Vexanium Hendak Bangun Platform Voucer Diskon Digital Berbasis Blockchain


Founder: Danny Baskara, Robin Jang
Industri: platform voucer diskon
Status pendanaan: telah menerima pendanaan dari beberapa angel investor

  • Danny Baskara telah berkecimpung di dunia pemasaran voucer digital melalui platform Evoucher yang ia dirikan pada tahun 2010.
  • Tak hanya bisa membagikan voucer digital, Vexanium nantinya juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas airdrop bagi perusahaan blockchain lain di masa depan.
  • Vexanium berencana menggalang pendanaan melalui initial coin offering, dengan merilis token VEX yang dapat diperjualbelikan ketika platform buatannya telah beroperasi.

button ulasan startup


Sejak tahun 2010, Danny Baskara telah mendirikan platform penjualan voucer dan kupon diskon bernama Evoucher. Platform tersebut telah berhasil memiliki lebih dari dua juta pengguna aktif per April 2018.

Seiring berjalannya waktu, Danny pun melirik sebuah teknologi baru yang bernama blockchain. Menurutnya, sistem terdesentralisasi yang diusung blockchain bisa memecahkan masalah mendasar dalam industri pemasaran yang sebelumnya ia coba pecahkan dengan Evoucher.

Itulah mengapa sejak akhir 2017, Danny bersama rekannya Robin Jang mendirikan sebuah startup baru bernama Vexanium. Robin merupakan mantan Head of Operations di platform iklan lock screen Cashtree, dan saat ini juga memegang peran sebagai Chief Information Officer di platform jual beli cryptocurrency Coinone Indonesia.

Mempermudah perusahaan membuat dan membagikan voucer

Vexanium | Sistem

Seperti layaknya startup blockchain lain, Vexanium juga menghadirkan sebuah token cryptocurrency bernama VEX yang bisa diperjualbelikan. Token tersebut akan menjadi semacam “mata uang” untuk semua aktivitas di dalam Vexanium.

Beberapa hal yang bisa dilakukan pengguna dan perusahaan yang ingin mengadakan promosi di Vexanium, antara lain:

  • Perusahaan A ingin membagikan voucer. Mereka hanya perlu membuat token baru bernama VEX-A dengan membayar sejumlah token VEX. Sistem Vexanium secara otomatis akan membagikan token VEX-A kepada pengguna yang sesuai dengan target promosi perusahaan A.
  • Pengguna B ingin menggunakan voucer VEX-A. Ia hanya perlu menunjukkan QR Code yang ada di aplikasi Vexanium kepada kasir. Setelah kasir memindai kode, ia pun bisa langsung mendapatkan diskon.
  • Pengguna C mendapatkan voucer VEX-A tapi tidak ingin menggunakannya. Ia bisa menjual voucer tersebut kepada pengguna D, dan mendapat token umum VEX sebagai gantinya.

Vexanium pun bisa dimanfaatkan oleh perusahaan blockchain lain yang ingin membagi-bagikan token (airdrop) dengan mekanisme seperti di atas. Sistem seperti ini dianggap bisa meningkatkan efisiensi dan menghemat biaya dalam bisnis pemasaran.

Didukung para founder startup terkenal tanah air

Vexanium | Screenshot

Vexanium telah didukung beberapa angel investor yang merupakan founder startup terkenal tanah air, seperti founder Ralali Joseph Aditya dan founder Touchten Anton Soeharyo. Selain mereka, ada juga founder PicMix Calvin Kizana, founder Loket Edi Sulistyo, dan founder Berrybenka Jason Lamuda yang bergabung sebagai penasihat.

Platform Vexanium baru akan selesai dibuat pada akhir tahun 2018. Selama April dan Mei 2018, mereka juga tengah melakukan penggalangan dana dengan mekanisme initial coin offering (ICO), yang menargetkan untuk bisa mendapat 20.000 Ethereum.

Dengan kurs per 24 April 2018, jumlah tersebut setara dengan Rp185 miliar. Hal ini pun menjadikan Vexanium sebagai perusahaan ketiga di Indonesia yang menggalang dana dengan ICO, setelah Tokenomy dan Pundi X.

Setelah proses ICO selesai, token VEX yang dibuat Vexanium pun bisa langsung diperjualbelikan di platform Indodax (sebelumnya bernama Bitcoin Indonesia).


Di Indonesia sendiri telah banyak platform yang bisa memberikan voucer seperti Fave dan Lakupon. Baru-baru ini, platform baru asal luar negeri yang bernama Cuponation pun telah hadir di tanah air. Bisnis tersebut pun diramaikan oleh platform yang bisa memberikan cashback seperti Shopback dan VIPDiskon.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan; Sumber gambar: OnimodGlobal)

This post Vexanium Hendak Bangun Platform Voucer Diskon Digital Berbasis Blockchain appeared first on Tech in Asia.

The post Vexanium Hendak Bangun Platform Voucer Diskon Digital Berbasis Blockchain appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi