8 Situs yang Memungkinkan Kamu untuk Melakukan Kurban Secara Online

Setiap tahunnya, umat islam di tanah air akan merayakan hari raya Idul Adha. Dan seperti biasa, mereka akan mengadakan ibadah kurban dengan menyembelih hewan seperti sapi, kambing, dan domba. Di era digital seperti sekarang, pembelian hewan kurban pun telah bisa dilakukan secara online.

Berikut ini adalah beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk memesan hewan kurban di Idul Adha.

Bukalapak

Kurban Bukalapak

Sudah berjalan beberapa tahun, marketplace Bukalapak kembali menghadirkan layanan pemesanan hewan kurban. Kali ini mereka menggandeng beberapa pihak, mulai dari ACT, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, hingga PKPU. Hewan-hewan tersebut nantinya akan disembelih di berbagai lokasi, dan kamu akan mendapat laporan penyembelihan kurban yang dikirim lewat pos.

Tokopedia

Kurban Tokopedia

Serupa dengan Bukalapak, Tokopedia juga bukan pertama kalinya menghadirkan layanan kurban online. Kali ini, mereka bekerja sama dengan tujuh lembaga, yaitu Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, PKPU, Baznas, ACT, NU Care Lazisnu, serta Lembaga Zakat Al-Azhar. Mereka pun hanya akan memberikan laporan penyembelihan korban selepas Idul Adha.

KitaBisa

Kurban KitaBisa

Situs crowdfunding untuk kampanye sosial KitaBisa pun ikut menghadirkan layanan kurban. Kamu bisa menentukan lokasi mana yang akan menerima manfaat dari kurban yang kamu lakukan, lalu memilih produk yang kamu inginkan. Untuk menghadirkan layanan ini, KitaBisa bekerja sama dengan ACT, PKPU, Baitul Maal Hidayatullah, Dompet Peduli Umat Daarut Tauhid, PPPA Daarul Qur’an, Insan Bumi Mandiri, Sekolah Relawan, serta Bank Qurban.

Muslimarket

Kurban Muslimarket

Bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan ACT, e-commerce khusus produk muslim Muslimarket kembali menghadirkan layanan kurban online pada tahun 2017 ini. Berbeda dengan startup lain seperti Bukalapak dan Tokopedia, Muslimarket juga menyediakan layanan pembelian hewan kurban yang diantar langsung ke rumah kamu. Namun saat ini mereka baru menyediakan produk Sapi Pasir Tengah, dan hanya bisa diantar ke wilayah Jabodetabek.

Vestifarm

Kurban Vestifarm

Saat Idul Adha seperti ini tentu merupakan “masa panen” bagi startup crowdfunding khusus untuk peternak hewan Vestifarm. Para pemberi modal di platform tersebut akan mendapat keuntungan setelah para hewan ternak yang dirawat oleh peternak dibeli masyarakat untuk ibadah kurban.

Meski begitu, Vestifarm pun tetap menghadirkan layanan pembelian hewan kurban langsung di platform mereka. Kamu bisa memilih sapi jenis Madura atau Premium, yang nantinya akan diantarkan langsung ke rumah kamu jika kamu telah melakukan pembayaran.

Lembaga penyalur zakat dan kurban

Kurban Dompet Dhuafa

Meski telah bekerja sama dengan beberapa startup, para lembaga penyalur zakat dan kurban seperti ACT (Global Qurban), Dompet Dhuafa (Kurbanesia), serta Rumah Zakat (Super Qurban) juga menghadirkan layanan pemesanan kurban lewat situs resmi mereka masing-masing. Berdasarkan pantauan Tech in Asia Indonesia, harga yang mereka tetapkan di situs mereka relatif sama dengan harga yang terpasang di situs startup yang bekerja sama dengan mereka.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar: Pixabay)

The post 8 Situs yang Memungkinkan Kamu untuk Melakukan Kurban Secara Online appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi