Stellar Kapital, VC Tanah Air yang Siap Beri Pendanaan untuk Startup Tahap Awal Hingga Seri B


Ikhtisar

  • Empat tahun berselang dari pengucuran dana investasi pertama, Stellar Kapital kembali meluncurkan dana investasi baru sebesar US$25 juta (sekitar Rp352 miliar).
  • Kucuran dana investasi terbaru Stellar sendiri akan berfokus pada startup teknologi di tahap seed funding (pendanaan tahap awal), dan pendanaan Seri B.

Pada tahun 2018 ini, perusahaan modal ventura tanah air yang bernama Stellar Kapital mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan dana investasi terbaru yang bernama Stellar Tech Fund II. Berbeda dengan dana investasi pertama mereka yang hanya berjumlah US$10 juta (sekitar Rp140 miliar), dana investasi kedua ini diharapkan bisa menembus angka US$25 juta (sekitar Rp352 miliar).

Dana investasi tersebut rencananya akan diberikan kepada startup teknologi di Indonesia di tahap awal (seed funding) hingga Seri B.

Ada beberapa hal lain yang membedakan dana investasi kedua ini dengan Stellar Tech Fund I yang mereka kelola sejak tahun 2014 hingga tahun 2017:

  • Jumlah dana investasi Stellar Tech Fund II yang lebih besar.
  • Untuk dana investasi pertama, Stellar Kapital lebih fokus pada bisnis konvensional. Sedangkan untuk dana investasi kedua ini mereka berniat lebih fokus pada startup teknologi.
  • Dana investasi pertama berhasil mereka dapat dari teman dan individu tertentu. Untuk dana investasi kedua ini, mereka menargetkan untuk bisa mendapat dana dari investor berupa perusahaan.
  • Startup yang mendapat investasi dari dana investasi pertama diperlakukan sebagai perusahaan yang terpisah. Sedangkan untuk dana investasi kedua ini, Stellar Kapital lebih ingin berperan sebagai mitra strategis yang bisa membantu perkembangan mereka.
  • Dana investasi pertama Stellar Kapital fokus pada tahap angel investing dan Pra-Seri A, sedangkan untuk dana investasi kedua mereka akan fokus pada tahap seed funding dan Seri B.

Stellar Kapital sendiri merupakan perusahaan modal ventura yang bisa memberikan pendanaan mulai dari US$200 ribu (Rp2,8 miliar) hingga US$1 juta (Rp14 miliar). Mereka merupakan investor di balik beberapa startup tanah air, seperti UangTeman, Sepulsa, DanaNikah, RajaMobil, Tado, Pomona, Travelio, hingga JPx.

Selain itu, mereka juga merupakan investor dari co-working space Freeware Spaces, serta beberapa perusahaan konvensional di bidang pertambangan, perkebunan, dan pengelolaan parkir. Co-Founder dan Chairman Stellar Kapital Aditya Keo Santoso, memberikan pernyataan terkait arah investasi mereka.

Kami memiliki fleksibilitas yang unik. Kami dapat berinvestasi pada startup dengan pemasukan yang stabil dengan pertumbuhan lambat, serta startup dengan pemasukan awal yang rendah dengan potensi pertumbuhan tinggi.

Stellar Kapital dijalankan oleh beberapa orang Partner yang mempunyai pengalaman di bidang investasi, hukum, dan industri energi, seperti Aditya, Rendy Soedarjo, William Muliawan, dan Nigel Khoo.

Kehadiran Stellar Kapital sendiri seperti menambah banyak investor untuk pendanaan Seri B di tanah air, yang baru-baru ini telah diramaikan dengan kehadiran EV Growth dan B Capital.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

This post Stellar Kapital, VC Tanah Air yang Siap Beri Pendanaan untuk Startup Tahap Awal Hingga Seri B appeared first on Tech in Asia.

The post Stellar Kapital, VC Tanah Air yang Siap Beri Pendanaan untuk Startup Tahap Awal Hingga Seri B appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi