skip to Main Content

Lenna — Aplikasi Asisten Pribadi dengan Teknologi Chatbot dalam Bahasa Indonesia


Founder: Rissandi, Alen Boby
Industri: aplikasi asisten personal
Status pendanaan: seed funding

  • Mirip dengan Siri buatan Apple, Lenna menggunakan input berupa suara pengguna untuk menjalankan perintah.
  • Pengguna bisa memerintahkan Lenna untuk menjalankan berbagai hal, seperti:
    • Mencari tahu perkembangan berita terbaru,
    • Menanyakan hal secara spesifik,
    • Membeli pulsa seluler,
    • Membeli tiket transportasi atau bioskop.
  • Lenna juga dilengkapi dengan fitur e-wallet yang bisa dipakai pengguna untuk bertransaksi secara online.
  • button ulasan startup


    Dalam beberapa tahun terakhir, penerapan teknologi chatbot di Indonesia sudah menjangkau hingga ke fungsi asisten personal untuk kebutuhan sehari-hari. Penerapan fungsi tersebut bisa ditemukan pada beberapa aplikasi lokal, contohnya pada Bang Joni, serta sejumlah layanan chatbot yang terintegrasi dengan aplikasi mobile chat seperti LINE.

    Kini, di awal tahun 2018, sebuah startup lokal telah meluncurkan aplikasi serupa bernama Lenna. Mereka mengklaim bahwa integrasi teknologi chatbot pada aplikasi tersebut telah disempurnakan lagi.

    Lenna | Screenshot

    Lenna merupakan produk teknologi berbasis AI yang difungsikan sebagai asisten personal berbasis bahasa Indonesia. Mirip dengan Siri buatan Apple, Lenna mengutamakan fitur perintah suara (voice command). Fitur ini lebih memudahkan penggunanya daripada chatbot kebanyakan yang memerlukan input berupa kalimat teks sebagai perintahnya.

    Kunci utama pembuatan Lenna adalah kemudahan, fleksibiitas, serta pengalaman baru untuk merasakan era kemajuan teknologi.

    Rissandi,
    CEO Lenna

    Pengguna dapat melakukan banyak hal dengan Lenna, antara lain:

    • Mencari tahu perkembangan berita terbaru,
    • Menanyakan hal secara spesifik,
    • Membeli pulsa seluler,
    • Membeli tiket transportasi atau bioskop.

    Lenna juga dilengkapi fitur uang elektronik atau e-wallet untuk memenuhi kebutuhan transaksi. Para pengguna dapat melakukan pengisian saldo e-wallet dengan nominal tertentu.

    Hadirkan fungsi pelengkap bagi kalangan pebisnis

    Lenna | Photo

    Tidak hanya terbatas untuk kebutuhan mendasar, aplikasi Lenna juga dapat dikembangkan lebih lanjut untuk keperluan akses bisnis secara personal.

    Rissandi menjelaskan bahwa aplikasi buatannya bisa diintegrasikan dengan platform manajemen Sales Force. Beberapa aktivitas bisnis, seperti meminta laporan penjualan, bisa dilakukan secara mudah apabila pengguna memesan akun Lenna khusus bisnis (enterprise).

    Lenna bahkan bisa perintahkan secara lebih spesifik, misalnya dengan cara menyebutkan pihak Sales yang terdaftar di sistem end-point kita.

    Rissandi,
    CEO Lenna

    Masih terus disempurnakan

    Aplikasi Lenna saat ini diakui masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut agar dapat memenuhi targetnya sebagai pionir aplikasi asisten pribadi berbahasa lokal di Indonesia. Untuk itu, mereka mempunyai beberapa rencana ke depan, seperti:

    • Penyempurnaan sistem untuk mengantisipasi kebutuhan tren ke depan.
    • Ketersediaan akun khusus bisnis (enterprise).
    • Peluncuran versi iOS.
    • Kemitraan dengan sejumlah pelaku bisnis guna memperbanyak fitur.

    Sejauh ini pihak yang telah dikonfirmasi telah menjalin kemitraan dengan Lenna adalah layanan OTA Tiket.com untuk memenuhi pemesanan tiket transportasi dari para pengguna. Ke depan, mereka juga tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan pihak penyelenggara OTA lainnya demi memberikan layanan yang lebih variatif kepada para penggunanya.

    (Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

     

    This post Lenna — Aplikasi Asisten Pribadi dengan Teknologi Chatbot dalam Bahasa Indonesia appeared first on Tech in Asia.

    The post Lenna — Aplikasi Asisten Pribadi dengan Teknologi Chatbot dalam Bahasa Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.

    Source: Inspirasi

Back To Top