Workshop Seni Merangkai Bunga Jepang “Ikebana”

Tanggal 12 Desember 2018, Program Studi Sastra Jepang Universitas Al Azhar menyelanggarakan kegiatan Workshop Seni Merangkai Bunga Jepang “Ikebana”. Workshop ini dibantu oleh voluntir dari Jepang, Ibu Kawai Reiko. Workshop kali ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai budaya Jepang, dengan melihat, menyentuh, dan merasakan secara langsung. Kali ini tema yang diangkat adalah “Ikebana”.

Pada kesempatan ini mahasiswa tidak hanya mempraktekan membuat rangkaian bunga (Ikebana), akan tetapi juga belajar sejarah dan filosofi dari seni merangkan bunga Jepang “Ikebana”. Aliran seni merangkai bunga yang dipelajari adalah aliran “Ikenobo” yang merukapan aliran ikebana terbesar di Jepang, sedangkan gaya yang dipraktekan kali ini adalah gaya bebas atau disebut “Moribana”.

Di akhir acara diadakan lomba rangkaian bunga terbaik, yang dimenangkan oleh grup Hilda Indriani, Nur Iftita Fitri, Bella Chyntia Nurani, Arina Manasikana, Astasyah Alif, Airyn Azzahra Hidayati, Meggah Tri Sakti.




Source: Berita Kampus