Hendak Saingi Dominasi Musical.ly, Tik Tok Kini Hadir di Indonesia
Ikhtisar
- Tik Tok merupakan platorm yang memungkinkan penggunanya mengunggah beragam konten video buatan masing-masing untuk dinikmati sesama pengguna layanan lainnya.
- Mereka menyasar generasi Z yang dikenal menyukai konten berupa vlog atau blog, serta membahas tentang berbagai bidang, mulai dari kesehatan, kecantikan, hingga lifestyle.
Sebuah perusahaan internet asal Cina, yaitu ByteDance Inc, telah meluncurkan aplikasi komunitas kreator konten video Tik Tok di Indonesia. Aplikasi jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya mengunggah video ini melebarkan sayapnya setelah melihat potensi pertumbuhan pengguna jejaring sosial dan pengadopsi teknologi mobile di Indonesia.
“Indonesia menempati posisi keenam dunia dalam hal jumlah pengguna internet, karena itu kami melihat kesempatan yang cukup besar bagi Tik Tok (untuk berkembang pesat) di negara ini,” ungkap Viv Gong selaku Head of Marketing Tik Tok dalam siaran pers resminya.
Viv Gong optimis pihaknya bisa meniru keberhasilan Tik Tok dalam mengembangkan komunitas kreator konten video di Cina ke Indonesia. Dengan menyasar pengguna muda dari kalangan generasi Z, mereka berambisi memperoleh ceruk pasar tersendiri di antara persaingan pengguna jejaring sosial media mobile Indonesia yang ketat.
Generasi Z sebagai pasar potensial
Keberadaan generasi millennial atau biasa juga disebut generasi Y, Z, dan semacamnya merupakan potensi besar dalam pengembangan ekonomi digital, tak terkecuali di kawasan Indonesia.
Karakteristik generasi millennial yang tertarik mencoba menggunakan aplikasi mobile untuk keperluan narsistik dan kreatif mendorong munculnya beragam profesi baru sebagai YouTuber, vloger, ataupun bloger di berbagai bidang meliputi fesyen, kesehatan, kecantikan, dan lifestyle. Karakteristik inilah yang kemudian dimanfaatkan berbagai pengembang aplikasi jejaring sosial dan konten dari berbagai penjuru ke Indonesia.
Semenjak mulai diluncurkan ByteDance Inc pada Mei 2017 lalu, Tik Tok diklaim sebagai salah satu aplikasi jejaring sosial dengan pertumbuhan tercepat dan terpopuler bagi komunitas pencipta konten video di kawasan Cina.
Peluncuran Tik Tok membuatnya bersaing langsung dengan Musical.ly yang juga menawarkan layanan sejenis bagi komunitas kreator konten video online di Indonesia. Dengan fokus Musical.ly yang lebih merangkul komunitas penggunanya lewat rangkaian kampanye bersama mitra dari brand komersial, rasanya cukup menarik untuk melihat strategi seperti apa ke depannya akan mereka untuk menancapkan taringnya di Indonesia.
(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)
The post Hendak Saingi Dominasi Musical.ly, Tik Tok Kini Hadir di Indonesia appeared first on Tech in Asia Indonesia.
Source: Inspirasi