Miliki Ratusan Ribu Pengguna, Startup Paket Wisata KKday Raih Pendanaan Seri B Rp150 Miliar


Ikhtisar
    • Pendanaan sebesar US$10,5 juta (sekitar Rp150 miliar) dipimpin oleh perusahaan travel asal Jepang H.I.S, dan diikuti oleh investor terdahulu mereka Mindworks Ventures.
    • Dana ini akan digunakan untuk berekspansi ke Asia Tenggara serta mengembangkan platform dan infrastruktur teknologi mereka.
    • KKday sendiri merupakan situs yang memungkinkan kamu untuk memesan lebih dari sepuluh ribu paket wisata di seluruh dunia.

Pada tanggal 22 Februari 2018 ini, startup paket wisata asal Taiwan KKday mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mendapatkan pendanaan Seri B sebesar US$10,5 juta (sekitar Rp150 miliar). Investasi tersebut dipimpin oleh perusahaan travel asal Jepang H.I.S, dan diikuti oleh investor terdahulu mereka Mindworks Ventures.

Dana segar ini rencananya akan mereka gunakan untuk melakukan ekspansi di wilayah Asia Tenggara, serta mengembangkan platform dan infrastruktur teknologi mereka.

KKday sendiri merupakan situs yang memungkinkan kamu untuk memesan lebih dari sepuluh ribu paket wisata di seluruh dunia. Saat ini, startup yang berdiri sejak tahun 2014 tersebut mengaku telah mempunyai ratusan ribu pengguna aktif yang tersebar di sekitar 80 negara.

Berikut ini adalah beberapa hal yang akan dilakukan KKday setelah pendanaan ini:

  • Mengembangkan sistem Supply Chain Management (SCM) yang kuat, sehingga para penyedia paket wisata, baik yang kecil maupun besar, bisa berkomunikasi dengan pengguna dan mengelola pesanan secara mudah.
  • Sistem SCM tersebut juga akan dilengkapi dengan penggunaan QR Code untuk proses pemesanan, serta integrasi API.
  • Melakukan ekspansi ke Cina, Eropa, dan Amerika Serikat.

KKDay | Screenshot 1

H.I.S bukan hanya memberi dukungan finansial, tapi juga merupakan mitra strategis. Dengan sumber daya yang dimiliki H.I.S dan program pemasaran dan big data yang kami miliki, kami akan mampu mengubah cara kerja dari bisnis travel in-destination.

Ming Chen,
CEO KKday

Pada bulan Maret 2016 yang lalu, KKday telah berhasil mendapat pendanaan Seri A sebesar US$5 juta (sekitar Rp71 miliar). Investasi tersebut kemudian diikuti dengan pendanaan Seri A tambahan sebesar US$7 juta (sekitar Rp100 miliar) yang mereka terima pada bulan Juli 2017.

Di Indonesia sendiri, telah ada beberapa startup, baik dalam maupun luar negeri, yang menghadirkan layanan serupa dengan KKday. Namun tidak semuanya mengalami perkembangan yang baik, seperti Tripvisto yang harus menghentikan layananannya pada tahun 2017 lalu.

(Diedit oleh Septa Mellina)

This post Miliki Ratusan Ribu Pengguna, Startup Paket Wisata KKday Raih Pendanaan Seri B Rp150 Miliar appeared first on Tech in Asia.

The post Miliki Ratusan Ribu Pengguna, Startup Paket Wisata KKday Raih Pendanaan Seri B Rp150 Miliar appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi