UnionSpace Buka Co-working Space Khusus Fintech, Apa Alasannya?


Ikhtisar
  • Co-working space khusus untuk fintech ini disebut Fintech Space.
  • Fintech Space akan berlokasi di Satrio Tower dan akan dibuka pada Juni mendatang.
  • Fintech Space bakal menjadi tempat terselenggaranya sejumlah aktivitas komunitas fintech dalam bentuk sesi edukasi dan berbagi pengetahuan.
  • Setelah Fintech Space, UnionSpace berencana membuka Media Space, co-working space yang dikhususkan untuk pelaku industri hiburan.

Pada tanggal 18 Januari 2018 lalu, UnionSpace  dan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) mengumumkan bahwa mereka akan membuka co-working space khusus untuk pelaku fintech pada Juni 2018Co-working space yang disebut Fintech Space tersebut berlokasi di Satrio Tower.

Menurut Co-Founder UnionSpace, Erwin Soerjadi, pihaknya memutuskan membuka Fintech Space karena:

  • industri fintech dinilai paling rumit dan membutuhkan legalitas yang paling banyak.
  • Regulasi untuk industri fintech juga sangat ketat lantaran mendapat pengawasan dari Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Bersama dengan AFTECH, kami ingin orang-orang tidak takut terjun ke dunia fintech. Selain itu, fintech merupakan bidang startup yang diminati investor dan paling cemerlang. Lewat Fintech Space, mereka bisa lebih jelas melihat aturannya seperti apa,” ujar Erwin.

Logo UnionSpace

Senada dengan Erwin, Ketua Umum AFTECH, Niki Luhur, mengatakan Fintech Space akan menjadi tempat terselenggaranya sejumlah aktivitas komunitas fintech dalam bentuk sesi edukasi dan berbagi pengetahuan demi mendukung peningkatan kapasitas para pelaku usaha.

Niki berharap Fintech Space dapat menjadi tempat berkolaborasi, bertukar gagasan dan solusi, sarana untuk melahirkan inovasi-inovasi baru, serta menjadi pusat pengembangan jaringan untuk mempercepat pertumbuhan industri fintech di Indonesia.

“Ruang publik semacam ini dibutuhkan untuk membantu mengakselerasi kerja para pelaku fintech, agar dapat memenuhi prioritas agenda inklusi keuangan nasional yaitu membuka akses layanan keuangan sedikitnya kepada 75 persen penduduk Indonesia,” kata Niki.

Siapkan Media Space dan Culinary Space

CEO UnionSpace, Albert Goh

Fintech Space merupakan langkah awal yang dilakukan UnionSpace dalam membuka co-working khusus untuk bidang startup tertentu. Setelah Fintech Space, UnionSpace berencana membuka Media Space, co-working space yang dikhususkan untuk pelaku industri hiburan.

Erwin menjelaskan pihaknya melihat Indonesia membutuhkan suatu ruang seperti Media Space. Hal itu karena ia melihat telah terjadi transisi dalam dunia hiburan saat ini.

“Dulu bikin film harus dimulai dengan peralatan mahal, lighting dan sebagainya. Sekarang pakai iPhone pun jadi. Tapi memakai iPhone pun ada cara-caranya supaya hasilnya tetap maksimal,” ujar Erwin.

Melalui Media Space, kata Erwin, pihaknya ingin mengolaborasikan antara dunia perfilman sesungguhnya dengan artis-artis Youtuber dan vlogger. Menurutnya, Youtuber maupun vlogger sebenarnya tertarik berkarya dalam bidang industri yang sama, sehingga pihaknya terpikir untuk mengolaborasikan mereka semua.

“Media Space ini enggak cuma perfilman. Bisa juga untuk yang menyanyikan lagu, mixing musik,” ucapnya.

Mengenai Culinary Space, Erwin belum bisa menjelaskannya lebih lanjut. Namun yang pasti Culinary Space akan menjembatani mereka yang memiliki bisnis kuliner agar bisa naik kelas dari pengusaha rumahan. Pada Culinary Space, pihaknya juga akan menghadirkan para ahli kuliner seperti koki-koki terbaik untuk memberikan saran dan mengajarkan skill yang dibutuhkan.

“Karena rata-rata orang membuat bisnis kuliner ini masih pakai dapur rumah. Terlalu basic menurut saya. Bukan berarti harus gunakan alat-alat mahal demi membuat produk yang enak. Kami lagi cari jalan tengahnya apa yang mereka butuhkan agar bisa naik kelas tapi juga tidak membutuhkan biaya yang memberatkan mereka,” tuturnya.

Adapun UnionSpace merupakan salah satu penyedia co-working space di Indonesia. Selain UnionSpace, ada juga GoWork, Concrete, Rework, Conclave, Block71, EV Hive, hingga Kenobi Space yang juga berbisnis di bidang co-working space.

(Diedit oleh Septa Mellina)

This post UnionSpace Buka Co-working Space Khusus Fintech, Apa Alasannya? appeared first on Tech in Asia.

The post UnionSpace Buka Co-working Space Khusus Fintech, Apa Alasannya? appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi