Ritase Bantu Pengusaha Sewa Truk Dapatkan Order Lebih Banyak lewat Aplikasi


Founder: Iman Kusnadi
Industri: logistik
Status pendanaan: telah menerima pra Seri A

  • Platform dan aplikasi Ritase memungkinkan pihak pengirim barang yang butuh truk besar untuk terhubung dengan para pemilik serta pengemudi truk secara langsung.
  • Para pengemudi bisa mengumpulkan poin reward yang dapat ditukar dengan sejumlah benefit tertentu untuk menunjang operasional sehari-hari.

button ulasan startup


Selama puluhan tahun berkecimpung di bisnis logistik, Iman Kusnadi mengklaim belum melihat ada perusahaan penyedia sewa truk yang menggunakan transport management system (TMS) agar lebih produktif mendapatkan order. Di sisi lain, pihak pelanggan jasa pengiriman dengan truk besar ingin armada yang mampu mengirimkan produk dengan tepat waktu.

Karena itu, pada tahun 2017 Iman Kusnadi memperkenalkan platform bernama Ritase. Platform yang mengusung konsep business to business (B2B) ini menghubungkan pengirim barang dengan pengantar barang secara real time.

Melalui Ritase, perusahaan sewa truk atau pihak pengantar barang bisa menerima order melalui aplikasi mobile. Mereka juga bisa memonitor status barang yang dikirim menggunakan fitur Database Driver.

Ritase | Photo

Beragam fitur untuk pengemudi dan pengirim

Dari sisi para pengemudi truk, mereka diberikan fitur Multi Drop Off di aplikasi untuk mempermudah pekerjaan masing-masing. Pengemudi bisa memilih mau mengantar barang ke tempat mana dulu berdasarkan perhitungannya di lapangan, terkait kondisi jalan ataupun proses unloading.

Di pihak pengirim barang, pelanggan dibekali dashboard dengan fitur Live Tracking untuk mengetahui kabar terkini terkait posisi armada yang mengirimkan barang. Para pengirim juga bisa memantau status order masing-masing, dan melihat informasi detil proses pengiriman barang.

Ritase memiliki konsep B2B karena kami melihat truk di Indonesia butuh teknologi. Teknologinya adalah transport management system.

Iman Kusnadi,
Founder dan CEO Ritase

Saat ini Ritase tengah berusaha menambah perusahaan sewa truk agar menjadi mitra. Dengan semakin banyak mitra, Iman berharap semua stakeholder dari pihak pengirim barang bisa dimudahkan untuk mendapatkan truk secara cepat dan bisa diandalkan.

Ritase mampu mengajak sejumlah pengusaha truk bergabung dengan total armada sebanyak 5.500 truk dan sekitar 6.000 pengemudi hingga pada tahun 2017. Untuk jenis truk, Ritase lebih fokus menyediakan truk berukuran besar seperti model Fuso, Tronton, ataupun Wingbox.

CEO & Founder Ritase, Iman Kusnadi | Photo

Adapun dalam mengembangkan bisnisnya, Ritase melakukan monetisasi dari sistem komisi per transaksi. “Komisi tergantung dari jumlah transaksi. Saya tak bisa ungkapkan sekarang karena itu tergantung dari volume  barang pengirim,” tuturnya.

Berikan reward poin pada sopir truk

Sebagai bentuk apresiasi pada sopir truk yang menjalankan tugas dengan benar dan tepat waktu, Ritase menyediakan sistem reward berupa poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah seperti pulsa seluler, voucer makan di restoran cepat saji, hingga sepeda motor.

Meski menyediakan sejumlah reward, Ritase saat ini belum menyediakan opsi untuk menukar poin dengan uang. Iman menjelaskan pihaknya tak mau memanjakan sopir truk dengan memberikan penukaran berbentuk uang. Menurutnya, sistem reward yang ada saat ini bersifat menunjang kebutuhan dari sopir truk itu sendiri.

CEO & Founder Ritase, Iman Kusnadi | Photo

“Ke depannya, begitu ekosistem ini established, kami ingin berikan semacam kredit mobil atau kredit truk. Sehingga dari pengemudi bisa menjadi pemilik truk,” ujar Iman.

Saat ini ada beberapa pihak yang juga menyediakan layanan pengelolaan armada. Beberapa contoh pihak lain yang menyediakan solusi fleet management seperti Telkomsel, Indosat, hingga PT Digitalinstincts Teknologi (DIT). Kesemuanya lebih fokus pada solusi fleet management yang bisa digunakan untuk perusahaan transportasi ataupun logistik yang telah memiliki sistem sendiri.

Sedangkan Ritase, lebih membidik pengusaha truk yang tergolong UKM. Mereka ingin menghubungkan langsung antara pengantar barang dan pengirim barang.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Ritase Bantu Pengusaha Sewa Truk Dapatkan Order Lebih Banyak lewat Aplikasi appeared first on Tech in Asia.

The post Ritase Bantu Pengusaha Sewa Truk Dapatkan Order Lebih Banyak lewat Aplikasi appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi