Ide Startup Menarik Minggu Ini — 26 November 2017

Minggu ini, kami kembali menghadirkan informasi tentang beberapa ide bisnis startup yang menarik dari berbagai negara. Mereka mempunyai kesamaan, yaitu sama-sama telah berhasil mendapat perhatian dari para pengguna dan investor. Semoga ide-ide startup berikut bisa menjadi sumber inspirasi bagi kamu.

Kali ini kami mengangkat ide startup berupa layanan penyewaan power bank, layanan pengumpulan data secara crowdsource, serta layanan penagih utang online.


Energy Monster

Ide: layanan sewa tempat pengisian daya baterai

Ide Bisnis Startup Energy Monster | Screenshot

Energy Monster merupakan startup asal Cina yang menyediakan fasilitas pengisian daya baterai di tempat umum, seperti restoran dan kafe. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengunduh sebuah aplikasi khusus dan memindai QR Code yang ada di lokasi. Mereka akan memotong uang deposit yang telah kamu masukkan ke dalam aplikasi tersebut.

Di Cina telah ada cukup banyak startup yang berusaha menghadirkan hal serupa. Energy Monster dan sebuah startup yang bernama Xiaodian melakukannya dengan memungkinkan pengguna melakukan pengisian daya baterai di lokasi khusus.

Startup lain seperti Laidian dan AnkerBox justru menyewakan power bank yang bisa dibawa ke mana-mana oleh pengguna. Mereka hanya harus mengambilnya di sebuah lokasi pengisian daya milik startup tersebut, dan mengembalikannya ke lokasi pengisian daya yang lain.


BeMyEye

Ide: layanan pengumpulan data secara crowdsourcing

Ide Bisnis Startup BeMyEye | Screenshot

BeMyEye merupakan layanan yang memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan data tentang aktivitas pemasaran produk mereka di berbagai toko. Untuk melakukan itu, startup asal Inggris ini memanfaatkan jasa 500 ribu pengguna mereka (biasanya disebut “Mata”) yang tersebar di beberapa negara Eropa.

Para pengguna bisa diminta untuk menjalankan beberapa “misi”, seperti memeriksa kelengkapan materi promosi sebuah produk, hingga menjadi “pelanggan rahasia” yang bertugas memastikan apakah para petugas pemasaran di sebuah toko benar-benar menawarkan produk seperti yang diminta oleh perusahaan tempatnya bekerja.


TrueAccord

Ide: layanan penagih utang online

Ide Bisnis Startup TrueAccord | Screenshot

Pasangan kakak beradik Ohad Samet dan Nadav Samet pernah mempunyai pengalaman yang buruk ketika berhadapan dengan para penagih utang. Mereka merasa diperlakukan dengan tidak baik, meski sebenarnya utang mereka tidak terlalu besar. Karena itu, mereka pun menganggap hal ini sebagai sebuah masalah yang harus diselesaikan.

Mereka berdua kemudian mendirikan startup bernama TrueAccord pada tahun 2013. Layanan utama dari startup tersebut adalah proses penagihan secara online, yang tak hanya efektif namun juga ramah kepada pengguna. Untuk menghadirkan layanan ini, mereka pun memanfaatkan teknologi machine learning demi mengetahui waktu dan cara komunikasi yang tepat untuk menghubungi orang yang belum membayar utang.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

The post Ide Startup Menarik Minggu Ini — 26 November 2017 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi