Softbank Ventures Buka Kantor di Singapura untuk Pertajam Fokus di Asia Tenggara


Ikhtisar
  • Softbank Ventures Korea berganti nama jadi Softbank Ventures Asia yang menunjukkan fokus mereka untuk mendukung perkembangan startup di luar Korea Selatan.
  • Saat ini mereka mengklaim telah memiliki aset pada sekitar 250 startup di berbagai negara, meliputi Israel, Amerika Serikat, hingga Cina.

Pada 3 Januari 2019, Softbank Ventures Korea telah mengumumkan perubahan namanya menjadi Softbank Ventures Asia agar sejalan dengan penajaman fokus investasi perusahaan modal ventura ini ke depan. Pergantian nama tersebut sekaligus mencerminkan kondisi Softbank, di mana strategi operasional mereka telah berkembang hingga ke luar Korea Selatan dalam beberapa tahun terakhir.

Managing Partner sekaligus CEO SoftBank Ventures Asia JP Lee menjelaskan bahwa pihaknya akan mendukung lebih banyak pengembangan startup, terutama dari startup tahap awal yang dinilai prospektif.

“Saya senang berkesempatan meningkatkan kehadiran kami bagi startup tahap awal. Visi kami adalah mendukung entrepreneur muda yang menjanjikan, dengan menawarkan akses ke komunitas, sumber daya, dan jaringan SoftBank.”

Sebagai bagian dari proses rebranding dan ekspansi, SoftBank Ventures Asia akan mulai membuka kantor cabang baru di Shanghai dan Singapura, yang akan menjadi basis pertama di Asia Tenggara. Mereka tengah mencari tenaga-tenaga profesional untuk menempati sejumlah posisi di kedua lokasi kantor baru itu.

Belasan tahun berkiprah dengan ratusan startup

Softbank Ventures Korea didirikan pada tahun 2000 silam sebagai bagian dari upaya raksasa perusahaan telekomunikasi dan media Jepang, Softbank Group, untuk merambah sektor investasi dan pendanaan startup.

Dengan portofolio yang sebagian besar fokus pada pengembangan perangkat internet, kecerdasan buatan, dan robotika, SoftBank Ventures Asia saat ini mengklaim tengah memiliki aset di sekitar 250 startup yang tersebar di sepuluh negara, meliputi Israel, Amerika Serikat, dan Cina.

Salah satu inisiatif pendanaan yang sering terdengar dari perusahaan modal ventura ini adalah Vision Fund yang diinisiasi sejak 2017. Inisiatif pendanaan dengan nilai mencapai US$100 miliar (Rp1,4 kuadriliun) ini dihimpun dari sejumlah pihak, antara lain Apple, Foxconn, Sharp, serta dana investasi publik yang milik pemerintah Arab Saudi.

Di Indonesia sendiri, Softbank Ventures terlibat sejumlah pendanaan startup besar, seperti Tokopedia, Modalku (Funding Societies), CO-Hive (dulu EV Hive), dan Moka, dengan nilai investasi mencapai triliunan rupiah. Di samping itu, Softbank Ventures juga berada di balik pendanaan beberapa startup transportasi online, mulai dari UberDidi ChuxingOla, hingga Grab.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

This post Softbank Ventures Buka Kantor di Singapura untuk Pertajam Fokus di Asia Tenggara appeared first on Tech in Asia.

The post Softbank Ventures Buka Kantor di Singapura untuk Pertajam Fokus di Asia Tenggara appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi