Strategi EmasDigi Bersaing dengan Kompetitor di Ranah Jual Beli Emas Digital


Founder: Claudia Kolonas
Industri: layanan jual beli emas online
Status pendanaan: tidak disebutkan

  • EmasDigi menyediakan enam fitur yang mempermudah para penggunanya bertransaksi emas melalui aplikasi mobile.
  • Mereka telah berafiliasi dengan PT PG Berjangka yang telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi dan seluruh transaksi pengguna tercatat di Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia.

button ulasan startup


Ketika mengambil gelar MBA di Harvard University, Claudia Kolonas banyak belajar mengenai inklusi keuangan dan keunggulan emas sebagai produk investasi untuk negara-negara dengan mata uang yang fluktuatif. Pada waktu yang sama, ia bertemu dengan Iwan Tjam selaku CEO Indomog yang mengembangkan bisnis solusi pembayaran online untuk pembelian voucer digital.

Pertemuan tersebut membuat Claudia terpikir untuk mengembangkan platform yang memungkinkan penggunanya melakukan transaksi jual beli emas secara digital. Sehingga 25 April 2018 lalu, Claudia resmi memperkenalkan startup besutannya yang bernama EmasDigi.

kiri ke kanan: Damien Ngai, Country Manager EmasDigi; Ricky Aldien, Senior VP Consumer product DOKU; Claudia Kolonas, Founder dan CEO EmasDigi; Mr. Lamon Rutten, Direktur Utama ICDX

Melalui aplikasi EmasDigi, pengguna bisa melakukan beberapa hal terkait transaksi emas digital yakni:

  • Beli emas: pembelian emas tersedia mulai dari harga Rp5.000.
  • Jual emas: menjual emas lewat aplikasi mobile dan mentransfer uangnya ke rekening bank.
  • Kirim emas: memberikan emas digital miliknya kepada teman atau kerabat dengan cara mentransfer gram emas dari saldo akun EmasDigi.
  • Tagih emas: melakukan permintaan transfer gram emas kepada pengguna lain.
  • Tarik emas: melakukan penarikan saldo gram emas virtual menjadi emas batangan.
  • Cari lokasi: membantu pengguna menemukan lokasi toko emas terdekat sebagai tempat penarikan emas fisik.

Untuk mendukung transaksi jual beli emas digital, EmasDigi telah dilengkapi fitur GoDompet, sehingga pengguna bisa melakukan top up saldo untuk membeli emas. Untuk melakukan top up, pengguna bisa melakukannya melalui transfer bank, menukar voucer, ataupun melalui DOKU e-wallet.

Kami juga menawarkan produk Cicilan Emas dengan jangka waktu hingga 36 bulan. Nasabah menerima gram emas di depan dengan pinjaman dari kami.

Claudia Kolonas,
Founder EmasDigi

Transaksi konsumen terdaftar di Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia

Saat ini ada beberapa platform yang menyediakan layanan jual beli emas secara digital. IndoGold menawarkan jual beli emas di platformnya sendiri, serta bekerja sama dengan Bukalapak untuk produk BukaEmas. Ada pula Tokopedia yang menggandeng ORORI, hingga Tamasia yang juga menawarkan layanan serupa.

Claudia menuturkan EmasDigi memiliki afiliasi dengan PT PG Berjangka yang terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi sebagai bentuk penegasan terhadap perlindungan konsumen. Selain itu, kata Claudia, seluruh transaksi konsumen akan terdaftar di Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia sebagai tempat transaksi perdagangan berjangka.

“Banyak persepsi salah yang beredar mengenai investasi emas. Karena itu, transparansi dan pengawasan produk sangat penting untuk pengembangan bisnis kami,” ujar Claudia. “Kami juga bisa menawarkan likuiditas yang tinggi dibanding kompetitor.”

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan; Sumber gambar: EmasDigi)

This post Strategi EmasDigi Bersaing dengan Kompetitor di Ranah Jual Beli Emas Digital appeared first on Tech in Asia.

The post Strategi EmasDigi Bersaing dengan Kompetitor di Ranah Jual Beli Emas Digital appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi