Salim Group Dirikan Platform E-commerce IDMarco untuk Garap Pasar Retail


Ikhtisar
  • IDMarco tidak memosisikan diri sebagai perusahaan teknologi, melainkan usaha retail yang memanfaatkan teknologi untuk menyediakan layanannya.
  • Mereka akan fokus melayani toko-toko kecil, warung, hingga hotel, restoran, dan kafe yang menjual barang dagangannya ke konsumen akhir.
  • IDMarco juga telah menyediakan aplikasi mobile untuk mempermudah para pelanggannya mengakses layanan.

Pada tahun 2017 lalu, Salim Group membuka unit usaha baru berupa platform e-commerce bernama IDMarco. Unit usaha ini didirikan untuk melengkapi bisnis yang sudah dijalankan oleh unit usaha Salim Group lain, yakni Indomarco Adi Prima.

Menurut Regan Dwinanda, VP Marketing and Business Development IDMarco, kedua unit usaha tersebut memiliki segmen yang sedikit berbeda. Indomarco Adi Prima merupakan distributor nasional yang menjual langsung beragam produk ritel ke toko-toko grosir besar. “IDMarco ingin melengkapi segmen yang belum digarap dengan baik oleh grup. Jadi kami menggarap yang toko-toko kecil itu,” ujarnya.

VP Marketing and Business Development IDMARCO.com, Regan Dwinanda, memberikan penjelasan mengenai bisnis perusahaan.

Incar segmen berbeda dari marketplace online lain

Saat ini, terdapat platform marketplace online lain yang menyediakan fitur penjualan grosir bagi penggunanya, seperti Bukalapak yang menyediakan fitur Grosir sejak 2015. Meski begitu, Regan menilai pihaknya memiliki target segmen yang berbeda, karena mereka tak bermain di model bisnis consumer to consumer (C2C).

“Kalau mereka meskipun ada yang menjual grosir, tapi sebagian besar penggunanya kan end customer, jadinya C2C. Kalau kami menjual grosir ke toko ritel, yang mereka beli untuk dijual lagi atau diolah menjadi masakan kemudian baru dijual,” tuturnya.

Regan menambahkan, marketplace lain pada umumnya merupakan perusahaan teknologi yang juga menyediakan produk ritel. “Sedangkan kami tidak menempatkan posisi sebagai perusahaan teknologi. Tapi sebagai perusahaan retail grosir yang menggunakan teknologi untuk mempermudah dan menjangkau konsumen,” ucapnya.

Mempermudah akses pelanggan lewat aplikasi

Pada 21 Maret 2018 lalu, IDMarco merayakan ulang tahun pertama mereka sekaligus mengumumkan peluncuran aplikasi mobile bagi pengguna Android.

Dengan adanya aplikasi mobile, tentu akan memudahkan konsumen melakukan transaksi dan memperoleh layanan di IDMARCO.

Regan Dwinanda,
VP Marketing and Business Development IDMarco

IDMarco menyediakan aplikasi mobile setelah melihat ada sebanyak 76,2 persen pelanggan yang mengakses platform mereka melalui smartphone. Aplikasi ini juga sebagai bentuk upaya IDMarco mempermudah pelanggan yang tak sempat mengakses platform mereka melalui situs web versi desktop.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Salim Group Dirikan Platform E-commerce IDMarco untuk Garap Pasar Retail appeared first on Tech in Asia.

The post Salim Group Dirikan Platform E-commerce IDMarco untuk Garap Pasar Retail appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi