TinyToes, Situs Penyewaan Perlengkapan Bayi dan Mainan dengan Ratusan Koleksi


Founder: Fanny Novia
Industri: Jasa sewa
Status pendanaan: Bootstrap

  • TinyToes kini telah memiliki 320 SKU, dengan biaya sewa sebesar sepuluh hingga 25 persen dari harga barang.
  • Dalam waktu dekat TinyToes akan menghadirkan fitur Titip Sewa yang sejauh ini telah tersedia 25 barang.

Ternyata, tidak selamanya ide untuk membuat startup muncul dari kisah yang menyenangkan. Salah satunya adalah Fanny Novia yang akhirnya memutuskan mendirikan layananan penyewaan perlengkapan ibu hamil dan mainan anak yang bernama TinyToes.

“Ide mendirikan TinyToes ini muncul ketika anak pertama saya lahir dengan kelainan bawaan, hingga akhirnya ia harus meninggal dunia sebulan setelah lahir,” kenang Fanny kepada Tech in Asia Indonesia.

Selepas kejadian tersebut, Fanny dan suaminya, Anthony, melihat ada banyak hadiah berupa perlengkapan bayi dan mainan yang telah mereka terima dan akhirnya tidak terpakai. Dari situ, mereka berdua pun mendapat inspirasi untuk membangun TinyToes. Untuk mengembangkan situs tersebut, mereka pun mengajak developer yang juga merupakan educator di Creative Kids yang menjadi CTO mereka, Hendra Sucipto, dan satu Co-Founder lagi Shirley.

Miliki koleksi 320 barang

TinyToes | Screenshot

TinyToes sendiri merupakan layanan yang memungkinkan kamu untuk menyewa perlengkapan ibu hamil, perlengkapan bayi, hingga mainan, secara online. Setelah menetapkan tanggal penyewaan dan melakukan pembayaran, tim kurir TinyToes akan langsung mengirimkan barang tersebut ke rumah kamu. Mereka pun akan mengambil kembali barang tersebut saat waktu penyewaan selesai.

“Saat ini kamu baru melayani wilayah Jabodetabek. Namun kami pun akan segera meluncurkan layanan di kota lain, seperti Medan dan Bali,” jelas Fanny.

Dengan jumlah koleksi barang yang mencapai 320 SKU, Fanny mengaku pihaknya biasanya menetapkan biaya sewa sebesar sepuluh hingga 25 persen dari harga barang. Saat ini mereka telah mempunyai sekitar 1.500 pelanggan, dengan jumlah kunjungan per bulan mencapai 10 juta kunjungan.

“Sejak bulan September 2016 hingga Juli 2017, kami telah menerima pendapatan sekitar Rp300 juta. Sedangkan barang yang menjadi favorit untuk disewa adalah mainan, lalu stroller,” tutur Fanny.

Untuk menjalankan TinyToes, Fanny hanya ditemani oleh seorang tim Business Development, seorang Customer Service, dua orang bagian inventory, serta enam orang kurir. Sejauh ini mereka masih beroperasi dari modal awal sebesar Rp300 juta, yang berasal dari para founder (bootstrapping).

Akan menambah fitur titip sewa

TinyToes Barang | Screenshot

Contoh barang yang bisa disewa di TinyToes

Untuk saat ini, mayoritas barang yang disewakan di TinyToes masih mereka miliki sendiri. Hal itu menyebabkan biaya yang mereka butuhkan untuk menyimpan barang tersebut terus bertambah, seiring dengan bertambahnya jumlah stok. Itulah mengapa dalam waktu dekat mereka akan meluncurkan fitur baru yang bernama Titip Sewa.

“Dengan fitur tersebut, semua orang yang mempunyai barang perlengkapan bayi tidak terpakai bisa menyewakannya lewat platform kami,” jelas Fanny.

Barang yang disewakan lewat fitur Titip Sewa tersebut nantinya akan tetap disimpan di lokasi milik sang pemilik, dan baru diambil oleh kurir ketika ada yang memesan. TinyToes mengaku telah mempunyai 25 barang yang disewakan lewat fitur tersebut, dan sejauh ini tanggapan yang ada cukup positif.

Selain itu, Fanny pun juga berniat untuk menghadirkan fitur asuransi atas kerusakan dari barang-barang yang disewakan. “Saat ini kami masih mencari asuransi yang mau mengganti kerusakan atau kehilangan dari barang yang kami sewakan,” ujarnya.


Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada beberapa layanan yang juga menyewakan perlengkapan bayi, seperti Babyloania dan Gigel. Selain itu, TinyToes juga harus bersaing dengan toko perlengkapan bayi konvensional, seperti Mothercare.

Itulah mengapa TinyToes memutuskan untuk berekspansi ke kota lain di luar Jakarta, serta menghadirkan fitur Titip Sewa. Selain itu, mereka pun berniat untuk bekerja sama dengan startup lain seperti dengan penyedia layanan loyalty. “Sebagai contoh, kita bisa memungkinkan para pengguna layanan tersebut menukarkan poin mereka dengan voucer TinyToes,” pungkas Fanny.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar: Pixabay)

The post TinyToes, Situs Penyewaan Perlengkapan Bayi dan Mainan dengan Ratusan Koleksi appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi