Crowdo Luncurkan Aplikasi iOS Setelah Mengalami Pertumbuhan Bisnis 400 Persen


Ikhtisar
  • Crowdo, startup fintech asal Singapura yang telah melebarkan sayap ke beberapa negara di Asia Tenggara, telah beroperasi di Indonesia sejak 2015 dan mengantongi izin dari OJK pada 2017 lalu.
  • Para kreditur dapat mengajukan pinjaman lewat Crowdo dengan memberikan tagihan piutang sebagai jaminan.
  • Aplikasi Crowdo Connect versi iOS yang diluncurkan belum lama ini makin memudahkan para debitur mengecek portofolio investasi masing-masing.

Didirikan oleh Leo Shimada dan Nicola Castelnuovo, Crowdo yang berasal dari Singapura merupakan salah satu pemain fintech yang agresif di kawasan Asia Tenggara. Di luar negara asalnya, Crowdo telah memperluas jangkauan layanan mereka hingga ke negara Malaysia dan Indonesia.

Sejak hadir di Indonesia pada tahun 2015 lalu, layanan peer-to-peer (P2P) lending Crowdo mengklaim berhasil menggaet cukup banyak pengguna di tanah air. serta telah mengantongi izin OJK sejak Juni 2017. Mereka bahkan mengaku mengalami pertumbuhan bisnis global hingga lebih dari 400 persen di tahun 2017.

Uang rupiah | Ilustrasi

Sumber foto: AFP/businesstimes.com.sg

Sediakan layanan crowdfunding

Di samping menghadirkan layanan P2P lending, Crowdo juga menyediakan layanan crowdfunding yang dapat digunakan untuk mencari pendanaan bagi para startup. Sayangnya, Crowdo masih belum menghadirkan layanan tersebut di tanah air.

Di Indonesia, model bisnis P2P lending yang dijalankan Crowdo harus bersaing dengan layanan sejenis lainnya seperi Investree. Kedua startup fintech ini memungkinkan pemberian pinjaman kepada perusahaan yang bersedia menjaminkan tagihan (invoice), serta menyediakan pinjaman kepada karyawan dari berbagai perusahaan.

Konsep yang hampir sama juga dilakukan oleh Validus, startup P2P lending Singapura. Validus pada tahun lalu dikabarkan tengah membidik potensi pembiayaan terhadap piutang dan faktur milik UKM di Indonesia.

Luncurkan Crowdo Connect di iOS

Crowdo belum lama ini juga telah meluncurkan versi iOS dari aplikasi mobile mereka, Crowdo Connect. Aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan pengaturan portofolio pinjaman dan penyaluran investasi ini sebelumnya telah tersedia di Android sejak awal 2017.

Pengembangan aplikasi Crowdo Connect versi iOS tidak lepas dari permintaan para investor yang menginginkan kemudahan kegiatan investasi di kala mereka sedang bepergian. Versi iOS ini turut menghadirkan tampilan antarmuka baru di bagian panel investor serta integrasi sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk memantau perkembangan porfolio pemberi pinjaman.

“(Lewat) Crowdo Connect, para investor dapat melakukan top up, kemudian memilih investasi, dan melakukan penarikan uang dengan kemudahan perangkat iOS yang mereka punya,” ujar Leo Shimada selaku CEO Crowdo.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Crowdo Luncurkan Aplikasi iOS Setelah Mengalami Pertumbuhan Bisnis 400 Persen appeared first on Tech in Asia.

The post Crowdo Luncurkan Aplikasi iOS Setelah Mengalami Pertumbuhan Bisnis 400 Persen appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi