Luncurkan Platform Menulis, Brilio Targetkan Gaet 100 Ribu Kreator Konten Tahun Depan


Ikhtisar
  • Penulis yang tulisannya terpilih, akan mendapat insentif berupa uang tunai sebesar Rp200 ribu untuk setiap artikel. Sementara perhitungan insentif We Media dan Nulis berdasarkan jumlah view atau pembagian hasil pendapatan dari pemasangan iklan.
  • Per Juli 2017, Brilio mengklaim telah memiliki 21 juta pembaca unik, serta 96 juta pageview per bulan. Konten video mereka pun diklaim telah ditonton dua belas juta kali setiap bulan.

Pada tanggal 12 September 2017 kemarin, startup media asal Yogyakarta Brilio mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan platform menulis yang bernama Brilio Creator. Lewat platform tersebut, kamu bisa mengirimkan tulisan, foto, hingga video yang nantinya akan dikurasi untuk bisa masuk ke halaman Komunitas dari situs Brilio.

Setiap harinya, Brilio akan memilih beberapa konten terbaik untuk dimasukkan ke dalam halaman utama mereka. Penulis yang tulisannya terpilih, akan mendapat insentif berupa uang tunai sebesar Rp200 ribu untuk setiap artikel.

Sistem insentif ini berbeda dengan platform menulis lain, mulai dari We-Media milik UC News, hingga Nulis yang dimiliki oleh Baca. Platform-platform tersebut biasanya memberikan insentif kepada penulis berdasarkan jumlah view atau pembagian hasil pendapatan dari pemasangan iklan.

Brilio Creator | Screenshot

“Kami yakin ada banyak generasi muda di luar sana yang mempunyai cerita dan konten menarik, yang akan bermanfaat untuk dibagikan kepada orang lain,” tutur Joe Wadakethalakal, CEO dan Co-Founder Brilio, tentang alasannya membuat platform menulis ini. Menurut Joe, mereka menargetkan untuk bisa menggaet seratus ribu kreator konten dalam waktu satu tahun ke depan.

Brilio sendiri hingga bulan Juli 2017 yang lalu mengaku telah memiliki 21 juta pembaca unik, serta 96 juta pageview per bulan. Mereka pun mempunyai konten-konten video yang ditonton dua belas juta kali setiap bulan.

“Platform menulis ini adalah solusi yang saling menguntungkan. Masyarakat jadi punya kesempatan untuk mendapat penghargaan, pengakuan diri, serta pendapatan. Di sisi lain, perusahaan media pun bisa mendapat konten yang lebih variatif tanpa dihadapkan pada keterbatasan sumber daya manusia,” jelas Joe.

Menarik untuk ditunggu apakah kehadiran platform menulis ini bisa mendorong pertumbuhan Brilio di tengah persaingan dengan berbagai situs khusus millennial lainnya, seperti IDN Media dan Hipwee. IDN Media sendiri juga telah membuat platform menulis dengan menjanjikan insentif uang sebesar Rp1 untuk setiap view yang didapat penulis.

(Diedit oleh Septa Mellina)

The post Luncurkan Platform Menulis, Brilio Targetkan Gaet 100 Ribu Kreator Konten Tahun Depan appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi