Manfaat Blockchain dalam Sistem Perpajakan menurut CEO OnlinePajak


Ikhtisar
  • Founder OnlinePajak Charles Guinot menganggap teknologi blockchain dapat membantu sistem perpajakan dalam negeri jadi lebih transparan.
  • Pihaknya tengah melakukan rekonsiliasi ke berbagai pemangku kepentingan, seperti Kemenkominfo, Dirjen Pajak, dan lain-lain, untuk menyelami kemungkinan implementasi blockchain dalam sistem perpajakan.

Pemanfaatan teknologi blockchain masih menjadi hal yang banyak dilirik oleh para pebisnis dari berbagai bidang industri berbasis teknologi, mulai dari pihak korporasi besar bahkan hingga pegiat startup sekalipun. Salah satunya adalah OnlinePajak, startup lokal yang didirikan oleh pengusaha asal Perancis dengan tujuan mempermudah proses pembayaran pajak di Indonesia melalui sistem online.

Bagi Founder OnlinePajak, Charles Guinot, implementasi teknologi blockchain dalam sistem perpajakan di Indonesia merupakan model integrasi database yang sangat memungkinkan, terutama untuk terus mendorong komitmen transparansi pengelolaan pajak dan anggaran oleh negara.

Blockchain untuk masa depan sistem pajak yang lebih baik

Guinot yang telah merasakan peliknya proyek pembayaran dan masalah kepercayaan dalam hal penyelenggaraan pajak di Indonesia melihat penerapan teknologi blockchain bisa menjadi salah satu solusi dari berbagai problem yang ia temukan di sistem perpajakan Indonesia.

Oleh karena itu, ketika ia menjalankan bisnisnya sebagai penyedia platform penghitungan laporan pajak online di Indonesia, Guinot yang terus mengamati kasus penerapan teknologi blockchain melihat peluang untuk mendorong perubahan yang revolusioner bagi efisiensi sistem perpajakan dalam negeri.

“Bayangkan bagaimana jika di masa mendatang, kita sebagai wajib pajak diperbolehkan memilih sendiri jalur distribusi ke mana arah pajak kita disalurkan nantinya, entah itu ke pendidikan, kesehatan, dan lainnya dengan model desain antarmuka layaknya Kickstarter,” ungkap Guinot.

Lewat blockchain, kita memiliki kesempatan untuk membangun sistem perpajakan online yang akan sangat efisien.

Charles Guinot,
Founder OnlinePajak

Meski ide yang digambarkan Guinot terlihat begitu muluk, namun ia optimis hal tersebut bukan hal yang mustahil terwujud apabila pihak penyelenggara pajak mau mengedepankan integrasi teknologi ke dalam infrastrukturnya, terutama blockchain untuk transparansi sistem.

Rekonsiliasi dengan berbagai pihak

Untuk mewujudkan rencana besar tersebut, Guinot mengakui pihaknya telah mengajukan rencana rekonsiliasi kepada beberapa pihak pemangku kepentingan seperti bank, Kemenkominfo, dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Lewat sistem rekonsiliasi database yang dibangun secara bertahap ini, nantinya sistem pajak akan mengupayakan transparansi yang aman, tanpa harus membeberkan data-data yang bersifat sangat rahasia.

Sejauh ini respons positif telah diberikan oleh pihak DJP, mengingat kemitraan mereka dengan OnlinePajak yang telah terbangun sejak 2013 silam. Ke depannya Guinot tengah menjalin rekonsiliasi bersama pihak lain sembari tetap menyuarakan manfaat adopsi blockchain di sistem perpajakan.


Tidak hanya sebatas kepada penerapan dalam data perpajakan saja, menurut Guinot, blockchain juga ideal untuk diimplementasikan ke berbagai kasus lain yang berpotensi memberikan dampak sangat besar.

Apa pun hasil akhir yang ingin dicapai, Guinot menekankan ada baiknya seseorang untuk mempertimbangkan banyak hal secara matang sebelum mulai menyelami adopsi teknologi semacam blockchain, mengingat sumber daya yang akan dikeluarkan sangatlah tidak sedikit.

Teknologi blockchain | Ilustrasi

Ilustrasi blockchain (Sumber gambar: TSCNET Services)

Menurut Guinot, hal fundamental yang perlu ditekankan sendiri adalah membangun produk dengan fondasi yang solid terlebih dahulu. Untuk itu mulailah dari perusahaan dulu baru merambah ke pengembangan produk yang market fit, dan merambah lain-lain.

Ini bisa menjadi perjalanan yang panjang dan melelahkan, tetapi ia optimis jika kamu percaya telah berjalan ke arah progres yang benar, apa pun teknologi yang kamu pilih, maka tujuan besar yang ingin dihasilkan bisa tercapai.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Manfaat Blockchain dalam Sistem Perpajakan menurut CEO OnlinePajak appeared first on Tech in Asia.

The post Manfaat Blockchain dalam Sistem Perpajakan menurut CEO OnlinePajak appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi