5 Value yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Komunitas Startup

  • life

Meski sudah banyak pelaku startup yang terhubung dalam komunitas baik lokal maupun internasional, masih ada sekelompok orang yang masih ragu untuk bergabung. Beberapa alasan yang mereka kemukakan adalah:

  • Minimnya waktu untuk berdiskusi
  • Tidak ingin dikirimi banyak e-mail
  • Merasa startup mereka unik
  • Isu pencurian ide

Tentu hal tersebut tidaklah benar. Komunitas startup merupakan sekelompok pelaku startup dari berbagai profesi seperti founder, investor, atau developer yang fokus mempercepat inovasi industri.

Menjadi bagian dari komunitas akan membantumu menemukan inspirasi dan melakukan perubahan untuk bisnismu sendiri. Menjadi bagian dari komunitas akan membantumu menemukan inspirasi dan melakukan perubahan untuk bisnismu sendiri.

Apabila kamu seorang founder, developer, investor, corporate profesional ataupun pelajar, tidak ada salahnya menginvestasikan waktumu bersama komunitas. Sebab setidaknya ada lima value yang hanya bisa kamu dapatkan bila bergabung di komunitas startup.

Menemukan partner bisnis potensial

komunitas startup

Sumber: 123RF

Para founder dan developer sering kali kesulitan menemukan rekan bisnis yang sesuai. Sama halnya dengan perusahaan korporasi yang tengah mencari startup potensial untuk bekerja sama.

Kebutuhan tersebut sebetulnya dapat dipenuhi bila kamu bergabung dengan komunitas. Beragamnya anggota, tidak hanya memberikanmu banyak perspektif baru tapi juga kemungkinan yang lebih besar untuk menemukan partner bisnis yang tepat. Komunitas dapat menjadi sarana penghubung bisnis sekaligus memfasilitasi kerja sama yang menguntungkan.

Wadah belajar langsung dari ahlinya

Khususnya bagi kamu yang baru terjun di industri ini, bergabung dengan komunitas adalah langkah penting menuju kesuksesan. Mereka yang lebih dulu mengecap pahit manisnya industri startup, pasti memiliki kisah yang dapat menjadi acuan untukmu. Kamu dapat belajar sebanyak mungkin baik dari kegagalan dan kesuksesan mereka.

Lewat forum diskusi yang berjalan terus menerus, kamu dapat memetik pelajaran yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu. Bahkan, kamu bisa menggali feedback dari anggota komunitas perihal produk yang tengah kamu kembangkan.

Jadi yang paling up-to-date di bidang yang kamu senangi

komunitas startup

Sumber: 123RF

Selain menggunakan berbagai channel komunikasi seperti Telegram dan Slack, umumnya komunitas startup juga menyediakan beragam informasi terbaru dalam sebuah mailing list. Kamu dapat memilih topik tertentu yang paling kamu senangi.

Mailing list komunitas TIA ID misalnya, kamu bebas memilih topik yang inginkan seperti:

  • Product development
  • Management
  • Growth hack
  • Digital marketing
  • Teknologi

Kamu hanya akan menerima informasi, tip praktis, dan panduan sesuai dengan topik yang kamu pilih.

,

Setelahnya kamu hanya akan menerima informasi, tip praktis dan panduan sesuai dengan topik yang kamu pilih. Setiap minggunya, wawasanmu di bidang tersebut akan terus diperbarui.

Gali lebih banyak inspirasi dan ide segar

Kamu pasti senang bila menemukan sebuah gagasan atau ide yang dapat merevolusi bisnis. Bagaimana jika gagasan tersebut saling dibagi dengan orang-orang yang memiliki kesamaan daya tarik? Sebab, suatu gagasan dapat menjadi lebih baik lagi bila disempurnakan dan dikaji ulang hingga benar-benar dapat diterapkan.

Komunitas startup memungkinkan interaksi antar anggota dari beragam profesi. Bila kamu memiliki ide inovatif, sudah saatnya kamu untuk menyempurnakan ide tersebut bersama anggota di komunitas dan mewujudkannya jadi nyata!

Pertajam perspektif tentang bisnis startup dan teknologi

Komunitas startup tidak hanya menawarkan value yang bermanfaat untuk profesional, para pelajar juga dapat merasakan manfaat yang sama. Kesempatan yang luas untuk menyerap pola pikir pengusaha, wawasan bisnis, hingga proses mengolah ide.

Bila kamu masih duduk dibangku kuliah, ini adalah peluang terbaikmu untuk belajar menjadi profesional. Ada banyak pelajaran yang tidak kamu dapati di ruang kelas, seperti melakukan teknik presentasi yang efektif, menjalin networking, bertukar kartu nama bahkan etika dan tata cara mengirim e-mail. Sampai di titik ini, kamu sudah selangkah lebih maju dibanding teman seusiamu.

Bila kamu bingung menentukan komunitas mana yang harus kamu ikuti, komunitas TIA ID bisa menjadi salah satu jawabannya. Kamu cukup mengisikan data dirimu dan pilih sesuai kebutuhanmu.

  • Facebook Group TIA ID
  • Telegram
  • Berlangganan e-mail
  • Kesemua opsi yang ada di atas

Yuk, segera gabung di komunitas TIA ID melalui tautan di bawah ini ya!

komunitas startup

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

This post 5 Value yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Komunitas Startup appeared first on Tech in Asia.

The post 5 Value yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Komunitas Startup appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Entrepreneur Life