Sediakan Solusi Mobile Wallet, MatchMove Bantu Perusahaan Membuat Dompet Digital


Ikhtisar
  • MatchMove merupakan platform yang membantu perusahaan mana pun untuk membuat dompet digital.
  • MatchMove menggandeng Mastercard dan UnionPay, sehingga produk dompet digital yang dibangun oleh klien mereka nantinya bisa digunakan untuk bertransaksi di berbagai negara.
  • MatchMove melakukan monetisasi melalui komisi lisensi dan komisi transaksi dari klien-klien mereka.

Pada tanggal 20 November 2017 kemarin, PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN), PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), dan MatchMove Pay Pte Ltd (MMP) resmi berkolaborasi melalui PT MatchMove Indonesia, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan solusi mobile wallet.

Dalam presentasi awalnya, Shailesh Naik selaku CEO MMP menjelaskan bahwa apa yang ditawarkan MatchMove Indonesia tidak sama seperti platform dompet digital (e-wallet) lainnya seperti DOKU Wallet, Uangku, T-Cash, maupun PayPro.

Menurutnya MatchMove justru membantu perusahaan mana pun untuk membuat dompet digital mereka sendiri melalui platform mereka.

Jajaran direksi PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN), PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), dan MatchMove Pay Pte Ltd (MMP) berfoto bersama usai acara peresmian kolaborasi melalui PT MatchMove Indonesia.

Dengan membangun layanan dompet digital melalui MatchMove, maka sebuah perusahaan tak perlu lagi repot melakukan uji coba berulang kali atau mengurus perizinan terkait lisensi uang elektronik (e-money). MatchMove sendiri menggandeng Mastercard dan UnionPay, sehingga produk dompet digital yang dibangun oleh klien mereka nantinya bisa digunakan untuk bertransaksi di berbagai negara.

Beberapa dompet digital lokal tak bisa digunakan ketika penggunanya ingin berbelanja di luar negeri atau ingin membeli sesuatu melalui situs luar negeri. Jika dompet digital ini dibangun di atas platform MatchMove, maka dompet digital itu bisa digunakan untuk bertransaksi di banyak negara dengan dukungan jaringan Mastercard dan UnionPay, tanpa harus memiliki kartu kredit

Shailesh Naik,
CEO MMP

Senada dengan Naik, Suryandy Jahja selaku Managing Director KREN mengibaratkan MatchMove seperti perusahaan Boeing atau Airbus yang memproduksi pesawat di industri penerbangan. Selanjutnya, pesawat produksi dua perusahaan ini dibeli oleh berbagai maskapai dan dilabeli brand mereka masing-masing. MatchMove, kata Suryandy, merupakan platform yang memproduksi dompet digital dan mengintegrasikannya ke berbagai merchant di seluruh dunia.

Tak hanya dompet digital, perusahaan yang menjadi klien MatchMove, misalnya seperti dari industri perbankan, juga bisa mengintegrasikan produk kartu yang mereka miliki ke jaringan MatchMove.

Dan yang sangat penting itu konektivitas. Dengan kartu yang sama, dompet digital yang sama, bisa dipakai di Singapura, Amerika, UK, Australia, karena kami bekerja sama dengan Mastercard. Dengan MatchMove, merchant yang ada otomatis tersambung

Suryandy Jahja,
Managing Director KREN

Disinggung soal monetisasi, Naik menjelaskan bahwa MatchMove mengusung model business to business (B2B) dan melakukan monetisasi melalui komisi lisensi dan komisi transaksi dari klien-klien mereka.

Namun berapa besaran komisi yang mereka kenakan, Naik tak menjelaskannya lebih lanjut. “Lebih murah dibanding penyedia solusi sejenis lainnya,” ucapnya.

Adapun MatchMove memang bukan satu-satunya platform yang menyediakan solusi seperti ini. Di luar negeri, ada Obopay yang menyediakan layanan hampir serupa dengan MatchMove.

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post Sediakan Solusi Mobile Wallet, MatchMove Bantu Perusahaan Membuat Dompet Digital appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi