Produk dari 10 Startup ini Memungkinkan Kamu Mendapatkan Uang Tambahan

Kemajuan teknologi telah berhasil menghasilkan cara-cara baru untuk memiliki penghasilan tambahan. Hebatnya lagi, semua itu dapat dengan mudah diakses dalam genggamanmu! Apapun keahlian yang kamu miliki, dapat dijadikan sebagai pemasukan tambahan lo!

Sepuluh startup berikut, yang berpartisipasi dalam Tech in Asia Jakarta 2017 pada November mendatang, dapat membantu kamu menambah pundi-pundi uang.


Ubiklan

UBIKLAN 800x450

Daripada hanya mengeluarkan uang untuk memelihara dan menggunakan mobilmu, kini saatnya kamu memanfaatkan mobilmu agar mendapatkan uang tambahan. Ubiklan menawarkan pendekatan yang berbeda dalam beriklan yaitu menggunakan medium badan mobil.

Ubiklan akan menghubungkan pemilik mobil dengan perusahaan yang beriklan. Stiker yang akan ditempel di badan mobil pun dapat kamu pilih sesuai keinginan dengan tiga pilihan lokasi: belakang, samping, dan depan. Kompensasi yang didapat dapat menyentuh nominal Rp1 juta, dengan estimasi kamu telah mengemudi sejauh 1.500 kilometer. Dengan catatan, stiker ditempel di dua lokasi pada badan mobil.

PANG

PANG 800x450

Pada 2015, sebuah penelitian menunjukkan orang Indonesia menghabiskan rata-rata 5,5 jam per hari untuk melihat layar smartphone. Peluang inilah yang dilirik oleh aplikasi PANG.

Kampanye iklan akan tampil dengan format layar penuh pada lockscreen di smartphone. Untuk membuka layar kunci, kamu perlu mengumpulkan poin dengan cara menyapu (swipe) layar ke kiri atau ke kanan. Poin yang terkumpul juga bisa kamu cairkan menjadi uang tunai atau menukarnya dengan paket data, pulsa, dan beragam hal lainnya di PANG STORE.

Promogo

PROMOGO 800X450

Satu lagi startup tanah air yang menyediakan platform iklan luar ruangan, yaitu Promogo. Mereka akan menghubungkan pengemudi dengan perusahaan yang ingin beriklan. Mobil kamu dapat dibungkus dengan stiker dalam tiga pilihan: body wrap (iklan yang membungkus sisi mobil, membungkus setengah bagian mobil, atau stiker yang membungkus keseluruhan mobil). Kamu juga dapat memilih untuk menempelkan iklan di kaca belakang (rear windshield) atau iklan di dalam mobil (indoor ads).

Sebagai pengemudi, nantinya kamu akan dibayar per kilometer jarak yang telah ditempuh. Startup ini menggunakan teknologi pelacakan dengan GPS, sehingga pemasang iklan pun dapat memonitor posisi pengemudi, rute mobil, jarak yang sudah dijangkau, serta jumlah pengeluaran.

Partipost

Screen Shot 2017-09-25 at 10.19.58 PM

Salah satu strategi pemasaran perusahaan agar dikenal adalah dengan membuat campaign. Bagi kamu pengguna Instagram dan Facebook, kamu berkesempatan untuk mengikuti kampanye milik sebuah merek atau perusahaan lewat Partipost. Kampanye yang ada dapat berupa mengunjungi kafe, menulis ulasan, mengunggah swafoto, atau mencoba pakaian baru.

Kamu dapat memilih sendiri kampanye apa yang akan kamu ikuti. Setelah terpilih, kamu harus mengunggah kiriman seperti ketentuan kampanye tersebut agar memperoleh persetujuan. Setelah kiriman kamu lolos seleksi, saatnya mengunggah foto tersebut di media sosial. Kamu harus melalui proses tersebut hingga akhirnya memperoleh pendapatan, yang akan disesuaikan dengan jumlah like, komentar, tagar, dan yang membagikan unggahanmu.

GigaGigs

GIGAGIGS 800X450

Startup asal Malaysia, GigaGigs, memungkinkan kamu untuk menemukan tugas-tugas kecil yang berada di sekitar lokasimu, misalnya mengisi survei konsumen, mengecek barang di tempat perbelanjaan, atau mencoba suatu produk. Tugas-tugas tersebut tidak sulit, menyenangkan, sederhana, dan dapat dilakukan di waktu luang. Setelah tugas tersebut terpenuhi kamu akan mendapatkan uang dan berbagai imbalan lainnya.

Markedshot

MARKEDSHOT 800X450

Berburu foto bagi para fotografer menjadi kesempatan untuk mengasah kemampuan memotret. Setelah berhasil menghasilkan banyak foto, sering kali foto-foto tersebut banyak yang hanya mendekam di kartu memori. Markedshot dapat membantu kamu memberdayakan foto-foto tersebut.

Startup ini menyediakan sejumlah stok foto yang dapat dipakai para penggunanya. Fotografer dapat mengunggah foto untuk menyuplai stok tersebut dan memonetisasi hasil karyanya. Pengguna dapat membuat photo challenge ketika tidak menemukan foto yang diinginkan, kemudian fotografer akan berlomba-lomba menyelesaikan tantangan tersebut.

instaPorta

INSTAPORTA 800x450

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan paid promote yang marak di Instagram. Tarifnya pun bisa dibilang fantastis. Seorang “artis Instagram” ternama atau celebgram masing-masing memiliki tarif yang berbeda, berkisar dari Rp50.000 hingga Rp25 juta. Namun, biasanya yang mendapatkan endorsement hanyalah mereka yang sudah terkenal. Kini, kamu juga bisa seperti mereka lewat instaPorta yang akan membantu celebgram menemukan perusahaan yang ingin beriklan.

Ketika menggunakan instaPorta, endorser tidak perlu berkomunikasi secara langsung dengan masing-masing pemasang iklan. Hal ini tentu akan memudahkan endorser agar fokus menghasilkan konten. Skala startup ini pun sudah internasional, sehingga kamu bisa saja mendapatkan endorse dari perusahaan luar negeri.

PunyaTemen

PUNYATEMEN 800X450

Indonesia merupakan salah satu negara di mana warganya gemar untuk menyimpan barang yang tidak terpakai. Akibatnya, kamu tentu kehabisan tempat untuk menaruh barang-barang tersebut. Demi memanfaatkan benda-benda yang sudah tak terpakai atau jarang dipakai, kamu dapat meminjamkan atau menyewakannya lewat PunyaTemen.

Kamu hanya perlu memasang barang yang akan kamu pinjamkan di laman mereka dan menetapkan tarif yang diinginkan. Platform PunyaTemen bertujuan agar biaya hidup menjadi lebih efektif, green living, dan bersosialisasi dengan lebih banyak orang.

Circledoo

CIRCLEDOO 800X450

Keahlian kamu dapat kamu manfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Salah satu pilihannya adalah dengan bergabung di platform berbagi skill dan ilmu Circledoo. Selain berbagi ilmu, kamu juga memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan banyak orang.

Mereka membagi user mereka menjadi dua, yaitu member dan owner. Sebagai owner kamu berkesempatan mengadakan meetup offline atau ruang mengajar (circle) untuk membagikan keahlianmu. Nantinya, para member yang akan menghadiri pertemuan tersebut dan membayar harga tiket yang telah ditetapkan oleh pemilik masing-masing pertemuan.

Orent

ORENT 800X450

Bisnis sewa-menyewa pun sekarang lebih mudah dengan hadirnya Orent. Startup penyewaan barang yang berlokasi di Bandung ini memiliki lima kategori barang yang dapat disewakan, yaitu mobil, motor, perlengkapan elektronik, perlengkapan bayi, serta kos dan kontrakan.

Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran jika menggunakan aplikasi Orent untuk bisnis penyewaan barang. Pengguna cukup mencari barang yang diinginkan di aplikasi tersebut.

Pamerkan startup milikmu di #tiajakarta2017

Jika startup kamu bergerak di bidang yang sama seperti di atas, inilah kesempatan emas bagimu untuk unjuk gigi. Mari bergabung bersama lebih dari seratus startup industri vertikal lainnya di segmen Bootstrap Alley dalam perhelatan akbar Tech in Asia Jakarta 2017.

Pendaftaran dibuka sampai 6 Oktober mendatang. Sebelum kehabisan tempat, jangan lupa mendaftar ya!

TIA JKT 2017 | Button

Tak perlu berkecil hati bila kamu belum memiliki startup untuk dipamerkan. Kamu tetap dapat ikut serta menjadi peserta dan siapa tahu, mendapatkan inspirasi untuk membangun startup milikmu sendiri suatu hari kelak. Yuk, pesan tiketmu dan bergabung bersama lebih dari 6.000 peserta lainnya! Gunakan kode ‘tiajkt10‘ untuk diskon pembelian tiket sebesar 10 persen. Promo hanya berlaku sampai 13 Oktober 2017 pukul 23:59 WIB.

(Diedit oleh Septa Mellina)



The post Produk dari 10 Startup ini Memungkinkan Kamu Mendapatkan Uang Tambahan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi