skip to Main Content

Grab Perbarui Grab Driver Center untuk Mitra GrabCar


Ikhtisar

  • Di GDC anyar ini, mitra pengemudi Grab bisa memilih layanan yang mereka inginkan pada monitor layar sentuh yang berada dekat pintu masuk. Pilihan layanan yang tersedia mulai dari input rekening, penggantian data dan aplikasi, pertanyaan mitra, rental, top partner, tiket antrian pendaftaran online, dan pelayanan lainnya.

Pada tanggal 27 September 2017, Grab yang merupakan salah satu layanan transportasi on-demand mengumumkan pembaruan Grab Driver Center (GDC) di gedung Maspion Plaza, Jakarta. Pada GDC yang telah diperbarui ini, Grab mengklaim mereka menyediakan pelayanan yang lebih baik bagi mitra pengemudi GrabCar.

Menurut Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, pembaruan GDC dilakukan sebagai bentuk komitmen Grab terkait layanan terhadap mitra pengemudi. Ridzki menuturkan hal ini merupakan bukti bahwa Grab tak hanya mendengar dan menampung masukan dari mitra pengemudi, namun juga merealisasikan masukan tersebut.

Suasana di Grab Driver Center

“Karena kami yakin layanan terbaik bagi mitra pengemudi akan berbuah menjadi layanan terbaik pada pelanggan, yakni penumpang Grab,” ujar Ridzki. Di GDC anyar ini, mitra pengemudi Grab bisa memilih layanan yang mereka inginkan pada monitor layar sentuh yang berada dekat pintu masuk. Pilihan layanan yang disediakan seperti input rekening, penggantian data dan aplikasi, pertanyaan mitra, rental, top partner, tiket antrian pendaftaran online, dan pelayanan lainnya. 

Setelah memilih layanan, maka akan keluar kertas yang menunjukkan nomor antrian. Selanjutnya, mitra pengemudi tinggal menunggu nomor antriannya dipanggil oleh petugas customer service. Untuk para top partner, Grab menyediakan jalur cepat yang memang khusus diperuntukkan bagi mereka. Selain menyediakan layanan untuk mitra pengemudi, GDC ini juga menjadi tempat untuk pendaftaran mitra baru GrabCar.

“Saat ini Grab Driver Center fokusnya untuk roda empat. Kami juga ada (customer service mitra pengemudi) di Bendungan Hilir. Saat ini untuk GrabBike masih di Bendungan Hilir. Pembaruan seperti ini (untuk GrabBike), tunggu kabar selanjutnya,” jelas Ridzki.

Bisa berikan penilaian pada penumpang

Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, menjelaskan adanya penjualan merchandise Grab di Grab Driver Center.

Pembaruan GDC merupakan salah satu dari empat inisiatif Grab yang mereka hadirkan untuk pengemudi GrabCar. Ridzki mengungkapkan tiga inisiatif lainnya yang segera diaplikasikan secara bertahap yakni laporan pendapatan mitra pengemudi, ulasan perjalanan, dan program peningkatan kesejahteraan mitra pengemudi.

Pada fitur laporan pendapatan, mitra pengemudi bisa memantau pendapatan mingguan mereka. Dalam fitur ini, juga dilampirkan potongan pajak dan aturan yang menjadi dasar hukumnya. “Di aplikasi, ada statement untuk pengemudi. Jelas sekali di situ mengenai komisi, pemotongan pajak, alasan pemotongan pajak, sampai aturan dari pemerintah, kami jelaskan di situ. Kalau kurang jelas, di aplikasi ada opsi Help Center. Semuanya transparan,” jelas Ridzki.

Terkait fitur ulasan perjalanan, hal ini memungkinkan mitra pengemudi untuk memberikan penilaian terhadap penumpang Grab. Menurut Ridzki, selama ini hanya penumpang yang bisa memberikan penilaian pada mitra pengemudi. “Dengan fitur ini, penilaian menjadi dua arah,” ucapnya. Sebelumnya, kompetitor Grab seperti Uber, juga memiliki fitur serupa yang memungkinkan mitra pengemudi memberikan penilaian pada penumpangnya. Penumpang juga bisa melihat rating dirinya melalui aplikasi.

Sedangkan terkait peningkatan kesejahteraan mitra pengemudi, Grab menyediakan program umrah, bantuan pendidikan, dan program keluarga Grab & Kudo. Pada program Grab & Kudo, mitra pengemudi maupun keluarganya bisa menjadi agen bagi dirinya sendiri dan menjual barang secara online kepada konsumen. 

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

The post Grab Perbarui Grab Driver Center untuk Mitra GrabCar appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Source: Inspirasi

Back To Top