Mengapa Onboarding dan Retensi Pengguna Penting untuk Kelangsungan Produk Kamu

Masih ingat bagaimana pertama kali kamu membuat akun Facebook?
Setelah berhasil membuat akun, langkah yang kamu lakukan selanjutnya adalah menambahkan beberapa orang dalam daftar pertemanan. Lalu, kamu mulai mencoba-coba berbagai fitur–karena akan sia-sia saja membagikan Status maupun Post lainnya kalau tidak ada teman yang melihatnya, bukan?

Facebook “menuntun” para pengguna barunya untuk mendapatkan tujuh teman baru dalam waktu sepuluh hari. Menurut Mantan Executive Senior Facebook, Chamath Palihapitiya, para pengguna yang punya tujuh teman baru dalam sepuluh hari sejak membuat akun cenderung memiliki engagement yang lebih baik dengan Facebook.

Strategi Facebook ini merupakan salah satu contoh proses onboarding bagi pengguna. Sejumlah produk digital lainnya juga menerapkan sederet proses onboarding untuk meningkatkan retensi para pengguna. Harapannya, mereka akan menggunakan produk secara berulang serta merekomendasikannya kepada orang lain.

Devtlak1|Facebook

Sumber: Pexels

Mengapa retensi pengguna penting?

Akhir-akhir ini, akuisisi pengguna memang kerap disebut sebagai langkah utama dalam pertumbuhan produk digital. Padahal, kenyataannya, langkah ini membutuhkan biaya yang lebih besar ketimbang upaya retensi pengguna. Menurut laporan dari penelitian yang sama, mempertahankan pengguna yang sudah ada memerlukan biaya lima kali lebih kecil dibanding mengakuisisi pengguna baru.

HubSpot memilah retensi ke dalam tiga fase untuk mempermudah kamu dalam merancang proses onboarding pengguna:

  • Retensi jangka pendek (minggu pertama): Menggunakan produk lebih dari sekali.
  • Retensi jangka menengah (minggu pertama hinga keempat): Menetapkan pola penggunaan produk.
  • Retensi jangka panjang (minggu keempat dan seterusnya): Mengandalkan produk sebagai alat yang sangat diperlukan.
Devtlak1|Retention-Appcues

Sumber: Appcues

Berbicara mengenai pentingnya retensi pengguna dalam bisnis produk digital, studi yang sama juga menunjukkan beberapa hal:

  • Tingkat keberhasilan penjualan ke pengguna baru adalah lima sampai dua puluh persen, sementara ke pengguna lama adalah enam puluh-tujuh puluh persen.
  • Sejumlah 89 persen bisnis melihat pengalaman pengguna sebagai kunci dalam meningkatkan loyalitas dan retensi pengguna.
  • Peningkatan retensi pengguna sebesar 5 persen mampu menambah keuntungan sekitar 25-95 persen.

Setelah menyadari pentingnya onboarding pengguna, kini saatnya merancang strategi untuk meningkatkan retensi pengguna produk kamu. Ada berbagai langkah yang dapat kamu terapkan, misalnya menyediakan panduan bagi pengguna langsung di aplikasi, email, artikel blog, dan sebagainya.

Namun, efektivitas strategi yang digunakan oleh suatu produk tentu berbeda dengan produk lainnya–meski kedua produk ini berkembang di ranah yang sama. Lalu, langkah apa saja yang bisa kamu pertimbangkan untuk mengembangkan produk?

Mengukur dan menganalisis keberhasilan onboarding pengguna

Bila kamu adalah seorang developer atau penggiat produk digital, kamu mesti mencari tahu lebih jauh mengenai cara mengukur kesuksesan strategi onboarding yang sudah kamu terapkan serta kaitannya dengan retensi pengguna produk.

Tech in Asia Indonesia akan kembali mengadakan DevTalk dengan topik Onboard User with Retention in Mind. Di event ini, kamu bisa belajar tentang pentingnya proses onboarding pengguna, cara mengukur, serta melakukan analisis, langsung dari para praktisi di ranah user experience (UX).

Devtlak1|Measure user onboarding

Sumber: Unsplash

Kapan dan di mana?

Hari, Tanggal: Kamis, 14 Februari 2018
Waktu: 18.00 – 21.00 WIB
Tempat: JSC Hive, Jl. Prof. DR. Satrio No.7, RT.3/RW.3,
Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

Siapa saja yang akan berbagi insight?

Head of Analytics, Investree, Ones Marsali
Ones adalah praktisi analisis data dengan pengalaman bertahun-tahun di industri perbankan dan telekomunikasi. Praktisi yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang matematika ini memiliki keahlian dalam bidang customer analytics dan database marketing.

Senior UX Researcher, OVO, Fadhel Adam
Fadhel adalah seorang desainer interface dari Jakarta yang sebelumnya pernah berkarier di Moka POS. Fadhel memiliki pengalaman dalam membuat, mengiterasi, dan juga mengembangkan desain produk digital.

Bagaimana, kamu jadi makin tertarik untuk mendapatkan banyak insight terkait onboarding dan retensi pengguna, bukan?

Acara ini berlangsung secara gratis dengan jumlah peserta terbatas. Jadi, segera daftarkan dirimu lewat tautan di bawah ini, ya! Jangan lupa ajak teman dan kerabatmu sesama penggiat produk untuk mengikuti event ini.


DevTalk merupakan bagian dari rangkaian roadshow menuju event tahunan Tech in Asia Product Development Conference 2019 (#TIAPDC2019), yang akan berlangsung pada Juli 2019. Nantikan DevTalk di beberapa kota sekitar kamu, dan jangan sampai ketinggalan berbagai acara menarik lainnya dengan terus update lewat website, newsletter, serta media sosial Tech in Asia Indonesia!

(Diedit oleh Fairuz Rana dan Pradipta Nugrahanto)

This post Mengapa Onboarding dan Retensi Pengguna Penting untuk Kelangsungan Produk Kamu appeared first on Tech in Asia.

The post Mengapa Onboarding dan Retensi Pengguna Penting untuk Kelangsungan Produk Kamu appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi