribusi produk
  • Pengalaman membandingkan harga yang lebih informatif.

Kami ingin para pengguna di Indonesia dapat menikmati pengalaman berbelanja online yang lebih efisien melalui satu web saja

Takayoshi Kuki,
Global Director Kakaku.com

Sejak berdiri lima tahun lalu, pihak PricePrice telah mengerucutkan fokus perbandingan harga mereka ke dalam empat kategori produk terpopuler: komputer, kamera, elektronik, dan smartphone. Di luar itu ada juga spare part kendaraan mobil, fesyen, dan layanan kredit perbankan.

Selain harga, pengguna bisa mencari dan mengurutkan produk yang mereka cari berdasarkan popularitas jumlah pencarian, dan penilaian dari pengguna lain. Untuk menarik minat belanja pengunjung mereka supaya lebih besar, PricePrice juga melengkapi web mereka dengan fungsi pemantau penawaran voucer dan kupon diskon.

Price Price | Screenshot

Bidik awareness pasar e-commerce di tahun 2018

Dengan terbentuknya tim operasional khusus di Indonesia, saat ini pihak PricePrice memiliki keleluasaan lebih untuk mengatur otonomi pengembangan bisnis mereka di Indonesia.

Takuji Yoshida selaku CEO menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang mempersiapkan sejumlah langkah untuk mengupayakan pertumbuhan yang lebih besar lagi di tahun 2018. Beberapa strategi tersebut antara lain:

  • Kegiatan pemasaran untuk membidik awareness masyarakat luas
  • Mengorganisir kebutuhan sumber daya manusia
  • Mempertimbangkan kolaborasi dengan beberapa pihak untuk pengembangan model bisnis ke depan dan mendorong penjualan platform e-commerce lainnya

Kepada Tech in Asia Indonesia, Yoshida mengaku pihaknya optimis pihaknya dapat menggaet awareness yang diperlukan untuk membantu pengembangan PricePrice di masa mendatang.

Dengan dukungan teknis dari Kakaku.com pusat, saat ini pihak PricePrice berharap layanan mereka dapat mengakomodasi perilaku kebutuhan berbelanja masyarakat Indonesia agar bisa menemukan harga terbaik secara lebih murah di satu platform saja.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

This post PricePrice Resmi Bentuk Tim di Indonesia Usai 5 Tahun Jajaki Pasar appeared first on Tech in Asia.

The post PricePrice Resmi Bentuk Tim di Indonesia Usai 5 Tahun Jajaki Pasar appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi

Back To Top