Gandeng Kata.ai dan Accenture, Telkomsel Hadirkan Layanan Chat Bot Bernama Veronika
Ikhtisar
- Chat bot Veronika memungkinkan kamu untuk menukar (redeem) Telkomsel Poin, mengecek dan mengisi ulang pulsa, membayar tagihan, membeli paket data, melaporkan keluhan, dan membuat janji datang ke Grapari.
- Ke depannya, layanan chat bot ini juga akan dilengkapi dengan kemampuan untuk menerima perintah dalam bentuk suara.
Pada tanggal 17 Agustus 2017 yang lalu, perusahaan telekomunikasi tanah air Telkomsel mengambil langkah yang cukup berani dalam hal pelayanan pelanggan. Bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia tersebut, mereka menghadirkan layanan chat bot yang bisa melayani para pelanggan mereka lewat Facebook Messenger, LINE, hingga Telegram. Chat bot tersebut mereka beri nama Veronika.
Untuk menghadirkan layanan ini, Telkomsel menggandeng perusahaan konsultasi Accenture dan startup tanah air yang bergerak di bisnis chat bot, yaitu Kata.ai. Telkomsel pun menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang menghadirkan layanan seperti ini.
Veronika sendiri merupakan layanan yang bisa memudahkan kamu dalam menukar (redeem) Telkomsel Poin, mengecek dan mengisi ulang pulsa, membayar tagihan, serta membeli paket data. Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan Veronika untuk membuat janji datang ke Grapari, hingga melaporkan keluhan. Untuk berkomunikasi dengan Veronika, kamu bisa menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
Saat ini, Veronika memang masih mengharuskan kamu untuk mengetik. Namun ke depannya, layanan chat bot ini juga akan dilengkapi dengan kemampuan untuk menerima perintah dalam bentuk suara.
“Kami berharap keunggulan dari teknologi kecerdasan buatan ini tak hanya bisa meningkatkan efisiensi dari proses penanganan keluhan pelanggan, namun juga bisa meningkatkan pendapatan Telkomsel dari berbagai produk mereka,” tutur Irzan Raditya, CEO dan co-founder dari Kata.ai, kepada Tech in Asia Indonesia.
Kata.ai sendiri merupakan startup yang memang fokus menghadirkan layanan chat bot untuk pelanggan korporat. Saat berdiri pertama kali pada tanggal 2 Juni 2015, mereka sebenarnya muncul dengan nama YesBoss dengan layanan utama berupa asisten virtual untuk pelanggan individual (B2C). Mereka pun memutuskan untuk menutup layanan tersebut dan beralih ke pasar B2B pada bulan Oktober 2016.
Selain dengan Telkomsel, Kata.ai juga telah bekerja sama dengan Unilever dalam pengembangan layanan chat bot yang bernama Jemma.
Di Indonesia sendiri, telah ada beberapa startup yang juga menghadirkan layanan chat bot, seperti Bang Joni. Berbeda dengan Kata.ai, Bang Joni justru menghadirkan layanan untuk pengguna individu dan juga bisnis (B2C dan B2B). Menarik untuk ditunggu bagaimana kedua startup ini berusaha mendorong penggunaan teknologi chat bot yang masih relatif baru di tanah air.
(Diedit oleh Septa Mellina)
The post Gandeng Kata.ai dan Accenture, Telkomsel Hadirkan Layanan Chat Bot Bernama Veronika appeared first on Tech in Asia Indonesia.
Source: Inspirasi